Gubernur dan Ketua DPRD Jatim 'Tarik' Investor Jepang ke Jawa Timur

Baca Juga :

Hajime Kinoshita (Kepala Java Indonesia Bussines Asosiation in Japang bersama Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Ketua DPRD Jawa Timur Abdul Halim Iskandar (Kabarjatim)
TOKYO-Sejumlah pengusaha Jepang bertemu dengan elemen Pemerintah Propinsi Jawa Timur di Gedung Kedutaan Besar Republik Indonesia, Yubinbango141-0022 Shinagawa-ku, Tokyo Higashi Gotanda 5-2-9. Rombongan Pemprov Jatim ini terdiri dari Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Ketua DPRD Jawa Timur Abdul Halim Iskandar, Ketua KADIN Surabaya Jamhadi, Kepala Bappeprov Jatim Fatah Yasin, Kepala Badan Penanaman Modal (BPM) Propinsi Jawa Timur Lilik Sholeh, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Jatim Hadi Prasetyo, Sekretaris Daerah Propinsi (Sekdaprov) Sukardi dan sejumlah pejabat lainnya. 

Rombongan dari Pemprov Jatim ini bertemu dengn para pengusaha Jepang yang ingin berinvestasi di Jawa Timur. Sejumlah pengusuha Jepang terlihat antusias dalam pertemuan. Baru dibuka satu hari quota sudah penuh sehingga harus ditutup. Acara yang dikemas dalam bentuk seminar promosi trade, tourism, and investment (TTI) dihadiri 60 pengusaha Jepang. 
Pakde Karwo bersam Konje Jepang Mr Kato

Pakde Karwo (sapaan Seokarwo) mengatakan, sangat penting dalam kegiatan investasi untuk dilakukan transfer Knowlage bagaimana dengan Jawa Timur. Menurutnya, kegiatan ekonomi adalah presepsi amaka keamanan dan kenyamanan dibidang politik sangat penting untuk menjamin kegiatan investasi. 

"Oleh karena itu, Ketua DPRD dan beberapa unsur dari DPRD penting untuk terlibat dalam pertemuan ini. Mereka para pengusaha Jepang sangat antusias dengan Jawa Timur," kata Pakde Karwo, Senin (24/10/2016).
Pakde Karwo bertukar Kartu Nama dengan salah satu Peserta Seminar TTI di KBRI Tokyo (Kabarjatim)

Dari pertemuan ini, ia mengharapkan adanya peningkatan jumah Investasi di Jawa Timur. Sebagaimana diketahui, Jepang telah diakui oleh dunia berkat teknologi dalam hal efisiensi dan efektivitas. 

Dalam kesempatan ini, Gubernur juga mengingatkan hubungan baik antara Pemerintah dan masyarakat Jepang dengan Indonesia, yang semata-mata bukan ekonomi saja, tetapi juga sosial, budaya, dan pendidikan. Kesemuanya itu, lanjutnya, menjadikan kepercayaan pengusaha Jepang kepada Indonesia, termasuk Jawa Timur.

Sebelum menggelar seminar, Gubernur Jawa Timur juga melakukan One on One Meeting sejumlah pengusaha asal Jepang di KBRI Tokyo. Pertemuan ini adalah menindaklanjuti sejumlah pengusaha yang telah mengurus ijin prinsp di Jawa Timur namun belum melakukan realisasi. Beberapa pengusaha yang terlibat dalam pertemuan itu diantaranya, PT Ajinomot Indonesia, PT Hisamitsu Pharma Indonesia, PT Yakult Indonesia Persada, PT NPR Manufacturing Indonesia, PT Uni-Chram Indonesia, PT KML Ichimasa Foods Lunch. Nilai investasinya sebesar USD 152 Juta atau setara Rp2 Triliun. 
Rombongan dari Jawa Timur saat berada di KBRI Tokyo setelah Seminar TTI dan One on One Meeting

Dari pertemuan ini, kata Pakde Karwo, beberapa pengusaha akan melakukan perluasan usahanya di Jawa Timur. Oleh karena itu, Pemerintah Jawa Timur melakukan pertemuan untuk membantu segala hal terkait investasi tersebut. Mereka memerlukan informasi serta jaminan keamanan di Jawa Timur. "Ada 8 Perusahaan yang semua ingin memperluas suaha di Jawa Timur dan beberapa sudah menjadi catatan kami. Kita akan bantu tentang IMB (Ijin Mendirikan Bangunan). Termasuk kesulitan membangung kantor tadi sudah teratasi yakni dari PT SIER (BUMD Pemprov Jatim) menawarkan memberikan tempat kepada perusahaan tersebut sealam tiga bulan pertama," jelasnya. 

Di tempat yang sama, di hadapan 60 pengusaha Jepang, Dubes RI di Tokyo Yusron Iksa Mahendra mengatakan, berbagai infrastruktur telah dibangun Pemerintah Indonesia guna meningkatkan daya saing Indonesia, mulai dari infrastruktur jalan hingga listrik. Misalnya, hingga tahun 2019 dibangun 35 ribu gigawatt. Investasi di Indonesia ini dipermudah dengan komitmen Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan mempermudah perijinan di Indonesia. 

"Oleh karena itu, tidak mengherankan investasi Jepang ke Indonesia terus naik, antara lain, ijin investasi yang dikeluarkan BKPM Tokyo naik 95% pada tahun 2015, dengan realisasi naik 6% pada periode yang sama," katanya. 

Sementara itu, Ketua DPRD Jawa Timur Abdul Halim Iskandar mengatakan, sepakat untuk menciptakan ikilm investasi di Jawa Timur yang kondusif. Hal ini dibuktikan dengan bentuk dukungan kepada Pemerintah Propinsi untuk menarik sejumlah investor dari Jepang. Dengan catatan, tetap pada korisor kepentingan dan kesejahteraan rakyat Jawa Timur. 

Ketua DPW PKB Jawa Timur ini menilai yang dilakukan oleh Pemerintah Propinsi Jawa Timur cukup bagus. Sebagaimana diketahui, kekuatan Jawa Timur ada pada sektor UMKM dan Perdagangan antar propinsi. Dari situ, lanjut Halim, perlu ada perluasan untuk penambahan investor luar negeri masuk ke Jawa Timur. "Jawa Timur akan lebih ekspansif lagi namun tetap menjagai basis ekonomi Jawa Timur yakni pada sektor UMKM dan Perdagangan Antar Propinsi," tambah Halim. 

Halim juga menyebut, iklim Investasi juga membutuhkan keamanan dan kenyamanan dalam bidang Politik. Oleh karena itu, eksekutif dan legeslatif di Jawa Timur tetap menjaga komunikasi yang baik. Setiap langkah yang dilakukan pemerintah selalu dikomunikasikan dengan Parlemen dengan beberapa tahapan, 

"Kordinasi anatar Gubernur dengan Pimpinan Dewan, Pimpinan Fraksi dan anggota Parlemen penting dilakukan untuk kesejahteraan rakyat Jawa Timur. Termasuk penguatan perdagangan dan investasi luar negeri sehingga ada kesamaan presepsi antara yang direncanakan Gubernur dengan Parlemen," jelasnya. 

Di tempat yang sama Asisten Ekonomi dan Pembangunan Hadi Prasetyo mengatakan, langkah seperti ini merupakan pertama kali dilakukan di Indonesia. Dimana pemangku kebijakkan  dalam wilayah mulai dari Gubernur, Ketua DPRD Jawa Timur dan beberapa pemangku kebijakkan lainnya bertemu langsung juga dengan pemilik investasi. "Ini adalah terobosan baru Seorang Gubernur untuk menggenjot investasi. Sebagai sasaran investasi tentunya Jawa Timur sangat kondusif," kata Hadi Prasetyo. 

Hadi juga mengatakan, upaya sejumlah elemen  di Jawa Timur ini adalah untuk mempercepat realisasi investasi. Menurutnya, turunnya indeks ekonomi dunia, sepertinya berpengaruh dengan realisasi investasi di Jawa Timur. Nah, kedatangan kali ini dengan bertemu sejumlah pengusaha adalah menyakinkan. 

"Nampaknya imbas ekonomi dunia yang sedan reses ini, nampaknya mereka mengolorbwaktu. Nah, buat Jawa Timur ini perlu dikejar. Gubernur dan Ketua DPRD berencana merealisasikan karena dengan investasi ini dapat menciptakan lapangan kerja baru," pungkasnya. VIN

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,175,Blitar,13,bojonegoro,7,Bondowoso,13,Bulog,1,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,129,edinarcoin,10,ekonomi,4,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,81,Goverment News,282,gresik,1,gubernur,1,Gus Ipul,5,Haji 2017,33,hanura,1,headline,207,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,jakarta,2,Jember,29,Jombang,180,kajatizen,10,Kampus,78,kediri,1,kesehatan,13,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Kodam V Brawijaya,1,KPU Jatim,1,Makro mikro,10,Malang,8,metropolitan,35,Natal,3,new terios,1,NU,55,Olahraga,20,Otomotif,30,Pacitan,1,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,12,PDI Perjuangan,6,Pemprov Jatim,6,pendidikan,145,peristiwa,692,Pesantren,9,Piala presiden,1,Pilbup Bondowoso,5,Pilgub Jatim,117,PLN,1,PLN Jatim,2,PMII,3,PNS,1,polda jatim,2,Polhukam,89,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,78,Polrestabes surabaya,1,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,55,Science,1,sektor riil,26,sembako,1,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,65,Seputar Pilkada,38,Sidoarjo,2,Slank,2,slider,2,Softnews,54,Sumenep,4,surabaya,36,techno,51,TNI,53,Tokoh,6,Tol,3,Travel Food,60,wagub,2,
ltr
item
KabarJatim: Gubernur dan Ketua DPRD Jatim 'Tarik' Investor Jepang ke Jawa Timur
Gubernur dan Ketua DPRD Jatim 'Tarik' Investor Jepang ke Jawa Timur
https://4.bp.blogspot.com/-CUOMt8vs5_8/WA4kLUTerjI/AAAAAAAAAXA/0nyDFS_xT2c3l4zLZyKjxj3fRICiiPqlgCLcB/s1600/kjt1.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-CUOMt8vs5_8/WA4kLUTerjI/AAAAAAAAAXA/0nyDFS_xT2c3l4zLZyKjxj3fRICiiPqlgCLcB/s72-c/kjt1.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2016/10/gubernur-dan-ketua-dprd-jatim-tarik.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2016/10/gubernur-dan-ketua-dprd-jatim-tarik.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy