Pakde Karwo Ancam Tolak Ijin Pendirian PG Baru

Baca Juga :

Pakde Karwo
SURABAYA - Mencuatnya kabar PTPN IX, X, XI dan PT RNI (Rajawali Nusantara Indonesia) akan menutup 9 Pabrik Gula di Jatim dan satu Pabrik Gula di Jateng pada tahun 2017, mendapat reaksi keras dari Gubernur Jatim, Soekarwo. Bahkan orang nomor satu di lingkungan Pemprov Jatim itu mengancam tidak akan memberikan ijin pendirian Pabrik Gula baru di wilayah Jatim.

"Kita yang punya wilayah, kalau mau bangun pabrik gula baru di Jatim saya akan tolak. Kalau memang pusat tak bisa mengelola, provinsi juga bisa asal diberi kewenangan kemudian kerjasama dengan pihak ketiga," tegas Pakde Karwo sapaan akrab Soekarwo menanggapi bocoran kabar penutupan 9 PG di Jatim, Rabu (12/10) kemarin.

Menurut Pakde Karwo, penutupan PG-PG lama peninggalan jaman Belanda itu sebenarnya tidak diperlukan karena cukup mesinnya diperbaiki atau direvitalisasi. "Saya tak setuju, bagaimana pabrik gula yang lama ditutup kemudian bangun banyak pabrik gula baru. Harusnya yang lama itu direvitalisasi dan manajemennya dibenahi, bukan malah mendirikan pabrik baru," harapnya.

Senada sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim, H Samwil menegaskan bahwa pihaknya akan menolak keras jika PTPN IX, X, XI, III dan RNI sampai menutup pabrik gula di wilayah Jatim. Alasannya, keberadaan PG-PG yang akan ditutup itu memiliki banyak fungsi baik bagi pemerintah maupun masyarakat petani.

"Pabrik gula itu kebanyakan ada di daerah, sehingga dapat memproduksi gula murah, menyerap tenaga kerja daerah dan menjadikan pertanian maju. Industri gula adalah industri istimewa di Jatim sejak jaman Belanda, apalagi pembukaan lahan baru itu tidak mudah," jelas politisi asal Gresik.

Ia juga menyangsikan pendirian PG baru tak lebih hanya alih teknologi dan belum teruji hingga saat ini. Terbukti, PG Ploso Jombang sampai sekarang belum teruji kualitasnya setelah dilakukan revitalisasi. "Produksi besar itu belum tentu untung selagi tata niaga gula tak diperbaiki. Kemauan pusat harus selaras dan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah biar tak saling merugikan," ungkap Samwil.

Sekedar diketahui, rencana penutupan 10 PG di Jatim itu berdasarkan hasil kesepakatan antara PTPN IX, X, XI, III dan RNI dengan Deputi bidang usaha industri agro dan farmasi Kementerian BUMN pada 6 Oktober 2016 di Surabaya.

Sepuluh PG yang akan ditutup (regrouping) pada 2017 itu terdiri dari PG Rejosari, PG Kanigoro dan PG Purwodadi (Madiun). PG Panji, PG Olean, dan PG Wringin Anom (Situbondo). PG Toelangan, PG Watoetulis (Sdioarjo) dan PG Merican (Kediri), serta PG Gondang Baru di Klaten Jateng. Sedangkan alternatif penggantinya akan dibangun 3 PG baru di wilayah Madiun, Madura dan Sragen Jateng

Terpisah, H.Masduqi tokoh petani tebu senior di Situbondo dengan tegas menyatakan menolak penutupan pabrik gula di Jatim. "Kenapa kok tiba-tiba sejumlah pabrik gula ditutup, bahkan ada banyak sekali yang akan ditutup, dan petani tidak diajak bicara. Padahal selama ini petani itu adalah mitra pabrik gula, karena merupakan pemasok bahan baku bagi pabrik. Sehingga bila pabrik ditutup, maka petani pun akan terimbas," ungkap Masduqi.

Harusnya PTPN dan Kementerian BUMN sebelum menutup PG belajar dengan kasus penutupan PG Demas, Besuki, Situbondo sekitar 12 tahun silam. "Waktu itu, masalah sosial demikian berat. Bukan hanya buat pekerja PG, tapi juga petani tebu setempat yang biasa melayani PG Demas demikian terpukul. Sehingga mereka yang awalnya dianggap akan tetap tanam tebu dan pindah memasok PG lainnya, tapi akhirnya malah beralih tanam komoditas lain," tuturnya.

Para petani tebu, lanjut Masduqi berharap ada penjelasan yang terbuka dari direksi PTPN atau pun kementrian BUMN soal ini. Sebab jika tidak justru dapat menimbulkan keresahan di masyarakat karena paska kabar tersebut bocor banyak reaksi penolakan bukan saja dari petani tebu tetapi juga DPRD hingga Gubernur Jatim. VIN

COMMENTS

Name

bangkalan,2,Banyuwangi,170,Blitar,9,Bondowoso,3,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,94,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,22,gaya hidup,63,Goverment News,214,Haji 2017,32,headline,168,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,18,Jombang,149,kajatizen,8,Kampus,62,kesehatan,2,khofifah,1,Klinik Kabarjatim,15,Makro mikro,10,Malang,1,metropolitan,32,NU,42,Olahraga,6,Otomotif,25,Pamekasan,3,Parlementaria,13,Partai Demokrat,4,PDI Perjuangan,3,Pemprov Jatim,4,pendidikan,121,peristiwa,488,Pesantren,8,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,69,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,75,Politik&pemerintahan,111,polres jombang,71,Property,2,PSHM Jombang,2,Review Film,39,Sampang,41,Science,1,sektor riil,20,Seputar Jatim,204,Seputar Nusantara,48,Seputar Pilkada,24,Sidoarjo,1,slider,2,Softnews,46,Sumenep,3,surabaya,23,techno,35,TNI,28,Tokoh,4,Travel Food,49,
ltr
item
KabarJatim: Pakde Karwo Ancam Tolak Ijin Pendirian PG Baru
Pakde Karwo Ancam Tolak Ijin Pendirian PG Baru
https://1.bp.blogspot.com/-iGOhtD5BF9s/V_7tnqKfnoI/AAAAAAAAAS0/A2fGGNhSkj8Ad6AKTXbG3hbHiOIshnu6gCLcB/s1600/pakde-karwo-09.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-iGOhtD5BF9s/V_7tnqKfnoI/AAAAAAAAAS0/A2fGGNhSkj8Ad6AKTXbG3hbHiOIshnu6gCLcB/s72-c/pakde-karwo-09.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2016/10/pakde-karwo-ancam-tolak-ijin-pendirian.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2016/10/pakde-karwo-ancam-tolak-ijin-pendirian.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy