PP Nomer 29 Tahun 2016, Ancam Ketahanan Negara

Baca Juga :

Dewan Penasehat PD XIII Jawa Timur Budi Harjanto (kiri) dan Wakil Sekretaris PD XIII Jawa Timur Tony Hartono (kanan)
SURABAYA-Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 59 Tahun 2016 yang baru saja disahkan oleh Presiden Jokowi mempunyai kelemahan dalam mengatur adanya Organisasi Masyarakat (Ormas) Asing di Indonesia. 

Ketua PD XIII (Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/Polri Indonesia) FKPPI Jawa Timur, Gatot Sudjito menyatakan, PP Nomor 59 Tahun 2016 ini secara tidak langsung telah memberikan keleluasaan bagi Ormas Asing untuk beraktivitas yang memberikan dampak yang negatif bagi kelangsungan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Seharusnya tugas pemerintah adalah melindungi setiap hak Warga Negara Indonesia dan putra daerah asli, serta menjaga setiap jengkal Tanah Bumi Pertiwi ini. Tapi Dengan terbitnya PP 58, pemerintah justru menimbulkan kesenjangan nantinya dan akan berakibat fatal bagi NKRI," kata Gatot dalam pertemuan singkat dengan pengurus PD XIII Jawa Timur di Surabaya, Jumat 23/12/2016). 

Gatot mengungkapkan,  ormas asing yang dalam sejarah pendiriannya di Indonesia memiliki sebuah peran yang cukup membahayakan terutama dalam mengancam kedaulatan Republik Indonesia.

Tentu saja, lanjut dia, melalui ormas, pihak asing yang berkepentingan dalam ekonomi dan politik bisa melakukan agenda intelejen dan pengawasan maupun agenda lain yang bertujuan untuk melancarkan kepentingannya melalui kedok isu sosial, budaya dan agama. 

"Oleh sebab itu Pemerintah harus merevisi dengan memperhatikan beberapa aspek seperti Ideologi, ruang lingkup aktivitas, serta aliran dana,"  tandas anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Golkar ini. 

Sementara itu, Dewan Penasehat PD XIII Jawa Timur Budi Harjanto menyampaikan, salah satu persoalan yang harus diwaspadai adalah ideologi yang dibawa oleh Ormas Asing yang beraktivitas di Indonesia. 

Bermacam ideologi yang dibawa Ormas Asing beresiko terhadap infiltrasi paham yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945 seperti liberalisme, komunisme, dan fundamentalisme agama. 

Maka dari itu, lanjut Budi, harus ada sikap tegas dari pemerintah untuk memastikan ideologi Ormas Asing yang dianut tidak bertentangan dengan ideologi bangsa kita yakni Pancasila. 

"Jika terbukti dan ditengarai ideologi yang dibawa Ormas Asing tersebut bertentangan dengan Pancasila serta berpotensi untuk melawan dan mengganti Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia, maka pemerintah harus tegas untuk membubarkan, mengusir dan memberikan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang ada," tegasnya. 

Budi juga menyikapi kelemahan  Peraturan Pemerintah Nomor 59 Tahun 2016 yang memberikan keluaasaan bagi ormas asing dalam beraktivitas di Indonesia. Menurutnya, ruang lingkup aktivitas yang terlalu luas dapat memberikan peluang pihak asing untuk melakukan upaya melanggar kedaulatan negara. 

"Pemerintah harus mengatur secara tegas batasan ruang lingkup Ormas Asing. Intervensi asing di tingkat akar rumput masyarakat dan pembobolan rahasia negara merupakan ancaman serius terhadap ketahanan nasional. Selain itu juga perlu ditur dan ditegaskan tentang kepemilikan aset Ormas Asing di Indonesia yang berpotensi merampas aset bangsa dan melakukan bentuk penjajahan gaya baru," paparnya. 

Di tempat yang sama Wakil Sekretaris PD XIII Jawa Timur Tony Hartono juga meminta adanya pengawasan aliran dana ormas asing tersebut. Pengawasan lebih tegas terhadap ormas asing di Indonesia sangat penting dilakukan terlebih ketika pemerintah sudah memberikan izin aktivitas dan pendirian ormas asing di Indonesia. Bukan saja dalam tahap penerbitan izin namun dalam pengawasan kegiatannya terutama dalam menelusuri aliran pendanaannya. 

Kata Tony, hingga PP No.59 Tahun 2016 diterbitkan, masih belum ada mekanisme yang mengatur pertanggungjawaban dan pembukaan aliran dana dari Ormas Asing itu sendiri. 

"Selain itu penelusuran dana juga seharusnya dilakukan ormas dalam negeri yang patut dicurigai berafiliasi dengan kepentingan asing karena bukan hal tidak mungkin aliran dana kepentingan asing juga masuk kepada organisasi massa di Indonesia yang telah berdiri lama," urainnya.

Dari penjelasan dan paparan kondisi di atas, maka Tony menegaskan bahwa PD XIII FKPPI Jawa Timur akan berada di barisan depan untuk mengusir Ormas Asing jika Pemerintah tetap saja abai dan lalai atas ancaman kedaulatan bangsa yang sedang berlangsung. VIN

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,174,Blitar,12,bojonegoro,7,Bondowoso,7,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,124,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,73,Goverment News,268,Gus Ipul,1,Haji 2017,33,headline,197,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,26,Jombang,156,kajatizen,10,Kampus,76,kesehatan,12,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Makro mikro,10,Malang,6,metropolitan,33,NU,54,Olahraga,16,Otomotif,27,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,6,PDI Perjuangan,5,Pemprov Jatim,6,pendidikan,141,peristiwa,623,Pesantren,9,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,93,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,83,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,74,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,51,Science,1,sektor riil,24,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,63,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,2,slider,2,Softnews,52,Sumenep,4,surabaya,27,techno,47,TNI,41,Tokoh,5,Travel Food,57,
ltr
item
KabarJatim: PP Nomer 29 Tahun 2016, Ancam Ketahanan Negara
PP Nomer 29 Tahun 2016, Ancam Ketahanan Negara
https://2.bp.blogspot.com/-rfgYu7Azm68/WF3ZVQgQk8I/AAAAAAAAAeo/vETM7z1Nv6Y2YkvuX8pAYhvTPQBdmuyGgCLcB/s1600/FKPPI%2Brd.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-rfgYu7Azm68/WF3ZVQgQk8I/AAAAAAAAAeo/vETM7z1Nv6Y2YkvuX8pAYhvTPQBdmuyGgCLcB/s72-c/FKPPI%2Brd.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2016/12/pp-nomer-29-tahun-2016-ancam-kedaulatan.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2016/12/pp-nomer-29-tahun-2016-ancam-kedaulatan.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy