REVIEW FILM : Don't Breathe (2016)

Baca Juga :

Sumber Google
Di tangan sutradara yang mempunyai visi ke depan, tema lama dan seragam bakal disulap menjadi sebuah hasil yang berbeda. Perbedaan hasil akhir pastinya akan berjalan lurus dalam sebuah proses yang berbeda pula, dan tentu saja lebih menarik. Tema home invasion bernarasi teror ruang sempit bukanlah tema baru. Fede Alvarez mengaplikasikan itu dalam 'Don't Breathe', tentu saja dengan cara dan gayanya sendiri.

Money (Daniel Zovatto), Rocky (Jane Levy), dan Alex (Dylan Minnette) adalah kawanan pembobol rumah amatir. Mereka tak mencuri uang, hanya mengambil barang-barang yang jumlahnya senilai tak lebih dari USD 10 ribu, yang kemudian mereka jual. Suatu hari, mereka memutuskan akan melakukan aksi terahirnya. Sasarannya adalah sebuah rumah di pinggiran kota yang sepi yang hanya terdapat orang tua di dalamnya. Tugas mereka sepertinya bakalan mudah karena orang tua itu buta. Seperti mengambil permen dari anak kecil bukan?

Di sini Alvarez ingin bermain-main dengan posisi seseorang. Alvarez ingin menunjukkan bahwa yang antagonis bisa jadi adalah seorang protagonis. Dan sebaliknya yang terlihat baik bisa juga berbuat jahat. Alvarez ingin penonton menilai sendiri apakah karakter yang ia ciptakan adalah protagonis ataukah antagonis. Ataukah juga kedua-duanya, meski alasan yang mendasari itu terasa masuk akal dan berlogika.


Permufakatan jahat
Yang pasti, ketegangan mewarnai hampir seluruh karya Alvarez ini setelah Evil Dead. Pria kelahiran 38 tahun silam ini tak berhenti membuat napas dan degup jantung penonton berhenti, bahkan sejenak. Rumah sempit tersebut menjadi media Alvarez melampiaskan semua keinginan 'hitam' nya. Berburu ataukah diburu, membunuh ataukah dibunuh demi bertahan hidup menjadi switch yang bisa diputar balikkan Alvarez demi menjaga tensi ketegangan yang ia bangun dengan seksama.

Keberhasilan Alvarez menjaga ritme thriller nya berbanding lurus dengan sorotan dinamis kamera yang digerakkan oleh Pedro Luque. DoP itu membuat penonton serasa ikut menelusuri setiap sudut rumah dengan pergerakannya yang detil. Terang gelapnya cahaya berhasil menembus visualisasi mata penonton seakan ikut merasakan setiap scene yang ada. Scoring yang dibangun oleh pun membuat suasana semakin hidup.

Pupilnya membesar
Untuk pelakon, di sini tak ada yang benar-benar kesohor. Namun mereka telah melakukan tugasnya dengan baik. Meski muncul belakangan, namun tak bisa dipungkiri jika pahlawan di sini adalah si orang tua buta (Stephen Lang). Lang mampu menjadi semua hal yang diinginkan penonton, baik itu saat ia terlihat lemah dan rapuh, atau saat ia terlihat kuat dan tegar. Lang mampu juga memberikan simpati sekaligus amarah dari kekuatan karater yang ia bangun dengan solid.

Don' Breathe, sebuah thriller yang dengan kesederhanaannya mampu menembus ekspektasi yang ada. Perpaduan naskah yang ciamik, eksekusi yang hebat, sorotan kamera yang membias sempurna, dan scoring yang detil memaksa penonton menahan napasnya menikmati semua tensi ketegangan yang terjaga rapi.


Penulis Imam Wahyudinata. Penulis Tinggal di http://wismacinema.blogspot.co.id/

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,173,Blitar,12,bojonegoro,7,Bondowoso,6,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,123,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,73,Goverment News,265,Gus Ipul,1,Haji 2017,33,headline,194,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,25,Jombang,153,kajatizen,9,Kampus,75,kesehatan,11,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Makro mikro,10,Malang,5,metropolitan,32,NU,54,Olahraga,16,Otomotif,26,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,6,PDI Perjuangan,5,Pemprov Jatim,6,pendidikan,139,peristiwa,617,Pesantren,9,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,92,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,83,Politik&pemerintahan,113,polres jombang,73,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,51,Science,1,sektor riil,23,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,62,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,2,slider,2,Softnews,52,Sumenep,4,surabaya,26,techno,47,TNI,41,Tokoh,5,Travel Food,56,
ltr
item
KabarJatim: REVIEW FILM : Don't Breathe (2016)
REVIEW FILM : Don't Breathe (2016)
https://3.bp.blogspot.com/-VkrxctmQhAM/WFpi6c5a4RI/AAAAAAAAAdw/b-HwXJkEJfg924b1pgZMInBCmgIEjn-xACLcB/s1600/dont-breathe.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-VkrxctmQhAM/WFpi6c5a4RI/AAAAAAAAAdw/b-HwXJkEJfg924b1pgZMInBCmgIEjn-xACLcB/s72-c/dont-breathe.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2016/12/review-film-dont-breathe-2016.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2016/12/review-film-dont-breathe-2016.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy