SMK Pertanian Siapkan Kader Petani Masa Depan

Baca Juga :

Ilustrasi Sekolah Menengah Kejuran (SMK)
SURABAYA-Upaya ketahanan pangan di Jawa Timur tidak hanya penyiapan varietas benih unggul saja. Pemerintah Propinsi (Pemprov) Jatim juga menyiapkan Kader-kader Petani masa depan melalui SMK Pertanian.

Hingga saat ini sudah ada 14 sekolah menengah kejuaran (SMK) di Jawa Timur yang spesifik dengan jurusan Pertanian. Tujuannya adalah produk-produk pertanian akan memiliki mutu yang bagus jika ditangani oleh Petani hasil didikan dari SMK Pertanian.   Untuk itu, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanamn Pangan dan Hortikultura (PSBTPH) Dinas Pertanian Propinsi Jawa Timur menyiapkan program magang tanpa tolak untuk siswa-siswi SMK Pertanian. 

Kepala UPT PSBTPH Satoto Berbudi mengatakan, animo masyarakat terhadap SMK Pertanian ini dari tahun ke meningkat. SMK Pertanian ini outputny adalah memberikan kompetsnis terhadap penguasaan komuditas pertanian serta praktik riil di lapangan. Jika pada umumnya, SMK adalah jurusan otomotif, elektronik, Internet hingg tata boga dan tata busana. Namun, SMK Pertanian ini spesifik mempelajari tentang pertanian serta bagaimana aplikasinya di masyarakat. 

"Ketahanan pangan khan tidak dari kualitas benih atau varietas pertanian melainkan sumber daya dalam arti Petaninya juga harus bermutu. Nah, SMK Pertanian inilah yang menjadi solusi agar muncul Petani-petani muda di Jawa Timur," kata Satoto di Kantor UPT PSBTPH, Jalan Kebonsari, Surabaya, Rabu (28/12/2016). 

Ia menjelaskan, saat ini Jawa Timur memiliki 14 SMK Pertanian. Diantaranya, SMKN Kademangan (Blitar), SMKN 1 Doko (Blitar), SMKN Tulungagung, SMKN 5 Jember, SMKN 1 Malang, SMKN 1 Purwosari, SMKN 1 Gondang, SMKN 2 Bagor (Nganjuk), SMKN 1 Plosoklaten (Kediri), SMKN 2 Batu, SMKN 1 Telogosari, SMK PP 1 Tegalampel (Bondowaoso), SMKN 1 Sumber (Probolingo) dan SMK Sunan Ampel (Jember). 

"Rata-rata muridnya per angkatan mencapai 600 siswa. Tiap tahun meningkat ini menunjukkan bahwa antusias terhadap pertanian dengan teknologinya juga kian digemari masyarakat," kata pria asal Gedangan, Sidoarjo ini. Untuk SMK ini, lanjutnya, kurikulumnya mengikuti kurikulum pendidikan nasional. Sementara peran dari UPT PSBTPH adalah menyediakan sarana praktik dan magang bagi para siswa-siswi tersebut.

Selain itu, UPT PSBTPH juga dilibatkan dalam penyusnan uji kompetensi siswa tergantung permintaan masing-masing sekolah. Sutoto juga menyebut, sesuai dengan intruksi dari Gubernur Jawa Timur Soekarwo terkait inovasi dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), SMK Pertanian ini layak menjadi inovasi alam program ketahanan pangan di Jawa Timur. 

Karena dengan SMK Pertanian ini, mampu mencetak petani-petani muda di masa mendatang. Selain itu , juga didukung ketersediaan benih yang tepat Waktu, Tepat Harga dan Tepat Volume. "Di luar negeri kenapa pertaniannya maju karena didukung oleh sumber daya manusia yang mumpuni. Nah, dengan SMK Pertanian ini, tentunya Jawa Timur akan mencetak petani-petani muda," jelasnya. 

Satoto juga menyebut, banyak peluang yang didapat bagi alumni SMK Pertanian ini. Selain mereka bisa menjadi wirausaha di bidang pertanian, jiga bisa bekerja di produsen benih di Jawa Timur. Menurutnya, sekitar 700 perusahaan produsen benih di Indonesia ada di Jawa Timur. "Banyak peluangnya, apakah mereka mau bekerja di perusahaan benih baik atau mau berwirausaha di bidang pertanian," pungkasnya. VIN

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,174,Blitar,12,bojonegoro,7,Bondowoso,7,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,124,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,73,Goverment News,268,Gus Ipul,1,Haji 2017,33,headline,196,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,26,Jombang,155,kajatizen,10,Kampus,76,kesehatan,12,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Makro mikro,10,Malang,6,metropolitan,33,NU,54,Olahraga,16,Otomotif,27,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,6,PDI Perjuangan,5,Pemprov Jatim,6,pendidikan,141,peristiwa,623,Pesantren,9,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,93,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,83,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,73,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,51,Science,1,sektor riil,24,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,63,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,2,slider,2,Softnews,52,Sumenep,4,surabaya,27,techno,47,TNI,41,Tokoh,5,Travel Food,57,
ltr
item
KabarJatim: SMK Pertanian Siapkan Kader Petani Masa Depan
SMK Pertanian Siapkan Kader Petani Masa Depan
https://3.bp.blogspot.com/-33ChfOyKv3Y/WIOdNeOo89I/AAAAAAAAAhA/H7WeTQTH35oKMqDS--jM_6E_ulisoMIOACLcB/s1600/smk-1.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-33ChfOyKv3Y/WIOdNeOo89I/AAAAAAAAAhA/H7WeTQTH35oKMqDS--jM_6E_ulisoMIOACLcB/s72-c/smk-1.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2016/12/smk-pertanian-siapkan-kader-petani-masa.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2016/12/smk-pertanian-siapkan-kader-petani-masa.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy