Ansor Jatim Perkuat Ansor Banser Cyber

Baca Juga :

Wakil Ketua PW GP Ansor Jatim bidang IT-Media dan Infokom M Nur Arifin
SURABAYA-Untuk meminimalisir derasnya berita bohomng alias Hoax, Pengurus Wilayah (PW) Gerakkan Pemuda (GP) Ansor Jawa Timur memperkuat tim khusus. Tim itu adalah Ansor Banser Cyber Army dan Satgas Anti-hoax. Lembaga tersebut adalah Lembaga ini secara khusus melakukan tindakkan terhadap informasi-informasi bohong yang beredar di jagad maya.

Wakil Ketua PW GP Ansor Jatim bidang IT-Media dan Infokom M Nur Arifin mengatakan,Unit Ansor Banser Cyber ini wilayahnya sangat luas dan memiliki jejaring nasional. Satgas Anti-hoax berfungsi untuk meminimalisasi perilaku negative, fitnah dan ujaran kebencian  di media sosial.

"Unit Ansor Banser Cyber (ABC) itu scope-nya luas, jejaring nasional, memproteksi kegiatan-kegiatan komunitas NU dan NKRI di Jawa Timur dan Indonesia yang berhubungan dengan siber untuk bebas dari cyber attack," kata Arifin di kantor PW Ansor Jatim, Senin (16/1/2017). Wakil Bupati Trenggalek ini juga mengatakan, proses rekruitmen Ansor Banser Cyber saat ini sedang berjalan. Dengan dilakukan seleksi ini akan memperkuat kapasitas kelembagaan. Karena setelah dilakukan seleksi akan ada pelatihan-pelatihan untuk memperkuat Satgas Anti Hoax tersebut. "Saat ini sudah mulai berjalan (seleksi)," tambahnya.

Sementara itu, Kasatkorwil Banser Jatim Abid Umar menambahkan, proses seleksi anggota Unit khusus Ansor Banser Cyber dan satgas anti Hoax  dari berbagai satuan di Banser tengah dilangsungkan. Usai seleksi, para calon anggota akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan sebelum diresmikan tugasnya.

Ia juga menyebut, pembentukkan ini dipicu oleh mulai masifnya penyebaran berita atau informasi hoax. Sebagian berita hoax yang beredar rentan merusak harmoni kehidupan social masyarakat, merusak kerukunan antar umat beragama dan acaman terhadap keutuhan NKRI.

"Jangan sampai berita tidak benar bergulir menjadi bola liar. Kasihan masyarakat jika langsung menyerap (berita hoax) dan meyakininya, padahal tidak benar," tambahnya.

"Kadang orang kan (hanya) share dan copy-paste sehingga kita lakukan juga tindakan preventif dan represif. Selain itu, kita akan terus kampanyekan literasi medsos yang sehat dan santun," pungkasnya.

Unit khusus Ansor Banser Cyber (ABC) dan Satgas Anti Hoax ini telah memasuki tahap seleksi dari kader terbaik Ansor di Jatim dan berbagai satuan Banser Jatim.
 
Sebelumnya, tahun 2016, Pengurus Wilayah GP Ansor Jawa Timur membentuk Tim Reaksi Cepat "Benteng NU". Tim ini khusus memantau, mendata dan melaporkan penghinaan terhadap ulama atau kiai NU yang marak muncul di media sosial atau Medsos.

Ketua GP Ansor Jatim Rudi Tri Wachid menjelaskan, komposisi Tim Reaksi Cepat "Benteng NU" terdiri atas aktivis Ansor dan Barisan Serba Guna (Banser) yang memang memiliki keahlian di bidangnya," kata Rudi.  VIN

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,173,Blitar,12,bojonegoro,7,Bondowoso,6,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,123,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,73,Goverment News,265,Gus Ipul,1,Haji 2017,33,headline,194,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,25,Jombang,153,kajatizen,9,Kampus,75,kesehatan,11,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Makro mikro,10,Malang,5,metropolitan,32,NU,54,Olahraga,16,Otomotif,26,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,6,PDI Perjuangan,5,Pemprov Jatim,6,pendidikan,139,peristiwa,617,Pesantren,9,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,92,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,83,Politik&pemerintahan,113,polres jombang,73,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,51,Science,1,sektor riil,23,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,62,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,2,slider,2,Softnews,52,Sumenep,4,surabaya,26,techno,47,TNI,41,Tokoh,5,Travel Food,56,
ltr
item
KabarJatim: Ansor Jatim Perkuat Ansor Banser Cyber
Ansor Jatim Perkuat Ansor Banser Cyber
https://3.bp.blogspot.com/-MdqtPnF5oos/WHyJHO6gjXI/AAAAAAAAAgo/VdgF72jJ0yczCz20_Q2iU1OCaiOrTcsjACLcB/s1600/nur%2Barifin.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-MdqtPnF5oos/WHyJHO6gjXI/AAAAAAAAAgo/VdgF72jJ0yczCz20_Q2iU1OCaiOrTcsjACLcB/s72-c/nur%2Barifin.jpeg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/01/ansor-jatim-perkuat-ansor-banser-cyber.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/01/ansor-jatim-perkuat-ansor-banser-cyber.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy