Asyik, Aplikasi Ruang Desa Bakal Mudahkan Tugas Fasilitator

Baca Juga :

JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, dan Duta Besar Australia untuk Indonesia, Paul Grigson, meluncurkan aplikasi telepon pintar Ruang Desa sebagai wadah komunikasi antara aparat desa dan fasilitator desa.

Dengan adanya aplikasi Ruang Desa ini, sekitar 21.000 fasilitator di tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa yang sudah direkrut Kemendes PDTT akan dapat berkomunikasi dengan mudah untuk membimbing para aparat desa dan fasilitator lokal yang baru direkrut. Selain itu, juga untuk menjawab pertanyaan dan memberikan petunjuk dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.

Menteri Eko menyatakan bahwa teknologi merupakan instrumen kunci yang dapat mendukung pembangunan desa. “Melalui aplikasi  mobile ini, para fasilitator dan aparat desa tidak hanya akan mendapatkan akses cepat terhadap informasi yang relevan yang mereka butuhkan, melainkan juga dibekali dengan sarana yang diperlukan untuk melaksanakan tugas mereka,” ujarnya pada acara launching  Aplikasi Ruang Desa di Jakarta, Selasa (31/1/2017).

Ia menambahkan, dengan adanya Ruang Desa ini diharapkan akan membantu para fasilitator menjadi lebih efisien dan efektif dalam memberikan dukungan ke desa-desa. Utamanya, hal ini akan menyediakan data real-time bagi kementerian. Data ini dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan yang mendesak di desa dan menentukan lokasi mana saja yang mengalami permasalahan tersebut.

Di samping itu, Pemerintah Australia mendukung Kemendes PDTT untuk peluncuran aplikasi ruang desa melalui bantuan teknis dari KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan).

“Aplikasi ini merupakan sebuah solusi praktis baik untuk permasalahan di tingkat daerah maupun tingkat nasional.  Pemerintah Australia mendukung kemitraan ini untuk memungkinkan informasi dan dukungan menjadi lebih mudah diakses oleh pemerintah desa maupun para fasilitator,” ujar Duta Besar Australia untuk Indonesia, Paul Grigson.

Sebagai informasi, dashboard yang terhubung kepada Ruang Desa, memungkinkan Kementerian untuk memantau dan menganalisis permasalahan di tingkat lokal untuk kemudian didiskusikan melalui aplikasi ini.

Selain itu data yang diperoleh juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi lokasi yang memerlukan dukungan lebih lanjut dalam melaksanakan Undang-Undang Desa. Melalui sebuah fitur ‘push notification’,  Kementerian juga dapat memberikan petunjuk dan pemutakhiran peraturan serta informasi secara langsung kepada para fasilitator dan pemerintah desa.

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,174,Blitar,13,bojonegoro,7,Bondowoso,7,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,124,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,73,Goverment News,270,Gus Ipul,1,Haji 2017,33,headline,197,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,26,Jombang,157,kajatizen,10,Kampus,76,kesehatan,12,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Makro mikro,10,Malang,6,metropolitan,33,NU,54,Olahraga,17,Otomotif,27,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,6,PDI Perjuangan,5,Pemprov Jatim,6,pendidikan,141,peristiwa,630,Pesantren,9,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,93,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,83,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,74,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,51,Science,1,sektor riil,24,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,64,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,2,slider,2,Softnews,52,Sumenep,4,surabaya,28,techno,47,TNI,41,Tokoh,5,Travel Food,59,
ltr
item
KabarJatim: Asyik, Aplikasi Ruang Desa Bakal Mudahkan Tugas Fasilitator
Asyik, Aplikasi Ruang Desa Bakal Mudahkan Tugas Fasilitator
https://4.bp.blogspot.com/-WCgaBmYuCa8/WJBauvZUX1I/AAAAAAAABkU/H_eBhV_rMPAS7KeFcZmSRxNNsDyo1HU5wCLcB/s320/Eko%2BPutro%2BKemendes.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-WCgaBmYuCa8/WJBauvZUX1I/AAAAAAAABkU/H_eBhV_rMPAS7KeFcZmSRxNNsDyo1HU5wCLcB/s72-c/Eko%2BPutro%2BKemendes.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/01/asyik-aplikasi-ruang-desa-bakal.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/01/asyik-aplikasi-ruang-desa-bakal.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy