Astaga, Aksi Teror Bom di Samarinda Terinspirasi Film India

Baca Juga :

SAMARINDA - Polda Kalimantan Timur terus melakukan penyelidikan dan interogasi terhadap AF (31), tersangka pelaku percobaan perampokan dengan bom rakitan di BRI Samarinda Jalan P Suryanata Kelurahan Bukit Pinang Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda, Kalimantan Timur pada Senin 13 Februari 2017 lalu.

Hasil penyelidikan sementara, pelaku tidak memiliki skill dalam merakit bom. Dan aksinya itu terinspirasi setelah menonton film India berjudul “Jab Tak Hai Jaan” yang dibintangi aktor terkenal Bollywood Shahrukh Khan.

“Hasil pendalaman, pelaku tidak punya skill dalam merakit bom. Perakitannya juga dilakukan sendiri. Dan dari pengakuan pelaku, teman-teman kerjanya juga tidak ada yang tahu rencana perakitan bom ini,” kata Direktur Reskrimum Polda Kaltim Kombes Pol Winston Tommy Watuliu, didampingi Kapolresta Samarinda Kombes Pol Eriadi, dilansir dari Tribratanews.

Dijelaskannya, bahan-bahan untuk merakit bom itu salah satunya adalah kertas pembukus dari aluminium foil yang diminta kepada temannya di tempatnya bekerja dengan alasan untuk membuat spaghetti. Selain itu, di antara barang-barang berupa rangkaian perangkat elektronik, ternyata juga ada sebongkah tanah.

“Itu katanya tanah kuburan. Menurut pelaku katanya untuk keselamatan dalam menjalankan aksinya,” kata Kombes Pol Winston Tommy Watuliu.

Sementara Kombes Pol Eriadi menambahkan bahwa pelaku AF hanya lulusan SD dan SMP. Seperti diketahui, Den Gegana Brimob Polda Kaltim dan jajaran Polresta Samarinda berhasil mengamankan benda yang diduga bom yang dilempar dalam percobaan perampokan di kantor BRI Samarinda.
Polisi juga mengamankan pelaku AF (31) yang sebelumnya berhasil dibekuk oleh Satpam Bank

walau harus melalui perkelahian di dalam dan di luar bank. Itu semuanya terekam jelas dalam CCTV Bank BRI Samarinda. Satpam bernama Bayu Anisa Putra itu sempat beberapa lama beradu dorong dengan pelaku yang terus memaksa masuk ke ruang pelayanan bank. Situasi saat itu terdapat sekitar sepuluh nasabah baik laki-laki maupun wanita dan ibu-ibu yang membawa anak balita.

Dalam situasi itu, Satpam berhasil mendorong keluar pelaku, dan masih terjadi aksi dorong. Tak lama bom rakitan yang ditaruh dalam tas pelaku terlempar di depan bank. Masih dalam situasi menegangkan dan nasabah lain pada menyelamatkan diri masing-masing, di luar bank datang nasabah yang kemudian menendang bom rakitan ke arah jalan raya, menjauh dari depan bank.

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Ade Yaya Suryana mengatakan, motif pelaku hingga saat ini masih seputar ekonomi, yakni terlilit hutang Rp15 juta karena bermain judi online. Hal inilah yang memicu kenekatan pelaku yakni merampok disertai pengancaman dengan bom hasil rakitan.

“Kami imbau masyarakat untuk menggunakan teknologi informasi yakni internet maupun media sosial untuk hal-hal yang positif, agar tidak tersangkut masalah di kemudian hari,” imbaunya.

Kisah Penjinak Bom Shahrukh Khan dalam Film “Jab Tak Hai Jaan”

Di hadapan aparat Jatanras Polda Kaltim yang mem-backup penyelidikan tentang latar belakang dan motif pelaku AF, terungkap idenya mengancam dengan bom itu setelah melihat film “Jab Tak Hai Jaan” yang dibintangi aktor terkenal Bollywood Shahrukh Khan.

Dalam film ini sebenarnya bercerita seputar kisah cinta antara Samar Anand (Shahrukh Khan) dengan gadis cantik Meera Thapar (Katrina Kaif). Dalam perjalanan kisah cinta, keduanya berpisah setelah Samar Annad mengalami kecelakaan. Dalam keadaan koma, Meera Thapar berdoa apabila selamat maka akan meninggalkan kekasihnya itu.

Samar Annad yang sangat terpukul, kemudian kembali ke India dan ia memilih profesi yang sangat berbahaya, yakni sebagai ahli penjinak bom. Pekerjaan yang mengancam nyawanya ini, sengaja dipilih untuk menghilangkan rasa frustrasinya karena harus terpisah dengan kekasihnya. Tetapi selama melakukan pekerjaan berbahaya ini, Samar Anand selalu selamat dalam aksi menjinakkan bom.

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,173,Blitar,12,bojonegoro,7,Bondowoso,6,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,123,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,73,Goverment News,265,Gus Ipul,1,Haji 2017,33,headline,194,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,25,Jombang,153,kajatizen,9,Kampus,75,kesehatan,11,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Makro mikro,10,Malang,5,metropolitan,32,NU,54,Olahraga,16,Otomotif,26,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,6,PDI Perjuangan,5,Pemprov Jatim,6,pendidikan,139,peristiwa,617,Pesantren,9,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,92,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,83,Politik&pemerintahan,113,polres jombang,73,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,51,Science,1,sektor riil,23,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,62,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,2,slider,2,Softnews,52,Sumenep,4,surabaya,26,techno,47,TNI,41,Tokoh,5,Travel Food,56,
ltr
item
KabarJatim: Astaga, Aksi Teror Bom di Samarinda Terinspirasi Film India
Astaga, Aksi Teror Bom di Samarinda Terinspirasi Film India
https://1.bp.blogspot.com/-qkAmFn8mwLs/WKRP_pL5iLI/AAAAAAAAB38/yiL_dT-Wgewe2000ehwXaHrLM5KMdeGOQCLcB/s320/Samarinda.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-qkAmFn8mwLs/WKRP_pL5iLI/AAAAAAAAB38/yiL_dT-Wgewe2000ehwXaHrLM5KMdeGOQCLcB/s72-c/Samarinda.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/02/astaga-aksi-teror-bom-di-samarinda.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/02/astaga-aksi-teror-bom-di-samarinda.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy