Kisah Batik Truntum, Simbol Kasih Sayang yang Tercipta dari Kecemburuan

Baca Juga :

SURABAYA - Setiap negara memiliki cara unik dalam mengungkapkan kasih sayang di hari valentine. Di Sydney sebagian masyarakatnya menjadikan patung sapi berwarna putih dan pink berpasangan sebagai penanda perayaan hari valentine.

Di Filipina, hari valentine ditandai dengan cara nikah masal. Lalu bagaimana dengan Indonesia secara tradisional mengungkapkan hari kasih sayang? Berbagai cara dilakukan untuk memperingati acara yang jatuh pada 14 Februari. Biasanya sebagian orang mengisinya dengan makan malam, nonton, tukar kado memberikan cokelat atau memberikan benda-benda lainnya yang diyakini merepresentasikan sebagai ungkapan kasih sayang mereka.

Namun Sobat Budaya memilliki sudut pandang tersendiri mengenai simbol kasih sayang ini. Geaffary Aji Nugraha dari Sobat Budaya menjelaskan, bagi sebagian orang yang berasal dari suku Jawa, mengungkapkan cinta dan kasih sayang secara tradisional adalah dengan mengenakan batik truntum. Truntum diambil dari asal kata bahasa Jawa yaitu “taruntum” artinya "tumbuh kembali" atau "bersemi kembali" bisa juga berarti "semarak kembali".

Batik truntum merupakan gambaran serupa kuntum; kembang di langit yang bentuknya digambarkan serupa kembang tanjung. Batik yang sering digunakan untuk adat perkawinan tradisional Jawa ini, bercerita tentang harapan akan kesetiaan yang harmonis.

“Filosofi ini sering dinarasikan pula dengan filosofi hubungan spiritual persona Jawa dengan Tuhannya,” ulasnya.

Hal ini berkaitan erat dengan sejarah diciptakan batik truntum, seperti yang dijelaskan di dalam buku Kode-Kode Nusantara. Pada zaman Sunan Pakubuwono III Surakarta Hadiningrat sekitar abad ke-18 silam, Ratu Kencana merasa diabaikan oleh sang suami karena kesibukannya dan adanya selir baru di keraton. Kala kecemburuannya merasuk, Sang Ratu semacam mendapat sebuah petunjuk dari Yang Maha Kuasa untuk mengungkapkan kasih sayangnya dengan membuat batik truntum. Dalam proses pembuatannya kala itu, Sang Ratu terinspirasi dari tebaran bintang-bintang di langit.

Perbintangan diyakini selalu erat kaitannya dengan kalender tradisional di berbagai belahan dunia. Karena kesetiaan bintang untuk berada pada posisi dan waktu tertentu yang menjaga akurasi penandaan manusia dan waktu.

“Oleh karenanyalah batik teruntum menjadi sebuah simbol kesetiaan, kasih sayang, dan juga keharmonisan bagi sebagian orang yang berasal dari suku Jawa,” pungkasnya.

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,174,Blitar,12,bojonegoro,7,Bondowoso,7,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,124,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,73,Goverment News,268,Gus Ipul,1,Haji 2017,33,headline,196,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,26,Jombang,155,kajatizen,10,Kampus,76,kesehatan,12,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Makro mikro,10,Malang,6,metropolitan,33,NU,54,Olahraga,16,Otomotif,27,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,6,PDI Perjuangan,5,Pemprov Jatim,6,pendidikan,141,peristiwa,623,Pesantren,9,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,93,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,83,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,73,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,51,Science,1,sektor riil,24,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,63,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,2,slider,2,Softnews,52,Sumenep,4,surabaya,27,techno,47,TNI,41,Tokoh,5,Travel Food,57,
ltr
item
KabarJatim: Kisah Batik Truntum, Simbol Kasih Sayang yang Tercipta dari Kecemburuan
Kisah Batik Truntum, Simbol Kasih Sayang yang Tercipta dari Kecemburuan
https://1.bp.blogspot.com/-pJ4NsZuWx8E/WKKFFoJc0kI/AAAAAAAAB2U/k0iHFy5eVkg_RmYzu_mszThc9KANFpcuACLcB/s320/Motif%2BBatik%2BTruntum.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-pJ4NsZuWx8E/WKKFFoJc0kI/AAAAAAAAB2U/k0iHFy5eVkg_RmYzu_mszThc9KANFpcuACLcB/s72-c/Motif%2BBatik%2BTruntum.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/02/kisah-batik-truntum-simbol-kasih-sayang.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/02/kisah-batik-truntum-simbol-kasih-sayang.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy