Hebat, ITS Luncurkan Mobil Paling Irit Sedunia

Baca Juga :

SURABAYA – Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya kembali membuat gebrakan. Kali ini mereka menciptakan mobil Sapu Angin XI Evo 1 yang merupakan kendaraan paling hemat energi sedunia.

Mobil yang mampu berhemat 350-400 km per 1 liter BBM ini akan berlaga pada even internasional di Singapura. Ketua tim Sapu Angin, Anas Fauzi mengatakan, kendaraan ini bakal mengikuti kompetisi Shell Eco Marathon di Singapura. Di ajang ini, Sapu Angin sudah enam kali meraih gelar juara. Kali ini, Sapu Angin bakal berkompetisi di kelas Urban Concept Diesel tingkat Asia.

Mobil Sapu Angin XI Evo 1 merupakan generasi ke-11 yang sudah berevolusi. Sebab, Sapu Angin 11 sebelumnya terbakar dalam kompetisi di London pada 2016. Anas menjelaskan, mobil ini baru berupa purwarupa atau prototipe dan belum bisa diproduksi secara massal. Meski demikian, adanya upaya untuk menciptakan mobil hemat energi patut diapresiasi.

Lantaran prestasi ITS yang cukup membanggakan, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menyempatkan diri hadir dalam acara peluncuran mobil Sapu Angin XI Evo 1 di depan kantor Dinas Perhubungan dan LLAJ Jawa Timur, tepatnya di Frontage Road Jl A Yani 268 Surabaya pada Minggu 11 Maret.

Gus Ipul panggilan akrab Saifullah Yusuf, mengatakan dengan peluncuran mobil Sapu Angin ini, maka Jatim melalui ITS bisa membuat inovasi yang berkaitan dengan kepentingan masa depan. Sebab diperkirakan persediaan bahan baku energi nantinya akan habis, seperti oil dan gas yang menjadi andalan bangsa Indonesia sejak tahun 70 an. "Diprediksi 50 tahun kedepan akan berkurang drastis, maka kita perlu energi-energi terbarukan dengan menciptakan inovasi-inovasi," katanya.

Dikatakannya, Sapu Angin merupakan mobil karya anak bangsa yang tidak kalah dengan negara lain. “Dengan mencari inovasi-inovasi baru seperti kendaraan ciptaan anak-anak ITS, maka akan di produksi secara massal. Dalam hal ini yang diuntungkan adalah public atau masyarakat luas," ujarnya dikutip dari laman Pemprov Jatim.

Karena itu, lanjut Gus Ipul, setiap Inovasi harus dihargai, sebab inovasi merupakan salah satu jalan untuk memberikan kebutuhan dan pelayanan bagi masyarakat.

Dikatakan Gus Ipul, Pemprov Jatim mengajak ITS untuk untuk ikut memberikan solusi dan inovasi di bidang teknologi kemudian dapat diproduksi secara massal. Sebagai contoh mobil yang hemat energi Sapu Angin diharapkan bisa menjadi inspirasi oleh pengambil keputusan dalam hal ini pemerintah. Sebelumnya, Pemprov Jatim juga telah meminta ITS membuat grand desain masa depan. “Kami sebelumnya sudah bekerjasama dengan ITS di bidang riset bikin grand desain transportasi untuk kepentingan Jatim pada 50-100 tahun mendatang," ujar Gus Ipul.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Wahid Wahyudi, yang juga sebagai Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Kelurga Alumni (PW IKA ITS), mengatakan mobil Sapu Angin X1 Evo 1, mampu berjalan 100 km/per jam dalam waktu 6 detik dibandingan Mobil Alphard yang memeliki 2400 cc dengan kecepatan 100/km per jam dalam 11 detik. Bulan September 2017, Sapu Angin akan berlaga di Jepang.

Mobil ini mempunyai kelebihan hemat energi, bila bahan bakarnya berupa 1 liter solar, maka akan mampu berjalan sepanjang 340 km. Sedangkan jika bahan bakar 1 liter bensin bisa berjalan sepanjang 400 km.

Peluncuran mobil Sapu Angin karya anak ITS ini dihadiri mantan Mendiknas Muhammad Nuh, mantan ketua IKA ITS Dwi Sucipto, Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana, serta alumni pengurus IKA ITS dan para mahasiswa ITS. Selain peluncuran mobil Sapu Angin juga dilakukan pengukuhan Pengurus PW IKA ITS Jatim yang diketuai oleh Wahid Wahyudi yang juga Kepala Dinas Perhubungan Jatim.

Dalam peluncuran mobil Sapu Angin XI Evo 1 juga dilakukan lelang kaos dan replika mobil sebagai penggalangan dana untuk pembiayaan perjuangan tim Sapu Angin berkompetisi di Singapura. Kaos Sapu Angin yang ditandatangani Gus Ipul laku diharga Rp40 juta. Replika mobil laku Rp10 juta. Sementara kaos dan replika yang bertanda tangan Dwi Sucipto, Joni Hermana dan M Nuh juga laku jutaan rupiah.

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,173,Blitar,12,bojonegoro,7,Bondowoso,6,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,123,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,73,Goverment News,265,Gus Ipul,1,Haji 2017,33,headline,194,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,25,Jombang,153,kajatizen,9,Kampus,75,kesehatan,11,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Makro mikro,10,Malang,5,metropolitan,32,NU,54,Olahraga,16,Otomotif,26,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,6,PDI Perjuangan,5,Pemprov Jatim,6,pendidikan,139,peristiwa,617,Pesantren,9,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,92,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,83,Politik&pemerintahan,113,polres jombang,73,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,51,Science,1,sektor riil,23,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,62,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,2,slider,2,Softnews,52,Sumenep,4,surabaya,26,techno,47,TNI,41,Tokoh,5,Travel Food,56,
ltr
item
KabarJatim: Hebat, ITS Luncurkan Mobil Paling Irit Sedunia
Hebat, ITS Luncurkan Mobil Paling Irit Sedunia
https://2.bp.blogspot.com/-G8JFGEjB7aY/WMaLucHNf7I/AAAAAAAACyI/IMFQmKdzZ1cG3GabOgmGy4VD-fwkvGzmwCLcB/s320/Sapu%2Bangin.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-G8JFGEjB7aY/WMaLucHNf7I/AAAAAAAACyI/IMFQmKdzZ1cG3GabOgmGy4VD-fwkvGzmwCLcB/s72-c/Sapu%2Bangin.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/03/hebat-its-luncurkan-mobil-paling-irit.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/03/hebat-its-luncurkan-mobil-paling-irit.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy