Kemenag Probolinggo Kampanyekan Anti Korupsi Kepada Perempuan

Baca Juga :

Komitmen Perempuan Anti Korupsi Oleh Kemenag Probolinggo
PROBOLINGGO-Kaum perempuan mempunyai peran penting dan efektif dalam mencegah dan memberantas kejahatan korupsi. Namun demikian, perempuan juga rentan menjadi penyebab terjadinya korupsi maupun suap.

“Dalam kajian yang dilakukan KPK, 80 persen anak memperoleh pendidikan tentang berbagai sikap dan perilaku dari ibunya. Tetapi hanya empat persen yang mengajarkan kejujuran,” demikian kata Ketua Dharma wanita persatuan Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo Muzayyanah santoso pada acara sosialisasi Gerakan ‘Saya Perempuan Anti Korupsi’ (SPAK) di Gedung serba guna Kantor Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Wonomerto, Jum'at 31/03).

Menurutnya, pendidikan kejujuran, pola hidup tidak konsumtif, serta ketaatan pada prinsip-prinsip yang baik sangat tepat dimulai dari lingkungan keluarga sebagai tingkat masyarakat paling kecil. Dalam hal ini, peran SPAK sangat penting untuk menjaga diri sendiri dan keluarga dari tindak korupsi.

Istri Kepala Kankemenag Kabupaten Probolinggo tersebut menyebutkan, berdasarkan data KPK, dari sekitar 40 persen tersangka tindak pidana korupsi yang ditangkap KPK, sepuluh persennya adalah perempuan. Mereka bisa sebagai pelaku utama atau hanya perantara karena ketidaktahuaanya tentang hasil korupsi dan modus lainnya.

“Kalau suami jadi pegawai dan pulang kerja bawa uang banyak atau barang mewah, coba ditanya dari mana asalnya.

Sejak pencanangan SPAK sekitar awal 2016 sampai saat ini, lanjut muzayyanah, telah ada antara 800-1.000 perempuan menjadi agen SPAK yang tersebar di berbagai wilayah provinsi di Indonesia, termasuk di Jatim khususnya di Probolinggo. Jumlah tersebut masih jauh dari target SPAK yakni satu juta orang perempuan. 

Selain diikuti para istri dan pegawai ASN dilingkungan Kemenag Kabupaten Probolinggo, turut serta dalam kegiatan tersebut Ketua Tim Penggerak KB Kecamatan Wonomerto.

Para perempuan di setiap levelnya diharapkan dapat mengampanyekan gerakan SPAK, terutama perempuan yang suaminya pejabat. Karena istri pejabat mempunyai pengaruh yang dasyat dalam upaya pemberantasan kejahatan korupsi. 

Program gerakan SPAK tersebut sangat tepat untuk memberikan kesadaran kepada perempuan supaya turut terlibat mencegah korupsi. Apabila perempuan yang menjadi peserta gerakan SPAK merupakan istri pejabat maka ini akan menjadi alat kontrol yang sangat bagus.

“Misalnya seperti saya. Kadang ada orang nitip sesuatu langsung kepada suami biasanya sungkan, akhirnya lewat istri, saya tanyakan darimana sumbernya, jika tidak boleh ya tidak boleh.  Karena jika lewat kanan kiri termasuk salah satunya lewat istri maka akan menjadi problem besar,” jelasnya.

Setelah sosialisasi gerakan ini diharapkan para peserta dapat menularkan apa yang telah diperoleh kepada komunitasnya, baik melalui kumpulan PKK maupun arisan. Probolinggo akan terus mengembangkan program SPAK. Setelah ini akan dilaksanakan penandatanganan komitent anti Korupsi bagi masing-masing. Demikian harapan Ketua Dharma Wanita Kemenag Kabupaten Probolinggo yang masih baru 3 bulan ini. VIN

COMMENTS

Name

bangkalan,2,Banyuwangi,170,Blitar,9,Bondowoso,3,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,94,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,22,gaya hidup,63,Goverment News,214,Haji 2017,32,headline,168,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,18,Jombang,149,kajatizen,8,Kampus,62,kesehatan,2,khofifah,1,Klinik Kabarjatim,15,Makro mikro,10,Malang,1,metropolitan,32,NU,42,Olahraga,6,Otomotif,25,Pamekasan,3,Parlementaria,13,Partai Demokrat,4,PDI Perjuangan,3,Pemprov Jatim,4,pendidikan,121,peristiwa,488,Pesantren,8,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,69,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,75,Politik&pemerintahan,111,polres jombang,71,Property,2,PSHM Jombang,2,Review Film,39,Sampang,41,Science,1,sektor riil,20,Seputar Jatim,204,Seputar Nusantara,48,Seputar Pilkada,24,Sidoarjo,1,slider,2,Softnews,46,Sumenep,3,surabaya,23,techno,35,TNI,28,Tokoh,4,Travel Food,49,
ltr
item
KabarJatim: Kemenag Probolinggo Kampanyekan Anti Korupsi Kepada Perempuan
Kemenag Probolinggo Kampanyekan Anti Korupsi Kepada Perempuan
https://3.bp.blogspot.com/-k2zWM8aeEl0/WN3SLV_7zFI/AAAAAAAAAzI/EahtOZ_gFzguhz3UA0Q74BN4wd5KcFtEgCLcB/s1600/kajat.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-k2zWM8aeEl0/WN3SLV_7zFI/AAAAAAAAAzI/EahtOZ_gFzguhz3UA0Q74BN4wd5KcFtEgCLcB/s72-c/kajat.jpeg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/03/kemenag-probolinggo-kampanyekan-anti.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/03/kemenag-probolinggo-kampanyekan-anti.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy