Khofifah Takjub Kampung Gepeng di Malang Kini Jadi Tempat Wisata

Baca Juga :

MALANG - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyampaikan kekaguman melihat perubahan Kampung Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) menjadi Kampung Wisata Topeng di Desaku Menanti, Dusun Baran, Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, Malang, Jawa Timur.

“Saya melihat wajah-wajah bahagia hari ini dan saya bersyukur warga yang sebelumnya gelandangan, pengamen, dan pengemis kini perlahan sudah lebih mandiri, punya usaha sendiri dan nyaman tinggal di rumahnya masing-masing,” tuturnya kepada warga penerima manfaat Program “Desaku Menanti” di Dusun Baran, Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedung Kandang, Kota Malang, akhir pekan lalu.

Mensos mengaku kagum menyaksikan perubahan di kampung berpenghuni 40 Kepala Keluarga ini. Dikatakan, lingkungan kampung tampak bersih, area bermain anak yang memadai, toilet umum, pusat makanan (foodcourt), tanaman gantung tertata rapi di gapura kampung, taman-taman bunga, dua topeng raksasa berdiri tegak melatarbelakangi hunian tetap warga.

Sementara itu sejumlah anak-anak tampak duduk rapi menghias topeng-topeng mini dengan cat warna-warni, sedangkan beberapa orang dewasa menjaga etalase kaca berisi topeng-topeng Malangan yang dijual mulai Rp10.000 hingga Rp25.000 per topeng.

“Saya senang melihat perubahan positif ini. Apalagi dengan upaya keras Dinas Sosial Kota Malang bersama Pemkot Malang yang telah ‘menyulap’ kampung ini menjadi Kampung Wisata Topeng. Ini gagasan yang sangat kreatif,” katanya.

Mensos berharap dengan adanya Kampung Wisata Topeng, warga terdorong untuk melakukan usaha-usaha ekonomi kreatif dengan pendampingan yang dilakukan baik pemda maupun swasta.
Seperti diketahui, Kampung Gepeng yang kini telah menjadi Kampung Wisata Topeng ini merupakan bagian dari Program Rehabilitasi Sosial gelandangan dan pengemis melalui pengembangan model program Desaku Mananti. Program ini merupakan solusi efektif untuk mewujudkan Indonesia Bebas Gelandangan, Pengemis dan Anak Jalanan pada akhir 2017.

Sebelumnya 40 Kepala Keluarga warga Desa Baran  adalah gelandangan, pengemis, dan pengamen jal. Kementerian Sosial bersama dengan Pemerintah Kota Malang, didukung BUMN dan swasta menyerahkan 40 unit rumah sebagai tempat tinggal baru berikut dengan isi rumah.

Selain bantuan tersebut, juga diberikan berbagai bantuan sosial untuk mendorong mereka mandiri seperti bantuan Kelompok Usaha Bersama. Mereka juga diberikan pelatihan keterampilan sehingga mereka bisa berkarya dan berpenghasilan. Melalui berbagai bantuan sosial ini diharapkan tidak ada lagi yang kembali ke jalanan dan menjadi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di masyarakat.

Sementara itu Mensos mengatakan dari semua upaya yang telah dilakukan, harus didukung promosi dan sosialisasi yang masif melalui media massa, media sosial, biro wisata, dsb.

"Saya minta semua pihak mari bantu kampung ini menjadi sejahtera dan mandiri. Rekan-rekan media bisa mengangkat beritanya, wisatawan mengunggah foto-foto ke media sosial, netizen berkunjung dan memberikan kesan-kesan di twitter, pemda membuat kampanye dan pake-paket wisata menarik, sehingga penyebaran informasi tentang Kampung Wisata Topeng ini semakin luas," harap Khofifah.

Kepada Wali Kota Malang, Mensos meminta secara khusus agar dapat menggerakkan anak-anak sekolah bersama guru untuk berkunjung ke Kampung Wisata Topeng. Anak-anak dapat belajar membuat topeng, mewarnainya, sekaligus belajar sejarah topeng Malangan.

"Kemudian kepada warga, tolong jaga lingkungan ini tetap bersih, rapi dan berikan sambutan yang baik serta layanan yang berkualitas kepada wisatawan. Agar makin banyak orang datamg berkunjung dan membeli kerajinan tangan di sini," tutup Mensos.

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,175,Blitar,13,bojonegoro,7,Bondowoso,13,Bulog,1,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,129,edinarcoin,10,ekonomi,4,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,81,Goverment News,281,gresik,1,gubernur,1,Gus Ipul,5,Haji 2017,33,hanura,1,headline,207,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,jakarta,2,Jember,29,Jombang,180,kajatizen,10,Kampus,78,kediri,1,kesehatan,13,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Kodam V Brawijaya,1,KPU Jatim,1,Makro mikro,10,Malang,8,metropolitan,35,Natal,3,new terios,1,NU,55,Olahraga,20,Otomotif,30,Pacitan,1,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,12,PDI Perjuangan,6,Pemprov Jatim,6,pendidikan,144,peristiwa,688,Pesantren,9,Piala presiden,1,Pilbup Bondowoso,4,Pilgub Jatim,117,PLN,1,PLN Jatim,2,PMII,3,PNS,1,polda jatim,2,Polhukam,87,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,78,Polrestabes surabaya,1,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,55,Science,1,sektor riil,26,sembako,1,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,65,Seputar Pilkada,38,Sidoarjo,2,Slank,2,slider,2,Softnews,54,Sumenep,4,surabaya,36,techno,51,TNI,53,Tokoh,6,Tol,3,Travel Food,60,wagub,2,
ltr
item
KabarJatim: Khofifah Takjub Kampung Gepeng di Malang Kini Jadi Tempat Wisata
Khofifah Takjub Kampung Gepeng di Malang Kini Jadi Tempat Wisata
https://3.bp.blogspot.com/-Muv3dOrYDYs/WMZnAvVCbyI/AAAAAAAACv4/abkC2ttS56QXnDJBs-1RDMZ-z4Db5A14ACLcB/s320/Khofifah%2Binstagram.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Muv3dOrYDYs/WMZnAvVCbyI/AAAAAAAACv4/abkC2ttS56QXnDJBs-1RDMZ-z4Db5A14ACLcB/s72-c/Khofifah%2Binstagram.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/03/khofifah-takjub-kampung-gepeng-di.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/03/khofifah-takjub-kampung-gepeng-di.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy