Mendikbud Beri Jempol Gerakan Banyuwangi Membaca

Baca Juga :

BANYUWANGI - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengajak anak-anak untuk gemar membaca sejak dini, dan mengimbau para guru dan orangtua memberikan bimbingan membaca kepada anak-anak tersebut sebagai wujud dari penguatan pendidikan karakter.

Hal ini disampaikan Mendikbud pada pembukaan acara Discovery 4, Gerakan Banyuwangi Membaca di Taman Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu 4 Maret 2017.

“Mengajak anak untuk gemar membaca merupakan bagian dari penguatan pendidikan karakter. Orangtua dan guru diharapkan dapat membimbing anak-anak dalam membaca, agar mereka dapat memahami apa yang mereka baca,” tutur Mendikbud di depan 16.500 siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut.

Sebelum membimbing anak-anak membaca, kata Mendikbud, para orangtua dan guru diharapkan dapat memberikan teladan dengan menggemari membaca buku.

“Jangan biarkan anak-anak disuruh membaca tetapi tidak diberikan contoh atau teladan bahwa membaca itu mengasikkan, dan mereka pun juga harus dibimbing supaya mengerti apa yang dibaca. Kalau perlu diberikan tugas menulis ringkasan apa yang telah dibaca,” tuturnya.

Mendikbud memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang telah menginisiasi Program Banyuwangi Discovery 4 sebagai upaya menyosialisasikan gerakan gemar membaca.

Pada kesempatan ini Mendikbud memberikan buku Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi terbaru kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko. “Ini langkah yang tepat memperkenalkan kepada anak sejak dini untuk gemar membaca,” ucap Mendikbud.

Di tengah acara tersebut Mendikbud mengundang beberapa anak untuk maju ke depan, dan menceritakan kegemarannya membaca buku. “Adik-adik suka membaca buku apa di sekolah dan di rumah?” tanya Mendikbud kepada anak-anak yang telah maju ke depan.

Pertanyaan Mendikbud tersebut langsung disambut oleh Erwin siswa kelas 5. Ia mengatakan suka membaca buku cerita saat di rumah, dan di sekolah membaca buku pelajaran. Selanjutnya disusul oleh Firdaus siswa kelas 3 yang juga gemar membaca buku cerita anak-anak. Berbeda dengan Aldo siswa kelas 3 yang menghabiskan waktu di rumah dengan membaca buku pelajaran sekolah, khususnya buku Bahasa Indonesia yang memiliki banyak cerita.

Tidak hanya siswa laki-laki yang berani menyampaikan kegemarannya membaca buku, tetapi juga tiga siswi sekolah dasar. Seperti Tuti siswi kelas 4 mengungkapkan kegemarannya membaca buku cerita tentang persahabatan. Paling menarik dari cerita siswa dan siswi tersebut tentang kegemarannya membaca buku, yakni Aza siswa kelas 5, mengatakan suka membaca buku cerita atau sejarah di Indonesia, salah satunya cerita tentang asal mula Banyuwangi. Ia pun mampu menceritakan legenda Banyuwangi hingga selesai dihadapan Mendikbud dan para peserta Discovery 4 Banyuwangi Membaca.

“Ini contoh membaca yang baik, dapat mengerti apa yang sudah dibaca,” tutur Mendikbud.

Pada kesempatan ini Wakil Bupati Banyuwangi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mendikbud yang telah hadir dalam pencanangan Gerakan Banyuwangi Membaca, melalui kegiatan Discovery 4.

“Dengan adanya Gerakan Banyuwangi Membaca dapat tercipta budaya gemar membaca di Banyuwangi,” harap Yusuf mewakili Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang berhalangan hadir pada kesempatan tersebut.

Turut mendampingi Mendikbud pada acara tersebut yakni Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Ilza Mayuni, Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) M. Mustaghfirin Amin, dan Staf Khusus Mendikbud Bidang Komunikasi Publik Nasrullah.

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,175,Blitar,13,bojonegoro,7,Bondowoso,13,Bulog,1,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,129,edinarcoin,10,ekonomi,4,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,81,Goverment News,282,gresik,1,gubernur,1,Gus Ipul,5,Haji 2017,33,hanura,1,headline,207,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,jakarta,2,Jember,29,Jombang,180,kajatizen,10,Kampus,78,kediri,1,kesehatan,13,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Kodam V Brawijaya,1,KPU Jatim,1,Makro mikro,10,Malang,8,metropolitan,35,Natal,3,new terios,1,NU,55,Olahraga,20,Otomotif,30,Pacitan,1,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,12,PDI Perjuangan,6,Pemprov Jatim,6,pendidikan,145,peristiwa,692,Pesantren,9,Piala presiden,1,Pilbup Bondowoso,5,Pilgub Jatim,117,PLN,1,PLN Jatim,2,PMII,3,PNS,1,polda jatim,2,Polhukam,89,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,78,Polrestabes surabaya,1,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,55,Science,1,sektor riil,26,sembako,1,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,65,Seputar Pilkada,38,Sidoarjo,2,Slank,2,slider,2,Softnews,54,Sumenep,4,surabaya,36,techno,51,TNI,53,Tokoh,6,Tol,3,Travel Food,60,wagub,2,
ltr
item
KabarJatim: Mendikbud Beri Jempol Gerakan Banyuwangi Membaca
Mendikbud Beri Jempol Gerakan Banyuwangi Membaca
https://3.bp.blogspot.com/-5ojEwGfhCBs/WLvGrmyi8RI/AAAAAAAACgA/1Ze6WhCtAE4x_MkYUJUyqtDZt71o8ayTgCLcB/s320/Mendikbud%2Bsalim.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-5ojEwGfhCBs/WLvGrmyi8RI/AAAAAAAACgA/1Ze6WhCtAE4x_MkYUJUyqtDZt71o8ayTgCLcB/s72-c/Mendikbud%2Bsalim.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/03/mendikbud-beri-jempol-gerakan.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/03/mendikbud-beri-jempol-gerakan.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy