Mentan Blusukan ke Bojonegoro, Ingin Merasakan Nasib Petani

Baca Juga :

BOJONEGORO - Menteri Pertanian (Mentan)  Amran Sulaiman menyambangi Desa Samberan Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, untuk melaksanakan panen raya sekaligus mengecek penyerapan beras dan gabah di wilayah kerja Bulog Subdrive III Bojonegoro, Rabu (8/3/2017).

Pada panen raya di Kabupaten Bojonegoro yang dihadiri oleh para petani, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan pemerintah daerah, Mentan mengharapkan peran aktif para Babinsa membantu penyerapan gabah para petani, agar tidak jatuh ke tangan tengkulak melainkan ke Badan Urusan Logistik (Bulog), sehingga harga gabah menjadi stabil.

“Saya menginstruksikan kepada Bulog agar dapat bersinergi dengan Babinsa yang berada di garis terdepan dalam menyerap gabah dari petani dengan harga Rp3.700 per kilogram (kg) saat panen,” ujarnya.

 “Untuk harga gabah dengan kadar air 25% maka mutlak harus diberikan harga 3.700 rupiah, hal tersebut sesuai dengan Permentan yang telah saya keluarkan,” katanya.

Kunjungan kerja Mentan RI di Kabupaten  Bojonegoro merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden RI Ir. Joko Widodo untuk turun langsung ke tengah-tengah para petani, pahami masalahnya dan berikan solusi. “Kami ingin merasakan apa yang dirasakan para petani, jangan kita sibuk diskusi dan sibuk membahas permasalahan, namun kita tidak bekerja,” ucapnya.

Saat tiba di lokasi panen raya Desa Samberan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro, Mentan RI menyempatkan diri untuk mencoba mesin traktor yang digunakan untuk membajak sawah yang didampingi seorang petani. Usai mencoba traktor pembajak sawah tersebut Mentan RI meninjau sawah yang siap panen.

Dalam kesempatan ini Mentan RI Ir. Andi Amran Sulaiman juga berbicara terkait asuransi pertanian dimana pemerintah telah mengucurkan anggaran sebesar Rp 4 miliar untuk program tersebut. “Dana asuransi petani cairnya jangan terlalu lama, kalau bisa satu minggu dan maksimal satu bulan agar para petani yang gagal panen dapat segera melakukan tanam ulang maupun untuk pembelian pestisida,” ungkapnya.

Andi Amran Sulaiman bangga dengan Kabupaten Bojonegoro saat ini menjadi lumbung padi karena ketersediaan air tercukupi baik dari Bengawan Solo maupun air yang ada di ‘embung-embung’.

“Saya akan adopsi program Bupati Bojonegoro terkait program 1.000 embung,  pemerintah merencanakan akan membangun 10.000 embung yang tersebar di seluruh Indonesia, kalau di Bojonegoro sudah ada 1.000 embung, mantap sekali,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Teritorial (Aster) Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Mayjen TNI Komarudin Simanjuntak yang ikut mendampingi Mentan RI menjelaskan bahwa keterlibatan para Babinsa yang ada di seluruh Indonesia adalah untuk membantu menyukseskan program pemerintah dalam bidang pertanian.

“Program pemerintah di bidang pertanian saat ini adalah menyerap gabah petani sebesar-besarnya tanpa merugikan petani, karena saat ini banyak para petani yang dipermainkan harga gabahnya ketika masuk masa panen, dimana harga gabah dibeli dengan harga di bahwah Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yaitu Rp3700/kg,” ujarnya.

Lebih Lanjut Aster Kasad mengatakan bahwa nantinya akan dibentuk Satuan Tugas yang dipimpin oleh perwira tinggi TNI dan seorang Kolonel untuk mengawasi dan menyukseskan program pemerintah di bidang pertanian.

“Saya tunjuk perwira tinggi lulusan Lemhanas dan Sesko TNI, karena saya tidak mau bermain-main, ini adalah perintah Panglima Tertingi, Menteri Pertanian dan Kasad,  jadi tidak boleh main-main apalagi berurusan dengan hasil panen petani karena  petani adalah rakyat harus diutamakan, itu janji kita,” tegasnya.

“Jadi kalau nanti ada pembeli yang tidak sesuai dengan ketentuan HPP, maka para petani diminta untuk segera  melaporkan kejadian tersebut dan mudah-mudahan dalam waktu 6 jam anggota Satgas akan datang untuk mengecek ke lokasi,” ungkapnya.

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,175,Blitar,13,bojonegoro,7,Bondowoso,13,Bulog,1,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,129,edinarcoin,10,ekonomi,4,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,81,Goverment News,281,gresik,1,gubernur,1,Gus Ipul,5,Haji 2017,33,hanura,1,headline,207,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,jakarta,2,Jember,29,Jombang,180,kajatizen,10,Kampus,78,kediri,1,kesehatan,13,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Kodam V Brawijaya,1,KPU Jatim,1,Makro mikro,10,Malang,8,metropolitan,35,Natal,3,new terios,1,NU,55,Olahraga,20,Otomotif,30,Pacitan,1,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,12,PDI Perjuangan,6,Pemprov Jatim,6,pendidikan,144,peristiwa,688,Pesantren,9,Piala presiden,1,Pilbup Bondowoso,4,Pilgub Jatim,117,PLN,1,PLN Jatim,2,PMII,3,PNS,1,polda jatim,2,Polhukam,87,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,78,Polrestabes surabaya,1,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,55,Science,1,sektor riil,26,sembako,1,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,65,Seputar Pilkada,38,Sidoarjo,2,Slank,2,slider,2,Softnews,54,Sumenep,4,surabaya,36,techno,51,TNI,53,Tokoh,6,Tol,3,Travel Food,60,wagub,2,
ltr
item
KabarJatim: Mentan Blusukan ke Bojonegoro, Ingin Merasakan Nasib Petani
Mentan Blusukan ke Bojonegoro, Ingin Merasakan Nasib Petani
https://3.bp.blogspot.com/-wqmrPMrfZz0/WL_8BmLSuZI/AAAAAAAACnM/HfwoT1aDYS0kpUMNaFtBlv2EREGR1kGdgCLcB/s320/Mentan%2BKabar.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-wqmrPMrfZz0/WL_8BmLSuZI/AAAAAAAACnM/HfwoT1aDYS0kpUMNaFtBlv2EREGR1kGdgCLcB/s72-c/Mentan%2BKabar.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/03/mentan-blusukan-ke-bojonegoro-ingin.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/03/mentan-blusukan-ke-bojonegoro-ingin.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy