NU Kumpulkan 99 Ulama Khos, Ada Apa?

Baca Juga :

SURABAYA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berencana mengumpulkan 99 Ulama Khos di kediaman KH Maemoen Zubair di Ponpes Al Anwar, Sarang, Rembang, Jawa Tengah, Kamis 16 Maret 2017 untuk meminta masukan terkait masalah bangsa.

Agenda yang dikemas dalam Silaturahim Nasional Alim Ulama Nusantara itu untuk mendengar pandangan-pandangan dari para ulama sepuh. “Penting bagi PBNU untuk mendengar pandangan-pandangan dari para ulama sepuh. Petuah dan nasihat-nasihat dari para ulama khos sangat dibutuhkan dalam menentukan langkah strategis NU sebagaimana yang diharapkan dunia ke depan,” ujar Katib ‘Aam PBNU KH. Yahya C. Staquf kepada Kabarjatim.com melalui keterangan tertulis, Jumat (10/3/2017).

Adapun para ulama yang bakal hadir antara lain:

• KH. Maemoen Zubair dari Sarang
• KH. Ahmad Mustofa Bisri dari Rembang
• KH. Ma’ruf Amin, Tanara, Banten
• Habib Muhammad Luthfi bin Yahya dari Pekalongan
• KH. Nawawi Abdul Jalil dsari Pasuruan
• KH. Dimyathi Rois Kaliwungu, Jawa Tengah
• TGH. Turmudzi Badaruddin dari Bagu, NTB
• KH. Abuya Muhtadi Dimyathi dari Pandeglang, Banten
• KH. Muhammad Sanusi Baco dari Maros, Sulawesi Selatan
• KH. TK. Bagindo M. Letter dari Sumatera Barat
• Tengku H. Muslim Ibrahim dari Nangroe Aceh Darussalam
• Abah Guru Zuhdiannor Martapura, kalimantan Selatan

Yahya C. Staquf menjelaskan, latar belakang pertemuan ini adalah situasi bangsa belangan diwarnai banyak kegaduhan. Banyak bermunculan tantangan-tantangan yang sangat kritikal, baik dalam skala domestik maupun internasional.

Dalam skala domestik, pergerakan populisme kanan terus bekerja menggerus kultur moderat keagamaan masyarakat. Meskipun gerakan-gerakan transnasional itu secara global sebenarnya juga belum pernah berhasil menemukan bentuk idealnya.

Sementara pada saat bersamaan, sambung dia, NU yang sementara ini dinilai mampu menerjemahkan dengan baik Islam sebagai rahmat bagi alam semesta, sesungguhnya tengah diharapkan peran aktifnya oleh masyarakat dunia.

“NU, meminjam kalimat Greg Barton, benar-benar menjadi harapan bagi umat Islam untuk kembali menjadikan agama ini sebagai pilar peradaban dunia,” terangnya.

Dengan demikian, Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim moderat terbesar di dunia memiliki peluang sekaligus tantangan besar untuk menjadi kiblat keislaman dunia. Di saat negara lain sibuk dengan konflik horizontal dan sektarian, Indonesia sudah jauh melesat dalam menyuguhkan sebuah cara beragama yang damai, saling menghormati, saling tepa selira, bertoleransi, dan juga saling mengisi.

“Wajah Islam Indonesia yang ramah sesungguhnya adalah bagian dari cermin sikap kemasyarakatan NU. Tugas kita kemudian bagaimana menggaungkan wajah Islam ala ahlussunnah wal jama’ah ini sebagai upaya untuk menunjukkan wajah Islam yang sesungguhnya kepada dunia global. Sudah saatnya kita mengakhiri era Islam yang dipenuhi citra permusuhan sebagaimana yang masih terjadi di negara-negara teluk hingga saat ini,” ulasnya.

Sekali lagi, ujar dia, NU harus sungguh-sungguh mempersiapkan diri. NU harus menyambut dan menyiapkan peran terhormat ini dengan lebih baik.

“Mungkin ini sudah menjadi amanat agung dari Allah SWT. Di antara karunia Allah kepada Nahdlatul Ulama adalah dihadirkan-Nya di tengah-tengah kita para ulama, yang kualitas keulama’annya jarang dimiliki oleh komunitas muslim di belahan dunia lain. Kita punya ulama-ulama khos seperti Mbah Maemoen, Gus Mus, Kyai Nawawi, Tuan Guru Turmudzi, Bagindo Leter, dan lain-lain,” ujarnya.



COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,175,Blitar,13,bojonegoro,7,Bondowoso,13,Bulog,1,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,129,edinarcoin,10,ekonomi,4,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,81,Goverment News,282,gresik,1,gubernur,1,Gus Ipul,5,Haji 2017,33,hanura,1,headline,207,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,jakarta,2,Jember,29,Jombang,180,kajatizen,10,Kampus,78,kediri,1,kesehatan,13,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Kodam V Brawijaya,1,KPU Jatim,1,Makro mikro,10,Malang,8,metropolitan,35,Natal,3,new terios,1,NU,55,Olahraga,20,Otomotif,30,Pacitan,1,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,12,PDI Perjuangan,6,Pemprov Jatim,6,pendidikan,145,peristiwa,692,Pesantren,9,Piala presiden,1,Pilbup Bondowoso,5,Pilgub Jatim,117,PLN,1,PLN Jatim,2,PMII,3,PNS,1,polda jatim,2,Polhukam,89,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,78,Polrestabes surabaya,1,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,55,Science,1,sektor riil,26,sembako,1,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,65,Seputar Pilkada,38,Sidoarjo,2,Slank,2,slider,2,Softnews,54,Sumenep,4,surabaya,36,techno,51,TNI,53,Tokoh,6,Tol,3,Travel Food,60,wagub,2,
ltr
item
KabarJatim: NU Kumpulkan 99 Ulama Khos, Ada Apa?
NU Kumpulkan 99 Ulama Khos, Ada Apa?
https://3.bp.blogspot.com/-zKVeHCMikHo/WMKOGndmv8I/AAAAAAAACso/TD1_JPcweCQkyjkuKhXnMoZ04A9kEsGawCLcB/s320/Logo%2BNU.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-zKVeHCMikHo/WMKOGndmv8I/AAAAAAAACso/TD1_JPcweCQkyjkuKhXnMoZ04A9kEsGawCLcB/s72-c/Logo%2BNU.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/03/nu-kumpulkan-99-ulama-khos-ada-apa.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/03/nu-kumpulkan-99-ulama-khos-ada-apa.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy