Mahasiswa Indonesia Masuk 5 Besar Kompetisi Global Airbus Fly Your Ideas

Baca Juga :

SURABAYA – Airbus telah memilih lima tim mahasiswa yang menjadi finalis pada edisi kelima dari kompetisi Fly Your Ideas. 

Sebuah tim beranggotakan tiga mahasiswa asal Indonesia yang sedang berkuliah di Institut d’Administration des Enterprises – IAE Toulouse, Perancis, berhasil menjadi salah satu di antaranya. Gagasan inovatif mereka sukses menembus lebih dari 350 karya lain dalam kompetisi dua-tahunan Airbus yang bekerja sama dengan UNESCO tersebut.

Konsep radikal yang dipilih meliputi berbagai jenis inovasi, mulai dari alternatif pencitraan satelit, hingga proses taxiing pesawat yang lebih baik, cara cerdas untuk boarding, ruang baru untuk barang penumpang, dan model bisnis baru dengan menggunakan pesawat Airbus yang sudah ada.

Mewakili sembilan kewarganegaraan dan delapan universitas dari Afrika, Eropa, dan Asia- Pasifik, kelima tim finalis merupakan cerminan dari keberagaman yang sesungguhnya sebagai pendorong utama dari inovasi dan prestasi. Para mahasiswa ini, yang berkompetisi untuk meraih hadiah 30.000 euro, juga datang dari berbagai disiplin ilmu, mulai dari sains hingga teknik dan bisnis.

Ide yang diajukan oleh para finalis harus menjawab salah satu dari lima tantangan yang ditentukan Airbus untuk membantu mewujudkan solusi masa depan yang berkelanjutan. Inovasi yang diajukan oleh kelima tim finalis meliputi model bisnis alternatif, pengalaman terbang penumpang, dan operasional penerbangan.

Kelima tim finalis – yang berbasis di Australia, Perancis, Hong Kong, Nigeria, dan Inggris – akan terbang ke Toulouse, Perancis, untuk menghabiskan satu minggu di fasilitas Airbus ProtoSpace untuk mengembangkan purwarupa, menguji, serta memvisualisasikan ide mereka menggunakan perlengkapan canggih dengan dipandu oleh Airbus secara personal.

Pada akhir pekan mereka di Toulouse, para mahasiswa ini akan mempresentasikan proyek inovatif dan purwarupa mereka di depan sebuah panel yang terdiri atas sejumlah ahli Airbus dan tokoh-tokoh dunia penerbangan maupun akademisi.

Gagasan-gagasan yang berhasil masuk ke babak final yaitu:

Compact Luggage Strategy (CLS) Mobile App – Tim PassEx, Institut d’Administration des Enterprises – IAE Toulouse, Prancis. 


Sistem boarding revolusioner yang menggunakan aplikasi ponsel real-time untuk menentukan status boarding masing-masing penumpang sesuai dengan ukuran barang bawaannya. CLS membantu mengatasi masalah penyimpanan di kompartemen atas-kepala dengan mendistribusikan posisi penumpang di pesawat sesuai dengan ukuran barang bawaan masing-masing.

Airborne Earth Observation – Tim SkyVision, University of Surrey, UK

Sebuah konsep radikal yang mengubah pesawat komersial menjadi ‘Alat Pemantau Bumi’ dengan cara memasang perlengkapan di perut pesawat untuk memantau aktivitas di daratan pada saat terbang. Sebagai alternatif dari penciteraan satelit, gagasan ini membuka kesempatan untuk analisis ekologi dan perencanaan kota.

Meningkatkan efisiensi dan alur Airport Taxi– Tim Nevada, Obafemi Awolowo University, Nigeria

Sebuah sistem taxiing yang menggunakan sensor dan algoritma untuk pengaturan lalu lintas darat yang otomatis, baik di sisi menara pengawas maupun sisi pesawat untuk meningkatkan efisiensi lalu lintas pesawat di bandara dan selanjutnya mengurangi emisi gas buang.

Kompartemen Penyimpanan Pribadi – Tim DAELead, The University of Hong Kong, Hong Kong

Desain kabin cerdas yang menempatkan sebuah kompartemen barang pribadi (PSC) di bawah kaki penumpang, menggunakan ruang antara lantai kabin dan langit-langit kargo.

Platform Aquarius, Royal Melbourne Institute of Technology, Australia

Sebuah solusi pemadam kebakaran berbasis sistem modular dengan memanfaatkan kontainer pemadam api pada palet-palet yang dapat dengan cepat dipasang pada sebuah jaringan yang terdiri atas sejumlah pesawat A400M. Hal ini untuk menciptakan sebuah platform pemadaman kebakaran dari udara yang bisa secara cepat dikerahkan.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Kabarjatim.com, tim yang keluar sebagai pemenang akan menerima hadiah sebesar 30.000 euro, 15.000 euro, di sebuah acara puncak yang akan dilangsungkan live pada 17 Mei di Toulouse.

Airbus meluncurkan Fly Your Ideas di tahun 2008 dengan tujuan melibatkan universitas dan mahasiswa dari seluruh dunia dan dari segala latar belakang untuk menstimulasi gagasan inovatif bagi industri penerbangan yang berkelanjutan serta mengidentifikasi kesempatan untuk pengembangan riset dan teknologi dan/atau interaksi dengan tim peneliti akademik. Kompetisi ini menerima pengakuan dari UNESCO di tahun 2012 dan kemitraan tersebut kembali diperbaharui pada tahun 2014 dan 2016.

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,174,Blitar,12,bojonegoro,7,Bondowoso,7,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,124,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,73,Goverment News,268,Gus Ipul,1,Haji 2017,33,headline,196,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,26,Jombang,155,kajatizen,10,Kampus,76,kesehatan,12,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Makro mikro,10,Malang,6,metropolitan,33,NU,54,Olahraga,16,Otomotif,27,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,6,PDI Perjuangan,5,Pemprov Jatim,6,pendidikan,141,peristiwa,623,Pesantren,9,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,93,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,83,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,73,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,51,Science,1,sektor riil,24,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,63,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,2,slider,2,Softnews,52,Sumenep,4,surabaya,27,techno,47,TNI,41,Tokoh,5,Travel Food,57,
ltr
item
KabarJatim: Mahasiswa Indonesia Masuk 5 Besar Kompetisi Global Airbus Fly Your Ideas
Mahasiswa Indonesia Masuk 5 Besar Kompetisi Global Airbus Fly Your Ideas
https://2.bp.blogspot.com/-hwqwNbBkDGo/WPmzbsBfSsI/AAAAAAAADXU/qOyUkQnU1wcquJ3zBkEhQ456w_Gf101FACLcB/s320/Mahasiswa%2BIndonesia.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-hwqwNbBkDGo/WPmzbsBfSsI/AAAAAAAADXU/qOyUkQnU1wcquJ3zBkEhQ456w_Gf101FACLcB/s72-c/Mahasiswa%2BIndonesia.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/04/mahasiswa-indonesia-masuk-5-besar.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/04/mahasiswa-indonesia-masuk-5-besar.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy