Menko Polhukam Tegaskan Paradigma Jawa Sentris Sudah Tidak Dipakai

Baca Juga :

SIDOARJO – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto mengapresiasi kemajuan beberapa daerah dalam hal pelayanan publik berbasis teknologi dan informasi.

Menurutnya, pelayanan publik yang merupakan tolok ukur dari kinerja pemerintah, baik pusat maupun daerah sudah mulai dinikmati oleh masyarakat. 

Demikian pernyataan Menko Polhukam Wiranto saat menghadiri pembukaan acara Peringatan Otonomi Daerah ke 21 di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (25/4/2017).

“Kita hadir dalam acara Peringatan Otonomi Daerah ke-21 di Sidoarjo, dan kita bisa lihat, temanya tadi memang bagaimana peranan publik dapat ditingkatkan, lebih cepat, lebih murah, lebih andal, lebih efisien, dan lebih jujur dengan cara e-Government, dengan cara menggunakan kemajuan teknologi,” katanya.

Dalam peringatan Otda ini, Menko Polhukam mengapresiasi tema yang diangkat yaitu ‘Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik Melalui e-Government.’ Dikatakan, tema tersebut sangat relevan untuk kembali mengingatkan semangat awal dan tujuan utama dari kebijakan desentralisasi melalui pemberian otonomi yang lebih luas bagi daerah untuk mengatur urusan pemerintahannya sendiri.

Dikatakan, kesejahteraan masyarakat yang menjadi tujuan utama otonomi daerah dapat diwujudkan melalui peningkatan kualitas kinerja pelayanan publik yang prima, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan daya saing daerah. Dengan demikian, Pemerintah Daerah melalui penyelenggaraan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangannya, memiliki peran strategis dalam rangka mewujudkan cita-cita Indonesia Sejahtera.

Selain itu, Pemda juga memiliki peran penting dalam mengkoordinasikan seluruh proses pengelolaan pembangunan di daerah. “Meneruskan pesan Presiden, para Gubernur diminta melakukan koordinasi efektif terhadap seluruh proses pengelolaan pembangunan di daerah, melibatkan bupati dan wali kota. Hal ini dimaksudkan agar terwujud sinergi pengelolaan pembangunan, sebagai prasyarat keberhasilan pembangunan daerah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Menko Polhukam mengatakan bahwa pemerintah saat ini telah mengubah paradigma pembangunan dari yang bersifat Jawa sentris menjadi Indonesia sentris, yaitu membangun dari pinggiran dan desa agar pembangunan merata dan dirasakan oleh seluruh rakyat. Demikian pula dengan regulasi dan birokrasi yang telah diperbaiki secara masif, seiring penerapan teknologi informasi.

“Saya berharap seluruh Pemerintah Daerah mampu menyediakan pelayanan publik berbasis teknologi informasi dan komunikasi, agar masyarakat dan dunia usaha dapat memperoleh informasi secara mudah, cepat, dan tepat tentang prosedur pelayanan publik yang disediakan Pemerintah Daerah,” pungkasnya.

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,174,Blitar,12,bojonegoro,7,Bondowoso,7,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,124,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,73,Goverment News,268,Gus Ipul,1,Haji 2017,33,headline,196,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,26,Jombang,155,kajatizen,10,Kampus,76,kesehatan,12,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Makro mikro,10,Malang,6,metropolitan,33,NU,54,Olahraga,16,Otomotif,27,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,6,PDI Perjuangan,5,Pemprov Jatim,6,pendidikan,141,peristiwa,623,Pesantren,9,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,93,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,83,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,73,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,51,Science,1,sektor riil,24,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,63,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,2,slider,2,Softnews,52,Sumenep,4,surabaya,27,techno,47,TNI,41,Tokoh,5,Travel Food,57,
ltr
item
KabarJatim: Menko Polhukam Tegaskan Paradigma Jawa Sentris Sudah Tidak Dipakai
Menko Polhukam Tegaskan Paradigma Jawa Sentris Sudah Tidak Dipakai
https://3.bp.blogspot.com/-mI2flEoxABI/WP8dbOI1NlI/AAAAAAAADa8/Tfpd3aelGpMTGaUmb7lfZXvLM_uidRXsQCLcB/s320/Wiranto%2Bdan%2BPakde.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-mI2flEoxABI/WP8dbOI1NlI/AAAAAAAADa8/Tfpd3aelGpMTGaUmb7lfZXvLM_uidRXsQCLcB/s72-c/Wiranto%2Bdan%2BPakde.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/04/menko-polhukam-tegaskan-paradigma-jawa.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/04/menko-polhukam-tegaskan-paradigma-jawa.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy