Rais Aam PBNU: Mari Bung Rebut Kembali Ekonomi Umat!

Baca Juga :

JAKARTA - Di tengah berbagai polemik kebangsaan yang muncul belakangan ini, Rais Aam PBNU KH Ma’ruf Amin mengingatkan para pengurus dan kyai-kyai kultural NU untuk turut berperan dalam menggerakkan ekonomi umat. 

Hal itu disampaikan Kyai Ma’ruf dalam Pelantikan dan Peresmian Kantor PCNU Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (6/4/2017).

“Kini saatnya para kyai menggerakkan ekonomi umat.  Mari Bung, rebut kembali! Ekonomi umat ini kita gerakkan, dengan menegakkan prinsip  at’taawun.  Prinsip saling bantu membantu. Yang ekonominya kuat harus membantu yang lemah. Membantu dengan tanpa harus mengambil untung, Untungnya berikan kepada ummat semua. Nanti ketika gerakan ini berjalan, semua akan memperoleh manfaatnya,” tegas Kyai Ma’ruf.

Prinsip at-ta’awun  itu, menurut dia, bisa dimulai melalui program kemitraan. Dengan melibatkan atau membuat sendiri waralaba yang berjejaring ke seluruh pelosok negeri. Terkait hal ini, Negara dan para pengusaha di tingkat nasional maupun daerah bisa dilibatkan. Karena gerakan ekonomi ummat itu, akan meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Kyai Ma’ruf juga mendorong para pengurus NU di tingkat pusat hingga tingkat Ranting untuk tak segan bermitra dengan pengusaha dan pemerintah. Asalkan, kemitraan itu bermaslahat dan terasa manfaatnya oleh umat. NU, kata Kyai Ma’ruf, bertanggung jawab dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Karena mayoritas warga NU adalah dari kalangan mustad’afin.

“Ini bukan lagi ajakan. Ini adalah intruksi Rais Aam PBNU, karena  berkaitan mas’uliyah ummatan, dan mas’uliyah wathoniyah, tanggung jawab keummatan, dan tanggung jawab kebangsaan, dan satu lagi, ini merupakan juga tanggung jawab sejarah. Karena NU bukan hanya berjuang untuk kemerdekaan RI, tapi menurut Kapolri, NU adalah bagian dari pendiri NKRI.  Karena itu ketika ada yang mengancam ummat, mengancam bangsa ini dari sisi kedaulatan maupun sisi ekonomi, NU harus bertindak. Karena NU adalah pendiri dan pemegang saham di NKRI,” tegasnya, seraya mengajak dua ribu Nahdliyin se Kabupaten Tasikmalaya yang hadir di Aula IAI Cipasung itu, untuk terlibat dalam gerakan tersebut.

Hal senada ditegaskan Rois Syuriah PCNU Kabupaten Tasikmalaya, K.H Abun Bunyamin Ruchiyat. Sebagai pendiri NKRI, kata Kyai Abun, warga NU wajib hukumnya kita membela negara.  Di samping itu, mayoritas warga NU juga dari kalangan Mustad'afin.  Maka NU perlu menggalakkan program penguatan ekonomi ummat.

“Karena hadist nabi, kadzal faqru ayyakuuna kufron. Bahwa kemiskinan bisa menyebabkan pada kekafiran. Maka pengurus NU harus berpikir dan bergerak mencari solusi agar ummat mampu bangkit dari kemiskinan. Agar ummat tidak mudah diiming-imingi oleh harta, untuk menukar aqidah an-nahdliyah ke aqidah lain yang bisa mengancam NU, bahkan mengancam keutuhan NKRI,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Rais Amm PBNU melantik KH Atam Rustam, Pimpinan Ponpes Sukamanah, sebagai Ketua PCNU Kabupaten Tasikmaaya. Cucu Pahlawan nasional, KH Zainal Mustofa itu mengungkapkan, program pertama PCNU Kabupaten Tasikmalaya adalah takmirul masjid, dimulai dengan menggerakkan sholat subuh berjamaah dan menggalang persaudaraan antar Nahdliyin  dengan program lailatul ijtima’ dan lain-lain.

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,173,Blitar,12,bojonegoro,7,Bondowoso,6,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,123,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,73,Goverment News,265,Gus Ipul,1,Haji 2017,33,headline,194,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,25,Jombang,153,kajatizen,9,Kampus,75,kesehatan,11,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Makro mikro,10,Malang,5,metropolitan,32,NU,54,Olahraga,16,Otomotif,26,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,6,PDI Perjuangan,5,Pemprov Jatim,6,pendidikan,139,peristiwa,617,Pesantren,9,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,92,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,83,Politik&pemerintahan,113,polres jombang,73,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,51,Science,1,sektor riil,23,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,62,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,2,slider,2,Softnews,52,Sumenep,4,surabaya,26,techno,47,TNI,41,Tokoh,5,Travel Food,56,
ltr
item
KabarJatim: Rais Aam PBNU: Mari Bung Rebut Kembali Ekonomi Umat!
Rais Aam PBNU: Mari Bung Rebut Kembali Ekonomi Umat!
https://4.bp.blogspot.com/--GrXUyd9Bjs/WQB10jAq4EI/AAAAAAAADfk/CZfs8eqXlMsmWvpt0EyIRiXrqIereoamgCLcB/s320/KH%2BMakruf%2BAmin%2Bnew.jpg
https://4.bp.blogspot.com/--GrXUyd9Bjs/WQB10jAq4EI/AAAAAAAADfk/CZfs8eqXlMsmWvpt0EyIRiXrqIereoamgCLcB/s72-c/KH%2BMakruf%2BAmin%2Bnew.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/04/rais-aam-pbnu-mari-bung-rebut-kembali.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/04/rais-aam-pbnu-mari-bung-rebut-kembali.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy