Besok, Usulan Buruh Akan Dibahas

Baca Juga :

Gubernur Jawa Timur Soekarwo saat menerima aksi buruh pada 1 Mei di Kantor Gubernur Jalan Pahlawan, Surabaya. (Foto : Humas/Kabarjatim.com)
SURABAYA-Gubernur Jawa Timur Soekarwo akan membahas usulan buruh pada Rabu (3/4/2017), besok. Rencana ini disampaikan Pakde Karwo saat menerima para buruh dalam peringatan hari buruh international atau yang dikenal dengan Mayday. 

Menurut Pakde Karwo, panggilan Gubernur Jatim, tiga hal pokok yang akan dibahas Rabu mendatang. Pertama, Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota (UMSK) terutama Kab. Sidoarjo, Kab. Pasuruan, Kab. Gresik, dan Kab. Mojokerto. Untuk Kab. Sidoarjo dan Kab. Pasuruan telah memenuhi syarat dan akan dicek lagi.

“UMSK yang Sidoarjo dan Pasuruan datanya sudah lengkap dan baru masuk di provinsi. Rabu besok akan dicek dan dirapatkan dengan menunjukkan syarat-syarat UMSK tersebut,” ujarnya.

Sedangkan untuk Kab. Gresik dan Kab. Mojokerto, lanjutnya, pihaknya akan melakukan pendekatan atau rekoordinasi dengan Bupati Gresik dan Bupati Mojokerto dengan memperhatikan permasalahan yan terjadi di daerah masing-masing. 

“Saya bersama Kapolda melalui Kapolres dan Pangdam V Brawijaya melalui Dandim akan membicarakan bersama Bupati Gresik dan Bupati Mojokerto untuk menanyakan permasalahan yang sedang terjadi,” jelas Pakde Karwo.

Kedua, terkait Peraturan Gubernur Tahun 2016 yang tidak memberikan batasan upah minimum. “Pergub yang tidak ada batas akan direvisi, harus ada batasnya. Ini yang membuat Polisi tidak bisa bertindak karena tidak ada batasnya,” tegasnya.

Ketiga, mengenai disparitas besaran UMK antara kabupaten dengan kota dalam satu wilayah yang dikenal dengan ring satu dan disparitas antar daerah di Jatim. Sebagai contoh di Ponorogo Rp. 1,4 juta, Sampang Rp. 1,2 juta dan di Surabaya Rp. 3,260 juta.

Untuk itu, Pakde Karwo akan segera berkoordinasi dengan kepala daerah tentang survey KHL dan meminta Dewan Pengupahan Provinsi memantau pelaksanaan suvery KHL tersebut. “Disparitas itu kalau dibiarkan akan semakin jauh. Untuk itu perlu dibahas lebih lanjut mengenai besaran UMK antar daerah di Jatim. Sebab adanya ring satu, dua, dan tiga itu dulu juga merupakan usulan buruh,” tuturnya.

Poin lainnya yang tidak kalah penting dan masuk dalam pernyataan bersama antara Gubernur Jatim dengan Serikat Pekerja/Serikat Buruh di Jatim yakni pelaksanaan upah yang tidak sesuai dengan UMK. Untuk mengatasinya, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan instansi terkait.

Dalam kesempatan itu, Pakde Karwo juga menjelaskan, pihaknya akan melakukan penataan personil Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan di daerah sesuai dengan kebutuhan berdasarkan sebaran industri di kabupaten/kota. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pelayanan ketenagakerjaan di Jatim.

Teruskan Aspirasi ke Pusat Pakde Karwo juga akan meneruskan kepada pemerintah pusat mengenai semua usulan dan aspirasi pekerja/buruh di Jatim yang kewenangannya ada di tingkat nasional. “Tidak boleh gubernur membuat diskresi karena bukan kewenangan.

Kebijakan yang bukan kewenangan provinsi akan disampaikan ke Jakarta,” imbuhnya. Sementara itu, Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kab. Pasuruan Jazuli mengatakan, perwakilan pekerja buruh akan mencatat dan mendengar apa yang telah dijanjikan Gubernur Jatim. Yang menjadi perhatian penting yakni UMSK khususnya di Kab. Gresik dan Kab. Mojokerto. Selain itu, juga mengenai disparitas besaran UMK agar tidak ada perbedaan yang jauh antar daerah. “Kami bersama-sama akan mengawal janji Pakde Karwo. Harapannya agar semua usulan cepat terealisasi,” ujarnya.

Untuk memeriahkan Hari Buruh Internasional 2017, di depan Kantor Gubernur Jatim terdapat sebuah panggung besar berukuran 12 x 8 meter menghadap ke barat. Tak hanya panggung, dalam peringatan May Day kali ini juga dilakukan pemotongan tumpeng antara Gubernur Jtaim, forum pimpinan daerah dengan para buruh. VIN

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,174,Blitar,13,bojonegoro,7,Bondowoso,7,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,124,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,73,Goverment News,270,Gus Ipul,1,Haji 2017,33,headline,197,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,26,Jombang,157,kajatizen,10,Kampus,76,kesehatan,12,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Makro mikro,10,Malang,6,metropolitan,33,NU,54,Olahraga,17,Otomotif,27,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,6,PDI Perjuangan,5,Pemprov Jatim,6,pendidikan,141,peristiwa,630,Pesantren,9,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,93,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,83,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,74,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,51,Science,1,sektor riil,24,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,64,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,2,slider,2,Softnews,52,Sumenep,4,surabaya,28,techno,47,TNI,41,Tokoh,5,Travel Food,59,
ltr
item
KabarJatim: Besok, Usulan Buruh Akan Dibahas
Besok, Usulan Buruh Akan Dibahas
https://3.bp.blogspot.com/-A6gjL6QXWkk/WQgKInhS_xI/AAAAAAAAA58/az31_jnLPkMV_AyawbbL34Cx4EGMDVZSgCLcB/s1600/Gubernur%2BJawa%2BTimur%2BSoekarwo%2Bbersama%2BPangdam%2BV%2BBrawijaya%2Bdan%2BKapolda%2BJatim%2Bhadiri%2Bperingatan%2BHari%2BBuruh%2BInternasional%2B2017%2B.JPG
https://3.bp.blogspot.com/-A6gjL6QXWkk/WQgKInhS_xI/AAAAAAAAA58/az31_jnLPkMV_AyawbbL34Cx4EGMDVZSgCLcB/s72-c/Gubernur%2BJawa%2BTimur%2BSoekarwo%2Bbersama%2BPangdam%2BV%2BBrawijaya%2Bdan%2BKapolda%2BJatim%2Bhadiri%2Bperingatan%2BHari%2BBuruh%2BInternasional%2B2017%2B.JPG
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/05/besok-usulan-buruh-akan-dibahas.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/05/besok-usulan-buruh-akan-dibahas.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy