Kasie Humas Polsek se-Banyuwangi Diajari Tehnik Fotografi

Baca Juga :

Pelatihan Jurnalistik yang digelar bersama Polsek se-Kabupaten Banyuwangi (Foto : EKO/Kabarjatim.com)
BANYUWANGI - Sub Bagian Humas Polres Banyuwangi menggelar latihan jurnalistik bagi kasie humas polsek dan petugas operator media sosial. Pelatihan ini untuk meningkatkan kemahiran personil yang bersinggungan dengan tugas kehumasan agar kegiatan positif jajaran kepolisian lebih dikenal masyakarat.

Bertempat di Ruang Rupatama Mapolres Banyuwangi, puluhan aparat dikenalkan dengan dunia jurnalisme. Terutama bagaimana menulis laporan rilis yang menarik sehingga diminati pengguna medsos. Tema ini dijelaskan secara gamblang oleh Ketua PWI Banyuwangi yang baru terpilih, Saifudin Mahmud.

"Menulis rilis harus tetap mengedepankan rumus 5W1H biar menarik. Jangan lupa menulis nama, tempat, waktu dan keterangan kejadiannya. Mirip-mirip berita sedikitlah," paparnya, Kamis (4/5/2017).

Wakil Pemimpin Redaksi Koran Radar Banyuwangi Grup Jawapos ini juga memberi tahu para kasie humas bahwa profesi wartawan era sekarang telah dibekali kompetensi. Sertifikasi kompetensi dapat diperoleh para jurnalis melalui uji kompetensi wartawan (UKW). Tingkatannya ada wartawan muda, madya dan utama.

"Wartawan tidak hanya dibekali kartu pers. Tidak menjamin wartawan yang dibekali kartu pers menjalankan tugas secara profesional karena bisa dibikin dipercetakan dengan mudah. Jangan lupa menanyakan asal medianya dan apa sudah lulus UKW," ungkapnya menguatkan paparan Konsultan Media Polres Banyuwangi, Subahrodin Yusuf, pemateri paling awal.

Di Banyuwangi, wartawan media harian jumlahnya tidak lebih dari 50 orang. Itu sudah meliputi awak media lokal maupun nasional, meliputi cetak, online dan elektronik. Apabila menjumpai wartawan di luar standarisasi yang telah ditetapkan dewan pers, aparat kepolisian punya hak untuk tidak memberikan informasi.

"Bila datang baik-baik dan serius hendak menulis berita yang positif, silahkan saja diberi. Kalau maunya macam-macam silahkan ditolak, tidak masalah," tegasnya. Pelatihan yang digelar Rabu siang sampai sore itu mengupas tentang tehnik mengambil foto. Fotografer Radar Banyuwangi, Rendra Kurnia, memperkenalkan sejumlah karya foto yang baik menurut ilmu fotografi.

"Mengambil gambar bagus tidak harus menggunakan kamera yang bagus. Pakai kamera ponsel juga bisa kok, asal tehniknya benar dan momen pengambilannya tepat," jelas dia. Karya fotografi memang menjadi persoalan di kalangan kehumasan Polres Banyuwangi. Gambar mampu berbicara meskipun tidak dijelaskan secara detail. Kabagops AKP Samsudin menyinggung masalah ini agar jajaran kasie humas meningkatkan kemampuannya dalam mengabadikan karya foto.

"Ada nenek tua yang disebrangkan oleh anggota polisi. Momen pengambilan gambar yang pas membuat foto itu hidup dan bisa di-like pengguna medsos," ujar mantan Kasubaghumas Polres Jember didampingi Kasubaghumas Polres Banyuwangi AKP Bakin yang bertindak sebagai moderator. Kemahiran dalam fotografi meski dengan sarana terbatas menjadi alat bagi Polri untuk membangun komunikasi positif dengan pengguna medsos. Mengingat era sekarang telah masuk jaman digital yang kejadian apa saja bisa diketahui dalam tempo sekejab melalui media siber. EKO

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,174,Blitar,12,bojonegoro,7,Bondowoso,7,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,124,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,73,Goverment News,268,Gus Ipul,1,Haji 2017,33,headline,197,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,26,Jombang,156,kajatizen,10,Kampus,76,kesehatan,12,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Makro mikro,10,Malang,6,metropolitan,33,NU,54,Olahraga,16,Otomotif,27,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,6,PDI Perjuangan,5,Pemprov Jatim,6,pendidikan,141,peristiwa,623,Pesantren,9,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,93,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,83,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,74,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,51,Science,1,sektor riil,24,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,63,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,2,slider,2,Softnews,52,Sumenep,4,surabaya,27,techno,47,TNI,41,Tokoh,5,Travel Food,57,
ltr
item
KabarJatim: Kasie Humas Polsek se-Banyuwangi Diajari Tehnik Fotografi
Kasie Humas Polsek se-Banyuwangi Diajari Tehnik Fotografi
https://3.bp.blogspot.com/-1L3epAkIOIA/WQr5IO2wJ6I/AAAAAAAAA8I/jRwNW41gldATdwoM3q3SmJ6OiXBZXwK-wCLcB/s1600/Pelatihan%2BJurnalistik%2B1.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-1L3epAkIOIA/WQr5IO2wJ6I/AAAAAAAAA8I/jRwNW41gldATdwoM3q3SmJ6OiXBZXwK-wCLcB/s72-c/Pelatihan%2BJurnalistik%2B1.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/05/kasie-humas-polsek-se-banyuwangi.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/05/kasie-humas-polsek-se-banyuwangi.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy