Muhammadiyah: Waktu Sholat Shubuh Terlalu Cepat 30 Menit

Baca Juga :

JAKARTA  - Hasil kajian para ilmuwan Muhammadiyah menyimpulkan bahwa waktu awal masuknya sholat shubuh di Indonesia saat ini terlalu cepat 20 sampai 30 menit, sehingga perlu dikoreksi.

“Ini hasil riset kami dengan alat Sky Quality Meter (SQM), pengukur kecerlangan benda langit,” ujar . Ketua Himpunan Ilmuwan Muhammadiyah Prof Tono Saksono dalam Seminar Evaluasi Awal Waktu Sholat Subuh Menurut Sains dan Fikih di Jakarta, beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari laman Suara Muhammadiyah.

Ketua Islamic Science Research Network (ISRN) Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka itu menjelaskan, selama ini fajar dianggap telah terbit saat matahari pada posisi sudut depresi 20 derajat di bawah ufuk yang setara dengan 80 menit sebelum matahari terbit.

Padahal, menurutnya, dari hasil observasi sementara, fajar dimulainya Sholat Subuh bagi umat Islam Indonesia baru terjadi saat sudut depresi matahari pada kisaran 11 hingga 15 derajat di bawah ufuk atau bila dikonversi dalam domain waktu setara dengan 44 sampai dengan 60 menit sebelum matahari terbit.

“Tidak ada satupun indikasi yang menunjukkan bahwa sinar fajar sebagai tanda awal subuh telah muncul saat matahari berada pada sudut depresi 20 derajat,” ujar Tono sebagaimana dikutip Antara.

Penentuan 20 derajat di bawah ufuk merupakan keputusan ulama Melayu di masa lalu untuk menentukan awal masuknya waktu Sholat Subuh dan dimulainya puasa, termasuk digunakan pula oleh ulama Malaysia.

“Tapi, zaman dulu memang belum ada peralatan secanggih saat ini, dan masih mengandalkan pengamatan dengan mata telanjang, jadi wajar jika tidak akurat,” katanya. Oleh karena itu, seiring zaman, maka sudah semestinya umat Islam beralih dengan ditemukannya fakta ini.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Prof Dr Thomas Djamaluddin mengatakan penggunaan standar 20 derajat di bawah ufuk itu memang sudah waktunya dikoreksi, namun perlu pengamatan dari lokasi yang gangguan atmosfernya minimal sehingga tidak akan mendistorsi hasil data yang diperoleh.

Menurut Thomas yang menjadi salah satu pembicara dalam acara itu, ketetapan minus 20 derajat tersebut tampaknya diperoleh ulama masa lalu dari standar yang digunakan di Mesir 19,5 derajat atau dari Saudi 18 derajat di bawah ufuk, padahal posisi negara-negara tersebut ada di lintang tinggi, dan Indonesia di khatulistiwa.

Sementara itu, Wakil Rektor Uhamka Zamah Sari mengatakan bahwa untuk mengoreksi standar yang digunakan selama ini masih membutuhkan pengujian lanjutan baik dari sisi astronomi juga dari pemahaman fikih. “Masih perlu waktu panjang, seperti kesepakatan organisasi Islam lainnya, lalu kemudian diserahkan kepada Majelis Ulama Indonesia untuk dibuatkan fatwanya,” kata tokoh Muhammadiyah itu.

Temuan itu disambut positif Wakil Ketua Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Sirril Wafa. Menurutnya, NU siap membuka peluang untuk berubah dan mengusulkan perlunya kerja sama riset terkait astronomi antara NU, Muhammadiyah, MUI, Lapan dan lainnya.

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,173,Blitar,12,bojonegoro,7,Bondowoso,6,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,123,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,73,Goverment News,265,Gus Ipul,1,Haji 2017,33,headline,194,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,25,Jombang,153,kajatizen,9,Kampus,75,kesehatan,11,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Makro mikro,10,Malang,5,metropolitan,32,NU,54,Olahraga,16,Otomotif,26,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,6,PDI Perjuangan,5,Pemprov Jatim,6,pendidikan,139,peristiwa,617,Pesantren,9,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,92,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,83,Politik&pemerintahan,113,polres jombang,73,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,51,Science,1,sektor riil,23,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,62,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,2,slider,2,Softnews,52,Sumenep,4,surabaya,26,techno,47,TNI,41,Tokoh,5,Travel Food,56,
ltr
item
KabarJatim: Muhammadiyah: Waktu Sholat Shubuh Terlalu Cepat 30 Menit
Muhammadiyah: Waktu Sholat Shubuh Terlalu Cepat 30 Menit
https://4.bp.blogspot.com/-zy9U_E8WsdQ/WRW-s1oNeRI/AAAAAAAADog/PmVNBOFyGGgYTw-x6iLSOwrzcTinloYFACLcB/s320/Sholat%2BShubuh.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-zy9U_E8WsdQ/WRW-s1oNeRI/AAAAAAAADog/PmVNBOFyGGgYTw-x6iLSOwrzcTinloYFACLcB/s72-c/Sholat%2BShubuh.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/05/muhammadiyah-waktu-sholat-shubuh.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/05/muhammadiyah-waktu-sholat-shubuh.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy