PKB Jatim Gelar Rapat 'Mendadak' Sikapi Surat 21 Kiai Sepuh

Baca Juga :

Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar saat Menunjukkan Surat dari 21 Kiai Sepuh NU (Foto : Kabarjatim.com)
SURABAYA-Sebanyak 21 Kiai dari Nahdhotul Ulama mengirimkan surat kepada Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim. Para Kiai Sepuh ini mememinta kepada PKB Jatim agar tetap kompak dalam pilgub Jatim 2018 mendatang. Para Kiai ini menyatyangkan jika Nahdhotul Ulama (NU) terbelah seperti pada Pilgub sebelumnya.

Dalam surat tersebut, para Kiai juga menuntut untuk menjadikan Jawa Timur sebagai panutan dan contoh karena memang warga Nahdhliyyin terbesar. Sebagai partai yang didirikan oleh para Kiai dan NU, PKB diharaplan bisa menjelaskan rencana pencalonan Gubernur Jatim di Pilkada 2018 mendatang. Bahkan, para kiai ini meminta agar, PKB menjadikan Kiai sebagai rujukan dalam menentukan figur calon yang akan diusung bersama. Para Kiai dan pengasuh pondok pesantren tidak ingin perpecahan  pemilukada terulang ha

nya karena tidak ada kekompakkan dalam perjuangan politik. Dan mengakibatkan perpecahan di lingkungan NU yang butuh waktu panjang untuk menyatukannya kembali.

Mendapat ultimatum dari para Kiai Sepuh ini, membuat PKB Jatim harus menggelar rapat mendadak. Rapat digelar secara tertutup di salah satu hotel di Surabaya. PKB mengumpul seluruh Ketua DPC PKB se-Jawa Timur untuk menyikapi surat dari para Kiai tersebut. Ketua DPW PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar mengaku baru menerima surat tersebut pada Minggu (21/5/2017) malam sekitar pukul 21.00 WIB. Namun sebelumnya surat tersbeut telah beredar di kalangan wartawan dan beberapa grup chat.

"Saya baru terima suratnya tadi malam sekitar jam sembilan. Memang ada perbedaan surat yang saya terima dengan yang muncul di media," kata pria yang akrab Gus Halim, Senin (22/5/2017). 

Terhadap surat tersebut, Kakak Kandung Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar mengaku akan melakukan tabayyun (klarifikasi) kepada para kiai tersebut. Menurutnya, setelah pertemuan dengan DPC-DPC PKB ini segera akan silaturahim dengan sejumlah kiai. "Saya harus sowan sebagai seorang santri kepada kiai. Intinya bagaiman yang diinginkan oleh para kiai,"  kata Gus Halim. 

Tujuan untuk sowan kepada kiai, kata Halim, agar PKB bisa mengerti apa yang diinginkan oleh para Kiai terkait Pilgub Jatim. Menurutnya, dengan demikian akan menjadi jelas permintaan para kiai sehingga tidak menafsiri surat tersebut. "Karena jika surat itu ditafsirkan bisa bermacam-macam. Bisa ditafsirkan ke kanan, bisa ditafsirkan ke kiri bisa ke tengah-tengah," jelas Halim. 

Diketahui, 21 Kiai yang menyatakan sikap tersebut adalah KH Zainuddin Jazuli (PP Al Falah-Kediri), KH Anwar Masyur (PP Lirboyo-Kediri), KH Nurul Huda Jazuli (PP Ploso Mojo Kediri), KH Miftahul Akhyar (PP Miftahussunnah Surabaya), KH Nawawi Abdul Jalil (PP Sidogiri Pasuruan), KH Agus Ali Masyhuri  (PP Bumi Sholawat Lebo Sidoarjo). 

Kemudian, KH Anwar Iskandar (PP Al Amien Ngasinan Kediri), KH Muttawakkil Alallah (PP Zainul Hasan Genggong Probolinggo), KH Fuad Nur Hasan (PP Sidogiri Pasuruan), KH Fuad Jazuli  (PP Ploso Mojo Kediri), KH Kholil As'ad Syamsul Arifin  (PP Walisongo Situbondo), KH Idris Hamid (PP Salafiyah Syafiiyah Pasuruan), KH Abdullah Kafabihi (PP Lirboyo Kediri), KH Ubaidillah Faqih (PP Langitan Lamongan), KH Sayifuddin Wahid (PP Darul Ulum Garsempal Sampang), KH Ja'far Yusuf (PP Darul Ulum Garsempal Sampang), KH Makhrus  (PP Al Ihsan Jrengoan Sampang), KH Nuruddin Abdurrahman (PP Al Hikam Bangkalan), KH Muddasir Badruddin (Pamekasan), KH Mujib Imron (PP Al Yasini Areng-areng Pasuruan) dan KH Fakhri Aschal  (PP Saychona Cholil Bangkalan). VIN

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,174,Blitar,12,bojonegoro,7,Bondowoso,7,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,124,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,73,Goverment News,268,Gus Ipul,1,Haji 2017,33,headline,196,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,26,Jombang,155,kajatizen,10,Kampus,76,kesehatan,12,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Makro mikro,10,Malang,6,metropolitan,33,NU,54,Olahraga,16,Otomotif,27,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,6,PDI Perjuangan,5,Pemprov Jatim,6,pendidikan,141,peristiwa,623,Pesantren,9,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,93,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,83,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,73,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,51,Science,1,sektor riil,24,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,63,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,2,slider,2,Softnews,52,Sumenep,4,surabaya,27,techno,47,TNI,41,Tokoh,5,Travel Food,57,
ltr
item
KabarJatim: PKB Jatim Gelar Rapat 'Mendadak' Sikapi Surat 21 Kiai Sepuh
PKB Jatim Gelar Rapat 'Mendadak' Sikapi Surat 21 Kiai Sepuh
https://3.bp.blogspot.com/-c9aZ0Qf5kFo/WSLNqSV0AVI/AAAAAAAABEU/xtOVxAolQ1Edew4mhgxMl64wfuBwRV4ggCLcB/s1600/IMG_9817.JPG
https://3.bp.blogspot.com/-c9aZ0Qf5kFo/WSLNqSV0AVI/AAAAAAAABEU/xtOVxAolQ1Edew4mhgxMl64wfuBwRV4ggCLcB/s72-c/IMG_9817.JPG
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/05/pkb-jatim-gelar-rapat-mendadak-sikapi.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/05/pkb-jatim-gelar-rapat-mendadak-sikapi.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy