BI Perkuat Infrastruktur Dengan Optimalkan TPID Jatim

Baca Juga :

SURABAYA-- BI (bank Indonesia) membentuk program TPID Provinsi Jawa Timur , dengan program tersebut telah berhasil mengawal pencapaian inflasi Jawa Timur terendah sepanjang Ramadhan dan Lebaran tahun 2017, hingga diangka 4+1%.

Melalui jumpa pers Rabu (19/7/2017) dengan dihadiri nara sumber Difi Ahmad Johansyah selaku (Kepala Perwakilan BI Jatim  dan Ir. Aris Mukiyono, MT, MM selaku Biro Administrasi Perekonomian Sekda Provinsi Jawa Timur/ sekretaris, juga seluruh anggota TPID Provinsi Jawa Timur.

Dari akumulasi pencapaian inflasi Jawa Timur dalam periode Ramadhan & Lebaran 2017 tercatat lebih rendah dibandingkan kurun 3 (tiga) tahun terakhir.
Bila dipantau dalam kurun 5 (lima) tahun terakhir, inflasi kelompok Volatile Food pada periode Lebaran Juli 2017 tercatat deflasi sebesar -0,01%-mtm, sehingga dapat menopang terkendalinya inflasi umum (IHK) Jawa Timur.

Berbagai upaya yang dilakukan oleh seluruh jajaran instansi yang tergabung dalam TPID Provinsi Jawa Timur maupun pihak swasta yang turut bersinergi dalam menjaga ketersediaan pasokan dan mengendalikan eskpektasi masyarakat, khususnya melalui “Sinergi Gerai Stabilisasi Harga Pangan” dan upaya pengamanan kelancaran distribusi oleh Satgas Pangan dinilai telah berhasil meredam gejolak harga menjelang Lebaran yang biasanya mengalami peningkatan.

Disampaikan oleh Difi Ahmad Johansyah, "Inflasi Jawa Timur di tahun 2017 diperkirakan berada dalam batas kisaran sasaran inflasi 4±1%. Namun demikian, TPID Provinsi Jawa Timur masih terus mewaspadai potensi risiko inflasi, terutama bersumber dari penyesuaian administered prices, sejalan dengan kebijakan lanjutan reformasi subsidi energi oleh Pemerintah," ujarnya.

Potensi risiko inflasi yang cenderung meningkat tersebut sebagai dampak kenaikan inflasi di kelompok administered price dibandingkan tahun lalu yang didorong penyesuaian tarif listrik 900VA secara bertahap.
Juga kenaikan harga rokok akibat kenaikan cukai, penyesuaian regulasi harga perpanjangan STNK, serta kenaikan harga BBM non subsidi sejalan dengan tren kenaikan harga minyak dunia.
Di samping itu berpengaruh terhadap kenaikan harga komoditas di kelompok Volatile Food dan Core pun perlu menjadi perhatian.

Sehubungan dengan hal tersebut, melalui pelaksanaan High Level Meeting ini, TPID Provinsi Jawa Timur terus memperkuat sinergi guna melahirkan ide-ide kreatif yang efektif dan inovatif dalam mengantisipasi gejolak harga, sehingga diharapkan Jawa Timur dapat terus mempertahankan terkendalinya inflasi sampai dengan akhir tahun 2017.

Program TPID Provinsi Jawa Timur dalam rangka pengendalian penguatan jaringan distribusi melalui, Penguatan supply ke 4.600 gerai stabilisasi pangan di Jawa Timur.
Integrasi data SISKAPERBAPO dengan SIPAP (Sistem Informasi Perdagangan Antar Provinsi),  dengan mengumpulkan database pasokan komoditas pangan strategis dan profil petani melalui pembentukan BIG Data Analytic Platform Inflasi Jawa Timur.

Dengan memberikan pantauan secara optimalkan terhadap 4 unsur, antara lain yaitu pantauan jembatan timbang milik Dishub di lokasi strategis untuk arus barang di Jawa Timur. Sosialisasi dan optimalisasi pelabuhan New Tanjung Tembaga Probolinggo sebagai alternatif lokasi bongkar muat barang. Penambahan rute penerbangan di wilayah Jawa Timur, dan realisasi terkait embung baru di Provinsi Jawa Timur serta perbaikan jalan secara berkala dalam rangka mendukung produktifitas pertanian. Serta mendorong implementasi kerjasama antar daerah untuk mengatasi surplus defisit komoditas pangan melalui kerjasama BUMD/BUMDES atau lembaga buffer lainnya.

"TPID Provinsi Jawa Timur akan mendorong dengan himbauan penyusunan database kalender tanam hingga panen dan sentra produksi (peta produksi komoditas unggulan daerah)," tambah Difi.

Himbauan yang dilakukan dengan penetapan batas tertentu untuk biaya pendidikan, serta mendukung rencana ketentuan range tarif untuk angkutan oleh Kementerian Perhubungan.
Dari pengoptimalisasikan pengumpulan database akan melibatkan 7 SKPD dengan tujuan untuk bisa menemukan database yang akurat.
Bertujuan untuk dapat memperkuat kelembagaan di sektor pertanian, meningkatkan efisiensi tata niaga pangan, menunjang peningkatan produktivitas pertanian, serta meminimalisir dampak lanjutan kebijakan terhadap harga komoditas strategis di Jawa Timur.

Juga disampaikan oleh Ir. Aris Mukiyono, MT, MM, dalam mewujudkan program  TPID Provinsi Jawa Timur, dibutuhkan penambahan anggaran.
Anggaran akan ditentukan dengan melakukan pembahasan terhadap 7 SKPD, mulai dari Dinas Pertanian, Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan, Polda Jatim dan beberapa Kedinasan terkait.

"Pemerintah Daerah Jawa Timur sendiri belum bisa menentukan angaran yang disiapkan untuk membangun program TPID, menunggu hasil dari kesepakatan 7 SKPD yang terlibat," tutup Aris Mukiyono. RUS

COMMENTS

Name

bangkalan,2,Banyuwangi,171,Blitar,9,Bondowoso,3,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,96,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,22,gaya hidup,63,Goverment News,216,Haji 2017,32,headline,169,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,18,Jombang,149,kajatizen,8,Kampus,62,kesehatan,4,khofifah,1,Klinik Kabarjatim,15,Makro mikro,10,Malang,1,metropolitan,32,NU,43,Olahraga,6,Otomotif,25,Pamekasan,3,Parlementaria,13,Partai Demokrat,4,PDI Perjuangan,3,Pemprov Jatim,4,pendidikan,122,peristiwa,489,Pesantren,8,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,71,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,75,Politik&pemerintahan,111,polres jombang,71,Property,2,PSHM Jombang,2,Review Film,40,Sampang,41,Science,1,sektor riil,21,Seputar Jatim,204,Seputar Nusantara,48,Seputar Pilkada,24,Sidoarjo,1,slider,2,Softnews,47,Sumenep,3,surabaya,23,techno,35,TNI,30,Tokoh,4,Travel Food,50,
ltr
item
KabarJatim: BI Perkuat Infrastruktur Dengan Optimalkan TPID Jatim
BI Perkuat Infrastruktur Dengan Optimalkan TPID Jatim
https://2.bp.blogspot.com/-BzKyktUquSk/WXFnwNsLFII/AAAAAAAAB8I/BeI01RDGlaUvMU2EekzcrY9iuR32Ef2gwCLcBGAs/s1600/BI.jpeg
https://2.bp.blogspot.com/-BzKyktUquSk/WXFnwNsLFII/AAAAAAAAB8I/BeI01RDGlaUvMU2EekzcrY9iuR32Ef2gwCLcBGAs/s72-c/BI.jpeg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/07/bi-perkuat-infrastruktur-dengan.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/07/bi-perkuat-infrastruktur-dengan.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy