Lima Mahasiswa Universitas Jember Diterjunkan ke Gorontalo

Baca Juga :

JEMBER - Ada yang menarik saat upacara pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode II tahun akademik 2016/2017 lalu. Dari 2.324 mahasiswa yang bakal terjun ke berbagai desa di Besuki Raya, terdapat lima mahasiswa Universitas Jember yang akan melaksanakan KKN Kebangsaan 2017 di Gorontalo.

Mereka adalah M. Nizar S.A (Fakultas Pertanian), Iqbal O. Ardiansyah (Fakultas Ilmu Budaya), G. Fransiska Manurung (Fakultas Teknologi Pertanian), dan dua mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Usman Muhammad (Akuntansi) dan Luluk Faridah. Untuk sebulan ke depan, mereka bakal melaksanakan KKN bersama utusan dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Ditemui sehari sebelum pemberangkatan (18/7), Nizar dan Iqbal yang mewakili kawan-kawannya menyatakan kesiapannya mengikuti KKN Kebangsaan. “Sedari awal saya sudah tertarik mengikuti KKN Kebangsaan karena tantangannya, bagaimana kita melaksanakan KKN di daerah yang berbeda secara kondisi, sosial dan budaya. Saya membayangkan pasti akan banyak pengalaman baru yang kami dapatkan, sekalian bisa bertemu kawan-kawan sesama mahasiswa dari seluruh Indonesia. Lagi pula kapan lagi bisa berkunjung ke Gorontalo,” jelas Iqbal didukung oleh kompatriotnya, Nizar, melalui keterangan tertulis kepada Kabarjatim.com. Kebetulan keduanya aktif di Satuan Resimen Mahasiswa 807 Universitas Jember.

Sebelum diterjunkan ke lokasi desa yang sudah ditentukan, seluruh mahasiswa peserta KKN Kebangsaan bakal mendapatkan pembekalan mengenai kondisi sosial budaya, tantangan serta peluang yang tengah dihadapi Provinsi Gorontalo, oleh Universitas Gorontalo sebagai tuan rumah.

Dijadwalkan para menteri seperti Menristekdikti, Menko Polhukam, hingga Panglima TNI akan turut memberikan pembekalan. KKN Kebangsaan dilaksanakan oleh Kemenristekdikti setiap tahun dengan lokasi di daerah terdepan dan terluar Indonesia. Dari data yang ada, KKN Kebangsaan diikuti oleh 73 perguruan tinggi negeri dan swasta dari seluruh Indonesia, ditambah 1 perguruan tinggi dari Malaysia, yakni Universitas Teknologi Malaysia.

Sementara itu, Nizar, menambahkan bahwa setiap peserta KKN Kebangsaan sudah menyiapkan program yang akan dilaksanakan di lokasi KKN sesuai dengan latar belakang program studinya.
“Karena saya kuliah di Program Studi Agroteknologi, maka saya memprogramkan penanaman hortikultura yang cocok di daerah pantai semisal semangka, dari mulai pembenihan hingga panen,” kata Nizar yang bakal KKN di Desa Waluhu yang merupakan daerah pesisir.

Berbeda dengan Nizar, Iqbal yang kuliah di Program Studi Ilmu Sejarah akan membantu pengembangan pariwisata desa. “Saya akan coba menggali sejarah setempat sebagai potensi pariwisata, terutama sejarah maritimnya,” tambah Iqbal lagi.

Sementara itu dalam pesannya, Moch. Hasan, Rektor Universitas Jember meminta para mahasiswa Universitas Jember yang mengikuti KKN Kebangsaan untuk aktif mengikti seluruh agenda yang ada sembari turut memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi warga setempat.

“Jangan lupa untuk selalu menjaga nama baik almamater Universitas Jember,” tuturnya. Selain bakal melaksanakan program yang sudah dirancang, para duta Kampus Tegalboto juga akan memperkenalkan tentang Universitas Jember dan Jember.

COMMENTS

Name

bangkalan,2,Banyuwangi,171,Blitar,9,Bondowoso,3,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,94,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,22,gaya hidup,63,Goverment News,215,Haji 2017,32,headline,168,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,18,Jombang,149,kajatizen,8,Kampus,62,kesehatan,2,khofifah,1,Klinik Kabarjatim,15,Makro mikro,10,Malang,1,metropolitan,32,NU,43,Olahraga,6,Otomotif,25,Pamekasan,3,Parlementaria,13,Partai Demokrat,4,PDI Perjuangan,3,Pemprov Jatim,4,pendidikan,121,peristiwa,488,Pesantren,8,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,69,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,75,Politik&pemerintahan,111,polres jombang,71,Property,2,PSHM Jombang,2,Review Film,40,Sampang,41,Science,1,sektor riil,20,Seputar Jatim,204,Seputar Nusantara,48,Seputar Pilkada,24,Sidoarjo,1,slider,2,Softnews,47,Sumenep,3,surabaya,23,techno,35,TNI,30,Tokoh,4,Travel Food,49,
ltr
item
KabarJatim: Lima Mahasiswa Universitas Jember Diterjunkan ke Gorontalo
Lima Mahasiswa Universitas Jember Diterjunkan ke Gorontalo
https://2.bp.blogspot.com/-DSwaBGc0mcA/WW-B_NLeZFI/AAAAAAAAEF0/onSw9lXXk6kp-YXWvFZgPi9u_dMm_jVJgCLcBGAs/s320/KKNKebangsaanUNEJ.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-DSwaBGc0mcA/WW-B_NLeZFI/AAAAAAAAEF0/onSw9lXXk6kp-YXWvFZgPi9u_dMm_jVJgCLcBGAs/s72-c/KKNKebangsaanUNEJ.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/07/lima-mahasiswa-universitas-jember.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/07/lima-mahasiswa-universitas-jember.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy