Pengguna Internet Mobile di Indonesia Lebih Aktif Selama Ramadan

Baca Juga :

SURABAYA - Ramadan merupakan bulan suci untuk lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT dan nampaknya juga menjadi bulan untuk lebih memperbanyak pengetahuan.

Hal ini sejalan dengan laporan terbaru UC News berjudul Laporan Konsumsi Konten Mobile Selama Ramadan yang mengungkapkan bahwa total tampilan halaman selama bulan Ramadan meningkat sebanyak 10% dibandingkan hari biasa. Rata-rata tampilan halaman tiap pengguna juga meningkat sebanyak 13.55% pada periode yang sama.

“Sebenarnya pertumbuhan rata-rata tampilan halaman tiap pengguna sejalan dengan pertumbuhan rata-rata konsumsi harian pengguna di UC News. Pada bulan Maret lalu, kami menemukan bahwa pengguna menghabiskan sekitar 20 menit setiap harinya untuk mengakses konten UC News. Bulan Ramadan sepertinya menjadi bulan dengan lebih banyak konsumsi konten, dengan bertambahnya waktu baca menjadi 26 menit di bulan Juni, naik sebesar 30% dari biasanya,” jelas Donad RU, General Manager UCWeb Indonesia, Alibaba Mobile Business Group, melalui siaran pers kepada Kabarjatim.com.

Konten Mobile Teman Bersantap Masyarakat Indonesia

Selain kenaikan yang telah disebutkan di atas, UC News juga menemukan satu waktu yang menjadi puncak konsumsi konten mobile, yakni pada pukul 04.00 pagi, yang merupakan waktu untuk Sahur. Di malam hari, puncak waktu konsumsi juga bergeser, dimana pada hari biasa terjadi pada pukul 20.00, menjadi pukul 19.00.

Perubahan-perubahan pada puncak konsumsi konten mobile dipagi dan malam hari, terjadi bersama dengan waktu puncak konsumsi konten pada jam makan siang yang terlihat stabil, sebelum dan saat bulan Ramadan. Hal ini memperlihatkan bahwa konsumsi konten mobile telah menjadi bagian signifikan yang menemani masyarakat Indonesia bersantap.

Ramadan Memotivasi Masyarakat untuk Membaca 

Selagi masyarakat Indonesia mencoba untuk mengurangi aktivitas fisik untuk menjaga energi di bulan suci Ramadan, mereka terlihat lebih aktif dalam hal lainnya--mereka lebih banyak memberikan “Like” pada konten yang mereka konsumsi dan juga lebih aktif untuk menunjukkan dan bertukar opini.

Laporan ini menunjukkan bahwa pengguna di Indonesia 10.13% lebih aktif untuk menekan tombol “Like”, memberikan komentar dan berbagi konten yang mereka konsumsi selama bulan Ramadan, dibandingkan periode normal.

Betul, Masyarakat Indonesia Mengonsumsi Lebih Banyak Konten yang Berhubungan dengan Ramadan Selama Bulan Suci

Ada anggapan yang mengatakan bahwa masyarakat Indonesia akan lebih banyak mencari informasi yang berhubungan dengan aktivitas selama bulan Ramadan, termasuk bagaimana meningkatkan pertumbuhan iman, bagaimana menjaga energi dan tetap sehat selama berpuasa, mode dan busana Muslim yang tetap menjaga penampilan mereka, dan ide liburan selama momen Lebaran.

Anggapan ini sesuai dengan hasil laporan UC. Data menunjukkan bahwa kenaikan konsumsi bukan hanya terjadi untuk konten yang berhubungan dengan agama, namun juga pada konten yang berhubungan dengan mode, humor dan gaya hidup. Laporan ini juga sejalan dengan laporan Jakpat “Ramadan Browsing Activity”  yang juga mengatakan bahwa mereka yang mengakses konten selama Ramadan dibandingkan hari biasa, akan lebih banyak mengakses konten yang berhubungan dengan agama.

“Kami melihat permintaan konten digital untuk diakses melalui mobile di Indonesia bertumbuh secara signifikan sejalan dengan tren global,” jelas Donald.

COMMENTS

Name

bangkalan,2,Banyuwangi,171,Blitar,11,bojonegoro,2,Bondowoso,3,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,103,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,22,gaya hidup,67,Goverment News,240,Haji 2017,33,headline,180,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,21,Jombang,152,kajatizen,8,Kampus,70,kesehatan,6,khofifah,1,Klinik Kabarjatim,15,Makro mikro,10,Malang,2,metropolitan,32,NU,46,Olahraga,11,Otomotif,26,Pamekasan,3,Parlementaria,13,Partai Demokrat,4,Pasuruan,4,PDI Perjuangan,4,Pemprov Jatim,4,pendidikan,130,peristiwa,527,Pesantren,8,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,75,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,77,Politik&pemerintahan,111,polres jombang,73,Property,2,PSHM Jombang,2,Review Film,40,Sampang,47,Science,1,sektor riil,21,Seputar Jatim,205,Seputar Nusantara,51,Seputar Pilkada,24,Sidoarjo,1,slider,2,Softnews,48,Sumenep,3,surabaya,24,techno,41,TNI,36,Tokoh,5,Travel Food,50,
ltr
item
KabarJatim: Pengguna Internet Mobile di Indonesia Lebih Aktif Selama Ramadan
Pengguna Internet Mobile di Indonesia Lebih Aktif Selama Ramadan
https://1.bp.blogspot.com/-1-b2qITR2zk/WWSWDr6Mi6I/AAAAAAAAD9Y/ETobMRW79dcrqESpe6dfZXbvN0ahRN96QCLcBGAs/s320/Ramadan%2BSurvei.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-1-b2qITR2zk/WWSWDr6Mi6I/AAAAAAAAD9Y/ETobMRW79dcrqESpe6dfZXbvN0ahRN96QCLcBGAs/s72-c/Ramadan%2BSurvei.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/07/pengguna-internet-mobile-di-indonesia.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/07/pengguna-internet-mobile-di-indonesia.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy