UMD Universitas Jember Masuk Produk Inovatif Indonesia 2017

Baca Juga :

JEMBER - Setelah mendapatkan apresiasi dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, kini Program Universitas Membangun Desa (UMD) Universitas Jember terpilih sebagai 22 Program Inovatif Indonesia 2017, dalam ajang Inovasi Indonesia Forum dan Expo 2017 yang diadakan di Jakarta Convention Center.

Ajang Inovasi Indonesia Forum dan Expo 2017 digagas oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, serta United Nations Development Programme (UNDP). Tema yang diambil tahun ini adalah “Kolaborasi Pemerintah Daerah Untuk Pencapaian SDGs”.

“Alhamdulillah, Program UMD Universitas Jember terpilih sebagai 22 Program Inovatif Indonesia 2017, yang lebih membanggakan lagi kami satu-satunya yang berasal dari perguruan tinggi di Indonesia,” cerita Hermanto Rachman, Direktur Program UMD Universitas Jember saat ditemui di kampus Tegalboto (25/7).

Menurut Hermanto, ajang Inovasi Indonesia Forum dan Expo 2017 adalah ajang tahunan bagi segenap stake holder pelaksana program Suistanable Development Goals (SDGs) di Indonesia. Yang terdiri dari pihak pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, perguruan tinggi, pemberi dana maupun pihak lainnya. Ajang ini digelar dalam rangka memperkenalkan praktik-praktik inovatif yang telah dilakukan. SDGs sendiri adalah program UNDP dalam rangka menurunkan angka kemiskinan, pemberantasan gizi buruk pada anak, penyediaan akses air bersih dan program lainnya.    

Hermanto lantas menambahkan, terpilihnya Program UMD tidak lepas dari keberhasilan pembangunan Program Sistem Administrasi dan Informasi Desa (SAID) di Bondowoso, yang dimotori para mahasiswa kampus Tegalboto melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2016 lalu.

Dari semula hanya sepuluh desa yang melaksanakan SAID, kini bertambah menjadi 81 desa, bahkan sudah ada desa yang mampu mengelola potensi desanya. Salah satu desa tersebut adalah Desa Glingseran Kecamatan Wringin yang kini terkenal sebagai Desa Wisata dengan destinasi wisata berupa mata air Dewi Rengganis.

“Program UMD Universitas Jember dengan program SAID-nya dinilai mampu menjadi sarana untuk menurunkan angka kemiskinan dengan membangun basis data di desa, sekaligus mendorong desa untuk menggali potensinya masing-masing melalui Badan Usaha Milik Desa. Apalagi saat ini desa bakal menerima Dana Desa,” jelas Hermanto.

Selama pelaksanaan Program UMD, mahasiswa yang diterjunkan melalui program KKN melatih sumber daya manusia, membangun infrastruktur sekaligus mengembangkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan desa. “Dalam sesi pemaparan program, para hadirin terkesan dengan kemampuan mahasiswa kita yang mampu mendorong masyarakat desa di Bondowoso untuk berdaya melalui tahapan Desa Bersuara, Desa Mandiri Data, hingga tahapan Desa dengan Pelayanan Berbasis Data,” jelas dosen FISIP ini.

Program UMD juga membuktikan bahwa sinergi yang baik antara perguruan tinggi, pemerintah daerah, masyarakat serta lembaga swadaya masyarakat akan mampu memenuhi target SDGs. Mengingat perguruan tinggi memiliki keunggulan berupa sumber daya manusia, riset, teknologi tepat guna, dan mahasiswa yang diharapkan menjadi motor perubahan di Indonesia.

“Saat di Jakarta kemarin, program UMD Universitas Jember menuai banyak pujian dan banyak yang ingin mereplikasikan program ini, oleh karena itu saya berharap di kampus Tegalboto ada semacam pusat informasi mengenai program maupun hasil riset yang sudah berhasil diterapkan di masyarakat, sehingga mudah diakses banyak pihak,” tutur Hermanto lagi.

Pernyataan Hermanto ini bukan tanpa alasan, sebab beberapa Pemkab sudah tertarik mengadopsi Program UMD seperti Situbondo dan Jember. “Bahkan tanggal 29 Juli nanti kami diundang  untuk menjelaskan Program UMD oleh Pemkab Pasuruan dalam acara Sarasehan Tani yang akan digelar di Prigen,” pungkasnya.

COMMENTS

Name

bangkalan,2,Banyuwangi,171,Blitar,9,Bondowoso,3,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,96,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,22,gaya hidup,63,Goverment News,216,Haji 2017,32,headline,169,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,18,Jombang,149,kajatizen,8,Kampus,62,kesehatan,4,khofifah,1,Klinik Kabarjatim,15,Makro mikro,10,Malang,1,metropolitan,32,NU,43,Olahraga,6,Otomotif,25,Pamekasan,3,Parlementaria,13,Partai Demokrat,4,PDI Perjuangan,3,Pemprov Jatim,4,pendidikan,122,peristiwa,489,Pesantren,8,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,71,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,75,Politik&pemerintahan,111,polres jombang,71,Property,2,PSHM Jombang,2,Review Film,40,Sampang,41,Science,1,sektor riil,21,Seputar Jatim,204,Seputar Nusantara,48,Seputar Pilkada,24,Sidoarjo,1,slider,2,Softnews,47,Sumenep,3,surabaya,23,techno,35,TNI,30,Tokoh,4,Travel Food,50,
ltr
item
KabarJatim: UMD Universitas Jember Masuk Produk Inovatif Indonesia 2017
UMD Universitas Jember Masuk Produk Inovatif Indonesia 2017
https://3.bp.blogspot.com/-oT10Er5pe6A/WXc-KyT8VHI/AAAAAAAAEJA/Cw3PTdnNlJkPuPy2s4yMaMwJA2wXewQjwCLcBGAs/s320/Hermanto%2Bunej.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-oT10Er5pe6A/WXc-KyT8VHI/AAAAAAAAEJA/Cw3PTdnNlJkPuPy2s4yMaMwJA2wXewQjwCLcBGAs/s72-c/Hermanto%2Bunej.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/07/umd-universitas-jember-masuk-produk.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/07/umd-universitas-jember-masuk-produk.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy