5 Kopi Teraneh di Dunia, dari Muntahan Musang hingga Makanan Burung Langka

Baca Juga :

SURABAYA – Biji kopi bercita rasa enak sudah biasa bagi coffee lovers. Beberapa dari pencinta kopi pun mencoba sensasi baru dari beragam biji kopi yang sumbernya ‘aneh’.

Homegrounds.co melansir terdapat lima biji kopi teraneh yang patut dicoba. Pilihan mereka bukan karena rasa semata, tapi biji kopi yang aneh layak dicoba karena rasa, aroma, dan ritual minumnya unik.

1.Kopi muntahan musang

Beberapa orang merasa tak cocok minum kopi yang berasal dari biji yang dihasilkan area perut musang. Kopi dari muntahan musang ini diklaim bisa menjadi alternatif bagi yang tak menggemari biji kopi ‘aneh’ seperti kopi luwak (civet cofffe).

Rata-rata musang yang dikondisikan memuntahkan kembali biji kopi ini mengonsumsi kopi Vietnam. Keunikan rasanya terletak dari sesapan manis ala buah ceri yang dihasilkan setelah musang hanya menelannya sebentar kemudian dimuntahkan kembali lewat mulut. Sehingga penggemar kopi tak merasa jijik membayangkan kopi yang keluar bersamaan dengan kotoran musang.

Kopi muntahan musang ini pun tak di-branding sebagai kopi berasa ‘yummy’. Bagi yang ingin mencobanya bakal menemukan cita rasa enak dan unik di lidah.



2. Kopi Bercita Rasa Terkuat (Death Wish Coffee)

Merasa terintimidasi dengan nama merek dan gambarkemasan Death Wish Coffe? Pasti, karenabiji kopi ini memang berkarakter rasa sangat kuat. Jika kamu seorang peminum kopi yang butuh empat gelas espresso di pagi hari, maka Death Wish Coffee adalah jawabannya. Segmennya adalah pecinta kopi kelas berat.

Proses giling yang unik dan campuran dari beberapa jenis biji. Bahkan para peracik kopi berani mengembalikan uang pembelian jika si pemesan merasa kopi ini tak berasa kuat.




3. Kopi Vanilla Monyet

Jangan merasa bingung dengan nama kopi ini. Sejatinya biji kopi asalnya dari hasil cernaan hewan primata ini.

Yang bikin ketagihan adalah rasa vanila alami dari bijinya. Biji kopi dari Taiwan ini juga hasil perburuan para petani. Mereka mengejar monyet yang berkeliaran agar mau memuntahkan biji kopi dari perut dan kerongkongan. Sungguh sebuah petualangan menantang untuk mendapatkan biji kopi pilihan.

Proses sulit mendapatkan biji kopi dari monyet inilah yang membuat penggemar kopi ekstrem merogoh kocek dalam-dalam. Lantaran varian ini sudah ditemui di pasar kopi lokal. Hanya segelintir orang yang dapat membeli dan menikmati cita rasa vanilla kopi monyet.


4. Kopi Malabar Musim Muson India

Musim muson yang dingin menginspirasi cita rasa kopi dari daerah Malabar, India ini. Sangat.. sangat basah itulah kesan pertama lidah ketika menyesapnya.
Ketika tahu bagaimana rasa itu timbul dari sebiji kopi Malabar, penikmatnya bakal menghargai prosesnya. Rasa kopi nan unik ini awalnya terbentuk karena ditempa berbagai kelembapan daerah yang dilalui selama proses pengiriman, dari udara pegunungan hingga ke berbagai derajat udara lebih tinggi ataupun rendah.

Namun, ketika proses tersebut dimodifikasi dan dimodernisasi tanpa melalui cara alami perjalanan tadi, rasa unik itu lenyap seketika. Beberapa petani India pun mencari cara lain agar rasa unik itu terbentuk memanfaatkan faktor cuaca untuk membentuk kelembapan alami. Hasilnya ternyata sama dengan tempaan selama perjalanan tadi.







5. Kopi Burung Jacu

Daftar kopi-kopi teraneh di dunia tak lengkap tanpa menyebutkan kopi dari biji yang ditelan dan diekskresi oleh burung-burung langka asal Brasil, Jacu.

Diproduksi di perkebunanEspirito Santo, Pedra Azul, kopi istimewa ini ditemukan oleh Henrique Sloper. Henrique mengaku kalau dirinya terinspirasi setelah mencicipi kopi luwak saat tinggal di Indonesia.

Suatu hari, Henrique mendapati tanah perkebunan kopinya diserbu burung jacu. Buah kopi di lahan miliknya habis dimakan burung-burung yang terancam punah itu. Padahal biasanya burung jacu tak memakan buah kopi. Ternyata mereka tertarik datang makan biji kopi karena lahannya subur dengan pupuk kandang dari kotoran sapi dan urin rusa.

Yup, burung Jacu memang jenis unggas pemilih makanan yang hanya mengonsumsi biji kopi terenak. Biji kopi yang dikeluarkan melalui kotoran burung pun ditadah oleh para petani untuk dibersihkan dan diolah dengan rasa unik. Jenis kopi ini pun hanya diproduksi sekitar 300 kilogram per tahunnya dengan harga jutaan rupiah per gramnya.

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,175,Blitar,13,bojonegoro,7,Bondowoso,13,Bulog,1,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,129,edinarcoin,10,ekonomi,4,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,81,Goverment News,281,gresik,1,gubernur,1,Gus Ipul,5,Haji 2017,33,hanura,1,headline,207,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,jakarta,2,Jember,29,Jombang,180,kajatizen,10,Kampus,78,kediri,1,kesehatan,13,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Kodam V Brawijaya,1,KPU Jatim,1,Makro mikro,10,Malang,8,metropolitan,35,Natal,3,new terios,1,NU,55,Olahraga,20,Otomotif,30,Pacitan,1,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,12,PDI Perjuangan,6,Pemprov Jatim,6,pendidikan,144,peristiwa,688,Pesantren,9,Piala presiden,1,Pilbup Bondowoso,4,Pilgub Jatim,117,PLN,1,PLN Jatim,2,PMII,3,PNS,1,polda jatim,2,Polhukam,87,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,78,Polrestabes surabaya,1,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,55,Science,1,sektor riil,26,sembako,1,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,65,Seputar Pilkada,38,Sidoarjo,2,Slank,2,slider,2,Softnews,54,Sumenep,4,surabaya,36,techno,51,TNI,53,Tokoh,6,Tol,3,Travel Food,60,wagub,2,
ltr
item
KabarJatim: 5 Kopi Teraneh di Dunia, dari Muntahan Musang hingga Makanan Burung Langka
5 Kopi Teraneh di Dunia, dari Muntahan Musang hingga Makanan Burung Langka
https://4.bp.blogspot.com/-4gcv8uKmCD8/WaQPGsv4_YI/AAAAAAAAE5M/jWvxWMwvhfs4cdy7dP9hScRB921oXj_zwCLcBGAs/s320/Kopi%2BCover.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-4gcv8uKmCD8/WaQPGsv4_YI/AAAAAAAAE5M/jWvxWMwvhfs4cdy7dP9hScRB921oXj_zwCLcBGAs/s72-c/Kopi%2BCover.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/08/5-kopi-teraneh-di-dunia-dari-muntahan.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/08/5-kopi-teraneh-di-dunia-dari-muntahan.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy