Intercultural Competence, Kunci Menguasai Bahasa Asing

Baca Juga :

BELAJAR bahasa, adalah juga belajar memahami budaya, lantaran bahasa dan budaya adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Kesadaran untuk memahami budaya saat belajar sebuah bahasa asing inilah yang kemudian melahirkan istilah Intercultural Competence dalam kajian bahasa.

Guna memberikan pemahaman mengenai Intercultural Competence, Unit Pelayanan Teknis (UPT) Bidang Studi Pusat Bahasa Universitas Jember menggelar seminar bertajuk “Enhancing Student’s English Proficiency in Multicultural Classroom”. Workshop yang digelar selama dua hari ini (9-10/8) di Gedung Soerachman ini adalah hasil kerjasama antara Universitas Jember dengan Shantou University Guangdong, China. 

Dalam sambutannya, Dr. Aan Erlyana Fardhani, Kepala UPT Bidang Studi Pusat Bahasa menjelaskan seminar ini digelar dalam rangka memberikan pencerahan kepada para pengajar bahasa, sekaligus meningkatkan kompetensi.

“Saat ini Intercultural Competence adalah tren terbaru dalam pengajaran bahasa asing, oleh karena itu kami selaku pengajar bahasa dituntut untuk terus meningkatkan kemampuan agar mampu meningkatkan kemampuan peserta didik,” ujar Aan Erlyana yang juga dosen di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Jember ini.

Workshop menghadirkan empat pembicara dari Lembaga Bahasa Shantou University, mereka adalah Brandon David Castrejon, Ricardo Ribeiro, Ravi Dutt Sharma, dan Shi Zheng Zhang. Dalam pemaparan materinya, Brandon David Castrejon menjelaskan, bahwa bahasa dan budaya tak pernah dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia, terutama dalam dunia pendidikan bahasa itu sendiri.

“Intercultural Competence mengedepankan pengembangan kemampuan berbahasa secara komunikatif, dengan mendorong peserta untuk aktif memahami praktik berbudaya, tentunya melalui bahasa. Intercultural Competence juga diharapkan menjadi jembatan antara budaya dari pembelajar bahasa dengan budaya target dari bahasa yang dipelajari,” jelasnya.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh, Zulfikar, Wakil Rektor I bidang akademik, kemahasiwaan dan alumni Universitas Jember. Dalam sambutannya, Zulfikar mengharapkan agar jalinan kerjasama antara Universitas Jember dengan Shantou University terus berkembang, tidak hanya di bidang pengembangan bahasa saja.

Peserta yang turut berpartisipasi sebanyak 89 peserta yang terdiri dari 35 dosen bahasa di Kampus Tegalboto Universitas Jember. Sementara itu peserta lain yang hadir berasal dari Politeknik Negeri Banyuwangi, Politeknik Negeri Jember, IAIN Jember, Universitas Islam Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, dan para guru bahasa dari SMA di daerah Jember dan Besuki Raya.

COMMENTS

Name

bangkalan,2,Banyuwangi,171,Blitar,11,bojonegoro,2,Bondowoso,3,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,103,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,22,gaya hidup,66,Goverment News,240,Haji 2017,33,headline,180,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,21,Jombang,152,kajatizen,8,Kampus,70,kesehatan,6,khofifah,1,Klinik Kabarjatim,15,Makro mikro,10,Malang,2,metropolitan,32,NU,46,Olahraga,11,Otomotif,26,Pamekasan,3,Parlementaria,13,Partai Demokrat,4,Pasuruan,4,PDI Perjuangan,4,Pemprov Jatim,4,pendidikan,130,peristiwa,527,Pesantren,8,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,75,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,77,Politik&pemerintahan,111,polres jombang,73,Property,2,PSHM Jombang,2,Review Film,40,Sampang,47,Science,1,sektor riil,21,Seputar Jatim,205,Seputar Nusantara,51,Seputar Pilkada,24,Sidoarjo,1,slider,2,Softnews,48,Sumenep,3,surabaya,24,techno,41,TNI,36,Tokoh,5,Travel Food,50,
ltr
item
KabarJatim: Intercultural Competence, Kunci Menguasai Bahasa Asing
Intercultural Competence, Kunci Menguasai Bahasa Asing
https://1.bp.blogspot.com/-RAxPOXNLtXA/WYwKnbJbBeI/AAAAAAAAEXw/fXQh4f_BL3QM1drml9hURcQ2dANRMTKIQCLcBGAs/s320/International%2BWorkshop.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-RAxPOXNLtXA/WYwKnbJbBeI/AAAAAAAAEXw/fXQh4f_BL3QM1drml9hURcQ2dANRMTKIQCLcBGAs/s72-c/International%2BWorkshop.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/08/intercultural-competence-kunci.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/08/intercultural-competence-kunci.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy