Kaum Terpelajar Menghormati Perbedaan

Baca Juga :

JEMBER - Di sela-sela kesibukannya memimpin Kabupaten Lumajang, Bupati, Drs. As’at, M.Ag berkesempatan memberikan kuliah umum bagi mahasiswa baru Kampus 3 Universitas Jember di Lumajang (16/8).

Dalam kuliah bertema NKRI dan Pluralisme, Bupati Lumajang mengingatkan seluruh mahasiswa, bahwa salah satu ciri kaum terpelajar adalah menghormati perbedaan.

“Perbedaan itu selalu ada, baik perbedaan suku, agama, bahasa atau adat istiadat, perbedaan ada bukan untuk dipertentangkan namun justru menjadi sarana kita untuk saling belajar. Maka sudah seharusnya sebagai kaum terpelajar, para mahasiswa menghormati perbedaan,” pesannya.

Di hadapan 84 orang mahasiswa baru angkatan 2017 Program Studi Diploma 3 Keperawatan, As’at lantas menyitir Al Qur’an, surat Al Hujurat ayat 13 yang menjelaskan bahwa Allah SWT memang menciptakan manusia berbangsa-bangsa agar saling mengenal, dan manusia yang terbaik adalah manusia yang paling takwa.

“Dari ayat tersebut kita bisa belajar bahwa manusia diharapkan berlomba-lomba untuk berbuat baik, atau dalam istilah agama dikenal sebagai fastabiqul khairat. Dan bukan malah memaksa orang lain agar ikut apa yang menjadi keinginan kita, ingat orang yang terbaik adalah yang paling takwa kepada-Nya,” imbuh bupati yang juga kiai ini.

Ditemui seusai acara, mantan guru SMAN 2 Lumajang ini lantas berharap agar keberadaan Kampus 3 Universitas Jember di Lumajang makin berkembang, sehingga tidak hanya membuka Program Studi Diploma 3 Keperawatan. Pasalnya Lumajang juga memiliki banyak potensi yang memerlukan sentuhan sumber daya manusia yang kompeten.

“Lumajang kini terus berbenah, misalnya kami memiliki banyak destinasi wisata unggulan seperti Pura Mandara Giri di Senduro, begitu pula potensi pertanian dan peternakan yang ada,” tuturnya.

Harapan Bupati Lumajang disambut oleh Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember yang melantik dan sekaligus membuka kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2). Menurutnya Universitas Jember berencana menjadikan Kampus 3 di Lumajang sebagai kampus vokasi Universitas Jember.

“Kami berencana membuka berbagai program studi vokasi di bidang kesehatan di Kampus 3 ini, namun tentu saja tidak menutup kemungkinan membuka program studi lain yang dibutuhkan oleh Kabupaten Lumajang. Intinya kami ingin bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang dan stake holder lainnya,” kata Moh. Hasan.      

Sebelumnya, dalam sambutan pelantikannya, Rektor Universitas Jember meminta para mahasiswa baru untuk memanfaatkan kesempatan menuntut ilmu di bangku perguruan tinggi, dengan selalu giat belajar dan memperdalam keterampilan sebagai seorang perawat.

Moh. Hasan secara simbolis lantas menyematkan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa baru, yakni Bagus Hariyanto yang berasal dari Umbulsari, Jember dan Kharisma Nur Azizah, yang asli Purbalingga, Jawa Tengah.

Dalam acara yang diadakan di aula Kampus 3 Universitas Jember di Lumajang ini, Zulfikar, Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Universitas Jember, melaporkan bahwa dari 90 peserta yang diterima di Program Studi Diploma 3 Keperawatan melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) gelombang II, sebanyak 84 orang melaksanakan daftar ulang. Dari jumlah mahasiswa baru tersebut, 74 mahasiswa berasal dari Lumajang.

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,171,Blitar,11,bojonegoro,3,Bondowoso,3,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,105,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,22,gaya hidup,69,Goverment News,243,Haji 2017,33,headline,183,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,21,Jombang,152,kajatizen,8,Kampus,70,kesehatan,6,khofifah,1,Klinik Kabarjatim,15,Makro mikro,10,Malang,2,metropolitan,32,NU,48,Olahraga,11,Otomotif,26,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,5,PDI Perjuangan,4,Pemprov Jatim,4,pendidikan,130,peristiwa,537,Pesantren,8,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,81,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,79,Politik&pemerintahan,111,polres jombang,73,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,41,Sampang,48,Science,1,sektor riil,22,Seputar Jatim,205,Seputar Nusantara,52,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,1,slider,2,Softnews,48,Sumenep,3,surabaya,24,techno,41,TNI,36,Tokoh,5,Travel Food,50,
ltr
item
KabarJatim: Kaum Terpelajar Menghormati Perbedaan
Kaum Terpelajar Menghormati Perbedaan
https://3.bp.blogspot.com/-YbBNHWz1px4/WZXZy8X7pzI/AAAAAAAAEmQ/SM-BdW_0-cI-zqOKGVBmUDAMpPRhgNwnACLcBGAs/s320/Bupati%2BLumajang.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-YbBNHWz1px4/WZXZy8X7pzI/AAAAAAAAEmQ/SM-BdW_0-cI-zqOKGVBmUDAMpPRhgNwnACLcBGAs/s72-c/Bupati%2BLumajang.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/08/kaum-terpelajar-menghormati-perbedaan.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/08/kaum-terpelajar-menghormati-perbedaan.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy