Medsos Mendorong Nihilisme Moralitas Politik dan Asosial

Baca Juga :

SURABAYA - Perkembangan dan dampak penggunaan media sosial yang masif, khususnya dalam politik mendapat tanggapan serius dari para akademisi komunikasi yang tergabung dalam Aspikom Jawa Timur.

Dalam acara bedah buku turn back hoax  Aspikom Jawa Timur di Kampoeng Ilmu Surabaya, pengurus Aspikom Jatim, Surokim Abdussalam mengatakan saat ini masyarakat semakin permisif terhadap pelanggaran di media sosial, etik tidak populer dan menjadi pegangan dikalangan anak muda, serta pertahanan diri mereka lemah dalam menerima, merespons dan memverifikasi informasi.

"Generasi Z sangat cepat mengakses media, tetapi tidak memiliki ketahanan literasi yang cukup hingga membuat mereka rentan terhadap isi media sosial, mereka tidak memiliki kemampuan menahan diri, melakukan verifikasi terhadap informasi hoax dan fake,  bahkan kecenderungan mereka untuk asosisal dan kasus bunuh diri semakin banyak, fenomena ini sangat mengkhawatirkan" jelas Surokim dalam acara yang diselenggarakan Prodi Komunikasi Ubhara ini.

Saat ini kalangan menengah tumbuh pesat, penggunaan medsos semakin massif tetapi pertahanan diri untuk menjadi konsumen media yang cerdas terasa diabaikan.

Banyak isi media sosial yang hanya olok-olok, fitnah dan penuh informasi hoax serta fake. Kita semakin permisif dan toleran terhadap pelanggaran hingga menurunkan standar moral. Medsos menurut surokim hanya mengejar aktualitas, kecepatan, sensitivitas, hingga menurunkan kualitas moralitas ruang publik.

"Pertanggungjawaban sosial rendah, pengendalian diri rendah, kita dibawa ke situasi dimana informasi muncul dalam gosip, desas desus, dan juga hoax dan fake tanpa ada yg bisa mengendalikan.Medsos hanya mengejar kontroversi, memecah belah,  dan konflik sebagai barang dagangan. Sementara kita semakin lelah dan energi kita tersedot habis hingga kita terseret dan larut dalam situasi apatis, kita semakin permisif atas pelanggaran-pelanggaran etika dan moral yg seharusnya bisa menjadi sandaran kehidupan bersama dan sikap permisif itu menjadikan kita terhadap pelanggaran sebagai sesuatunya wajar, bahkan menjadi pola perilaku bersama," ungkapnya.

Moh. Fadli menambahkan bahwa respek kepada sesama di medsos semakin menipis berganti menjadi ajang riuh olok olok dan saling hujat dan medsos kita riuh akan permusuhan dan konflik.

“Ini akan menjadi tsunami bencana informasi yang akan terus berlangsung jika tidak segera diantisipasi dan dicarikan solusi,” ungkapnya.

Generasi Z menurut Fadli seharusnya menjadi prioritas utama kelompok  sasaran yang harus memiliki kemampuan literasi media.

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,171,Blitar,11,bojonegoro,3,Bondowoso,3,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,106,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,22,gaya hidup,69,Goverment News,244,Haji 2017,33,headline,183,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,21,Jombang,152,kajatizen,8,Kampus,70,kesehatan,6,khofifah,1,Klinik Kabarjatim,15,Makro mikro,10,Malang,3,metropolitan,32,NU,50,Olahraga,11,Otomotif,26,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,5,PDI Perjuangan,4,Pemprov Jatim,4,pendidikan,131,peristiwa,543,Pesantren,8,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,82,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,80,Politik&pemerintahan,112,polres jombang,73,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,41,Sampang,48,Science,1,sektor riil,22,Seputar Jatim,205,Seputar Nusantara,52,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,1,slider,2,Softnews,48,Sumenep,3,surabaya,24,techno,41,TNI,39,Tokoh,5,Travel Food,51,
ltr
item
KabarJatim: Medsos Mendorong Nihilisme Moralitas Politik dan Asosial
Medsos Mendorong Nihilisme Moralitas Politik dan Asosial
https://2.bp.blogspot.com/-7EByTvVR7jI/WZhvjdvtFSI/AAAAAAAAEqE/34s02gtuNsM3MF85EVE8CMR96wAMPXG0wCLcBGAs/s320/Turn%2BBack%2BHoax.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-7EByTvVR7jI/WZhvjdvtFSI/AAAAAAAAEqE/34s02gtuNsM3MF85EVE8CMR96wAMPXG0wCLcBGAs/s72-c/Turn%2BBack%2BHoax.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/08/medsos-mendorong-nihilisme-moralitas.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/08/medsos-mendorong-nihilisme-moralitas.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy