Pakar Kebakaran Asal Australia Berbagi Ilmu Manajemen Bencana di Jember

Baca Juga :

JEMBER - Stephen Sutton, pakar kebakaran semak asal Charles Darwin University, Darwin, Australia, mengungkapkan fakta menarik terkait hubungan antara politik dan manajemen bencana.

Menurutnya, dari pengalaman di Australia, politikus yang berasal dari wilayah utara Australia yang sering dilanda bencana memiliki pandangan berbeda mengenai manajemen bencana dibandingkan koleganya, sesama politikus yang berasal dari wilayah selatan Australia yang  jarang dilanda bencana.

Stephen Sutton hadir memberikan kuliah umum mengenai manajemen kebencanaan kepada mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember, dosen, serta relawan peduli bencana yang tergabung dalam Komunitas Relawan Kampus (Korrek) Universitas Jember (18/8).

Menurut peneliti yang pernah menduduki jabatan sebagai Direktur Northern Teritory Goverment Australia Bush Fire Departement ini, politikus yang berasal dari wilayah utara Australia berpandangan bencana seperti kebakaran semak belum tentu hal yang negatif, tergantung dari kasusnya dulu. Namun sebaliknya, politikus dari wilayah selatan Australia umumnya berpandangan bencana kebakaran semak adalah hal negatif.

“Pandangan ini berpengaruh terhadap cara menangani bencana. Misalnya politikus dari wilayah selatan Australia lebih memilih cara konvensional dengan pengerahan alat dan tenaga seperti teknik water bombing dengan pesawat yang ongkosnya mahal,” jelasnya.

Stephen Sutton lantas menjelaskan, para ahli kebencanaan seperti dirinya lebih memilih untuk melihat bencana seperti kebakaran semak secara kasus per kasus sebab tidak semua kebakaran semak berakibat negatif.

“Namun yang harus dibangun adalah basis data seperti potensi bencana, jumlah hot spot, dan memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat akan bahaya bencana serta cara menanganinya,” imbuh peneliti yang juga aktif meneliti bencana tsunami di Simeule, Aceh ini.

Pemaparan Stephen Sutton mendapatkan tanggapan dari Joko Mulyono, pembina Korrek Universitas Jember. Menurutnya Australia dan Indonesia sama-sama menghadapi ancaman bahaya kebakaran, namun karakteristiknya sedikit berbeda. Bedanya, umumnya kebakaran semak di Australia lebih banyak disebabkan oleh faktor alam, sementara kebakaran lahan di Indonesia lebih banyak dikarenakan faktor manusia.

“Untuk itu pola manajemen bencana untuk kasus kebakaran lahan antara Australia dan Indonesia memang berbeda, kita perlu lebih aktif memberikan pemahaman kepada warga sekaligus memberikan alternatif sumber penghasilan  karena umumnya motif pembakaran lahan erat kaitannya dengan faktor ekonomi,” kata dosen Program Studi Sosiologi FISIP Universitas Jember ini.

Sebelumnya dalam sambutan pembukaan kuliah umum, Hadi Prayitno, Wakil Dekan I FISIP menyambut gembira kegiatan kali ini, karena diharapkan akan memberikan prespektif baru khususnya bagi mahasiswa baru.

“Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus tahun ini sungguh istimewa, pasalnya para mahasiswa baru mendapatkan kuliah umum dari pakar dari Australia. Semoga kegiatan kali ini akan berlanjut dan berkembang dengan kerjasama lainnya antara FISIP Universitas Jember dengan Charles Darwin University,” pungkasnya.

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,171,Blitar,11,bojonegoro,3,Bondowoso,3,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,107,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,22,gaya hidup,69,Goverment News,244,Haji 2017,33,headline,184,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,21,Jombang,152,kajatizen,8,Kampus,71,kesehatan,7,khofifah,1,Klinik Kabarjatim,15,Makro mikro,10,Malang,3,metropolitan,32,NU,51,Olahraga,11,Otomotif,26,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,5,PDI Perjuangan,4,Pemprov Jatim,4,pendidikan,131,peristiwa,545,Pesantren,8,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,82,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,80,Politik&pemerintahan,112,polres jombang,73,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,41,Sampang,48,Science,1,sektor riil,22,Seputar Jatim,205,Seputar Nusantara,52,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,1,slider,2,Softnews,48,Sumenep,3,surabaya,24,techno,41,TNI,39,Tokoh,5,Travel Food,51,
ltr
item
KabarJatim: Pakar Kebakaran Asal Australia Berbagi Ilmu Manajemen Bencana di Jember
Pakar Kebakaran Asal Australia Berbagi Ilmu Manajemen Bencana di Jember
https://3.bp.blogspot.com/-8U0UypGaivA/WZrS-htzbFI/AAAAAAAAEv0/B3YkJqUZ-oURdAnSr5Oi5NUePGLStUryQCLcBGAs/s320/Pakar%2BAussie.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-8U0UypGaivA/WZrS-htzbFI/AAAAAAAAEv0/B3YkJqUZ-oURdAnSr5Oi5NUePGLStUryQCLcBGAs/s72-c/Pakar%2BAussie.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/08/pakar-kebakaran-asal-australia-berbagi.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/08/pakar-kebakaran-asal-australia-berbagi.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy