Video Calhaj Gagal Ginjal Viral, Begini Duduk Masalah Sebenarnya

Baca Juga :

JAKARTA -  Video batalnya calon jamaah haji asal Padang, Ramli (62), ke tanah suci akibat vonis gagal ginjal stadium 4 ramai di media sosial Instagram dan Facebook.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @soenandarboedi itu terlihat Ramli beserta istrinya memprotes petugas karena tidak diperkenankan berangkat haji.

Istri Ramli bersikukuh suaminya siap untuk pergi ke Tanah Suci meski menderita penyakit gagal ginjal. Netizen pun ramai-ramai merespons, mulai dari komentar membenarkan keputusan tim kesehatan haji sampai menghujat dengan dalih menghalangi hamba Allah beribadah ke tanah suci.

Dalam kaitan ini, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menyatakan bahwa penetapan istithaah kesehatan haji bukan untuk menghambat calon jamaah berangkat ke Tanah Suci, tapi untuk menata mereka agar dapat melaksanakan ibadah dengan sehat dan sesuai ketentuan.

“Yang diutamakan adalah pembinaan kesehatan. Jadi bukan membatasi. Tetapi mengupayakan agar kemampuannya kembali sehat dan mampu,” terang Menkes melalui siaran pers yang diterima Kabarjatim.com.

Lontaran senada juga disampaikan Kepala Pusat Kesehatan Haji dr. Eka Jusuf Singka. Dia menegaskan, peristiwa seperti itu tidak hanya terjadi pada satu orang.

“Sebenarnya ini bukan yang pertama. Sejak tahun 2016 memang ada Peraturan Menteri Kesehatan yang mengatur tentang istithaah kesehatan. Itu ada dalam Permenkes 15 Tahun 2016,” terangnya.
Ditambahkan, dalam Permenkes Nomor 15 Tahun 2016 tertulis penyakit-penyakit yang tidak memenuhi syarat istithaah, salah satunya adalah gagal ginjal.

“Permenkes itu keluar atas evaluasi dari DPR, DPD, BPK, dan KPHI (Komisi Pengawas Haji Indonesia) yang menginginkan agar negara dalam hal ini Kementerian Kesehatan mengatur proses kesehatan jemaah haji,” imbuh dokter Eka.

Istithaah, sambung dia, ditetapkan sebagai upaya memperbaiki layanan jamaah haji. Istithaah atau kemampuan yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai Capacity atau Capability merupakan syarat wajib haji. Hal ini sesuai dalam QS Ali Imran ayat 97. Dalam surat tersebut dinyatakan bahwa ibadah haji merupakan kewajiban manusia kepada Tuhan bagi yang mampu (istithaah) mengadakan perjalanan ke Baitullah.

Kemampuan tersebut bukan hanya berupa ekonomi tetapi juga kemampuan dalam hal kesehatan. Istithaah kesehatan haji merupakan kemampuan kesehatan haji yang terukur untuk menjalankan rukun dan wajib haji. Maka yang tidak memenuhi syarat istithaah akan diyakini tidak memiliki kemampuan dalam menjalankan ibadah haji.

Permenkes 15 tahun 2016 tentang Istithaah menjelaskan bahwa istithaah adalah kemampuan melaksanakan ibadah haji secara fisik, mental dan perbekalan. Sedang istithaah kesehatan yakni kemampuan kesehatan jemaah haji secara kesehatan fisik dan mental dengan pemeriksaan kesehatan yang terukur.

Hasil pemeriksaan kesehatan menghasilkan empat kategori. Pertama, memenuhi syarat istithaah kesehatan. Kedua, memenuhi syarat istithaah kesehatan dengan pendampingan. Ketiga, tidak memenuhi syarat istithaah sementara, dan Keempat tidak memenuhi syarat istithaah.

Bagi jamaah yang tidak memenuhi istithaah kesehatan keberangkatan ke Tanah Suci ditunda sampai mampu. Alasannya sederhana, bahwa seseorang yang tidak mampu secara ekonomi dan perbekalan, Allah tak akan mewajibkannya. Cukup beribadah yang lain dan terus menerus bekerja. Kalau sakit ditunggu sampai sehat.

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,176,Blitar,13,bojonegoro,7,Bondowoso,13,Bulog,1,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,129,edinarcoin,10,ekonomi,8,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,82,Goverment News,288,gresik,1,gubernur,1,Gus Ipul,7,Haji 2017,33,hanura,1,headline,208,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,jakarta,2,Jember,30,Jombang,180,kajatizen,10,Kampus,80,kediri,1,kesehatan,15,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Kodam V Brawijaya,1,KPU Jatim,1,Makro mikro,10,Malang,9,metropolitan,35,Natal,3,new terios,1,NU,55,Olahraga,20,Otomotif,32,Pacitan,1,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,12,PDI Perjuangan,6,Pemprov Jatim,6,pendidikan,146,peristiwa,699,Pesantren,9,Piala presiden,1,Pilbup Bondowoso,5,Pilgub Jatim,122,PLN,1,PLN Jatim,2,PMII,3,PNS,1,polda jatim,2,Polhukam,89,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,78,Polrestabes surabaya,1,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,55,Science,1,sektor riil,26,sembako,1,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,65,Seputar Pilkada,38,Sidoarjo,2,Slank,2,slider,2,Softnews,55,Sumenep,4,surabaya,36,techno,52,TNI,53,Tokoh,6,Tol,3,Travel Food,60,wagub,2,
ltr
item
KabarJatim: Video Calhaj Gagal Ginjal Viral, Begini Duduk Masalah Sebenarnya
Video Calhaj Gagal Ginjal Viral, Begini Duduk Masalah Sebenarnya
https://1.bp.blogspot.com/-F0e1ZJNyblU/WYBf6PpnVLI/AAAAAAAAENM/0XUnrzBtwAQot3Y8Ov4Uout7aUG_9UNlQCLcBGAs/s320/Haji%2Bviral.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-F0e1ZJNyblU/WYBf6PpnVLI/AAAAAAAAENM/0XUnrzBtwAQot3Y8Ov4Uout7aUG_9UNlQCLcBGAs/s72-c/Haji%2Bviral.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/08/video-calhaj-gagal-ginjal-viral-begini.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/08/video-calhaj-gagal-ginjal-viral-begini.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy