Banyuwangi Mewakili Indonesia di Kompetisi Kota Wisata Bersih Se-ASEAN

Baca Juga :

BANYUWANGI - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menunjuk Banyuwangi sebagai wakil Indonesia dalam kompetisi Kota Wisata Bersih tingkat ASEAN (ASEAN Clean Tourist City Award – ACTC) 2017.
Dalam ajang tersebut, destinasi Banyuwangi akan bersaing dengan kota lain di Asia Tenggara untuk meraih penghargaan tertinggi bidang pariwisata di tingkat ASEAN tersebut.

“Ini kebanggan sekaligus tugas berat bagi kami sebagai salah satu wakil Indonesia dalam kompetisi wisata bersih se-Asia Tenggara. Meski tergolong pemain baru di bidang pariwisata, namun kami terus berupaya membenahi destinasi wisata kami, terutama kebersihannya” jelas Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Disampaikan Anas, Banyuwangi terpilih sebagai nominator kota wisata bersih lantaran sektor pariwisata di kabupaten berjuluk The Sunrise of Java itu terus bergeliat. Mengusung konsep ekoturisme, Banyuwangi berhasil mengembangkan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, pemberdayaan sosial budaya dan ekonomi masyarakat lokal.

Selain itu, kata Anas, Banyuwangi lima kali berturut-turut meraih Adipura, lambang supremasi kebersihan kota di Indonesia. Menurutnya, pariwisata tidak dapat dipisahkan dari faktor kebersihan lingkungan.

“Kalau lingkungan kotor, mustahil wisatawan akan masuk. Maka, kami selalu mendorong masyarakat untuk menjaga kebersihan, termasuk di tempat-tempat wisata. Bahkan tiga tahun terakhir kami terus menggelar festival toilet bersih sebagai bentuk kampanye kebersihan kami,” ujar Anas.

Ditambahkan Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pariwisata MY. Bramuda sejumlah obyek wisata Banyuwangi akan bersaing dengan ratusan obyek lain di Asia Tenggara. Obyek wisata yang terpilih adalah wisata bahari Bangsring Undewater di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo dan Grand New Watudodol (GWD), Desa Ketapang Kecamatan Kalipuro.

“Dua obyek itu kami pilih, karena pengelolanya memiliki visi yang sama dalam masalah kebersihan. Contohnya wisata Bangsring, secara periodik mereka mengajak penjaja di sekitar lokasinya kerja bakti membersihkan sampah lewat pengeras suara, terutama saat pengunjung ramai. Ini juga sebagai edukasi ke pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan,” jelas Bramuda.

Sekedar diketahui, pengelola wisata Bangsring Underwater yang tergabung dalam kelompok Nelayan Samudra Bhakti pada tahun ini berhasil meraih penghargaan Kalpataru bidang penyelamat lingkungan.
Kelompok nelayan ini dinilai sebagai pelopor dalam konvervasi laut karena berhasil mengubah perilaku dan budaya tangkap ikan para nelayan. Saat ini, kawasan perairan Pantai Bangsring yang menjadi basis kelompok nelayan itu telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Banyuwangi.

Ditambahkan Bramuda, penilaian kota wisata bersih ini didasarkan pada tujuh indikator. Yakni pengelolaan lingkungan, kebersihan, pengelolaan limbah, dan pembangunan kesadaran mengenai perlindungan lingkungan dan kebersihan. Juga, tersedianya ruang hijau, keselamatan, kesehatan, dan keamanan perkotaan, serta infrastruktur dan fasilitas pariwisata.

“Jadi lomba kota wisata bersih ASEAN ini tidak hanya fokus pada masalah sampah, namun juga masalah penunjang wisata lainnya. Di antaranya tata ruang kota yang rapi, pencegahan polusi, serta bebas dari gelandangan/pengemis,” pungkasnya. EKO

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,171,Blitar,11,bojonegoro,3,Bondowoso,3,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,106,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,22,gaya hidup,69,Goverment News,244,Haji 2017,33,headline,183,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,21,Jombang,152,kajatizen,8,Kampus,70,kesehatan,6,khofifah,1,Klinik Kabarjatim,15,Makro mikro,10,Malang,3,metropolitan,32,NU,50,Olahraga,11,Otomotif,26,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,5,PDI Perjuangan,4,Pemprov Jatim,4,pendidikan,131,peristiwa,543,Pesantren,8,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,82,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,80,Politik&pemerintahan,112,polres jombang,73,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,41,Sampang,48,Science,1,sektor riil,22,Seputar Jatim,205,Seputar Nusantara,52,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,1,slider,2,Softnews,48,Sumenep,3,surabaya,24,techno,41,TNI,39,Tokoh,5,Travel Food,51,
ltr
item
KabarJatim: Banyuwangi Mewakili Indonesia di Kompetisi Kota Wisata Bersih Se-ASEAN
Banyuwangi Mewakili Indonesia di Kompetisi Kota Wisata Bersih Se-ASEAN
https://2.bp.blogspot.com/-T1Lh8UZoesg/Wbx4MfdV8LI/AAAAAAAAFYw/HXmDia2PXrEbDB9OLn5A8AC4NdoeR-JWQCLcBGAs/s320/GWD.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-T1Lh8UZoesg/Wbx4MfdV8LI/AAAAAAAAFYw/HXmDia2PXrEbDB9OLn5A8AC4NdoeR-JWQCLcBGAs/s72-c/GWD.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/09/banyuwangi-mewakili-indonesia-di.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/09/banyuwangi-mewakili-indonesia-di.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy