Jokowi Dijadwalkan Buka Munas Alim Ulama dan Konbes NU

Baca Juga :

JAKARTA – Presiden Jokowi dijadwalkan membuka Musyawarah Nasional Alim Ulama & Konferensi Besar Nahdlatul Ulama pada Kamis 23 November 2017 pukul 13.00 WIB di Islamic Center Kota Mataram.

Musyawarah Nasional Alim Ulama & Konferensi Besar NU sendiri akan berlangsung pada Kamis hingga Sabtu, 23-25 November 2017 di lima pesantren Nusa Tenggara Barat, membahas sejumlah isu utama. Di antaranya tentang penggunaan dana haji untuk investasi serta ujaran kebencian.

“Sebagaimana penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, Munas Alim Ulama & Konbes NU didesain untuk menghasilkan keputusan-keputusan strategis dan fundamental bagi kemaslahatan umat, bagi keutuhan bangsa dan negara ini,” ujar Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj melalui siaran pers yang diterima Kabarjatim.com. 

Beberapa rangkaian acara seperti Pawai Budaya, Bazar UKM, dan Fashion Festival akan mengiringi prosesi opening ceremony.

Munas Alim Ulama & Konbes NU 2017 sebenarnya adalah dua forum berbeda. Namun keduanya kerap digelar dalam satu waktu penyelenggaraan. Forum ini merupakan permusyawaratan tertinggi kedua setelah Muktamar.

Forum ini membicarakan masalah-masalah keagamaan menyangkut kehidupan umat dan bangsa. Sebagai forum bahtsul masail akbar, Munas Alim Ulama membagi pembahasan masalah-masalah keagamaan ke dalam tiga kategori. Yaitu kategori Bahtsul Masail ad-Diniyyah al-Waqi’iyyah (Pembahasan masalah-masalah keagamaan aktual), Bahtsul Masail ad-Diniyyah al-Maudlu’iyyah (Pembahasan masalah-masalah keagamaan tematik), dan Bahtsul Masail ad-Diniyyah al-Qonuniyyah (Pembahasan masalah-masalah keagamaan berkaitan dengan perundang-undangan).

Sementara Konbes NU lebih membicarakan pelaksanaan keputusan-keputusan Muktamar, mengkaji perkembangan program, dan memutuskan Peraturan Organisasi. Dalam Konbes ini forum musyawarah dikerucutkan ke dalam dua komisi pembahasan khusus, yaitu Komisi Program dan Komisi Rekomendasi.

Jika kepesertaan Munas Alim Ulama secara terbuka mengundang dan melibatkan para alim ulama, pengasuh pondok pesantren, dan para pakar, maka kepesertaan dalam forum Konbes sifatnya lebih tertutup. Peserta Konbes dalam hal ini terdiri hanya anggota pleno Pengurus Besar dan Pengurus Wilayah saja.

Tentang Munas Alim Ulama & Konbes NU 2017

Munas Alim Ulama & konbes NU 2017 mengambil tema “Memperkokoh Nilai Kebangsaan Melalui Gerakan Deradikalisasi dan Penguatan Ekonomi Warga”.

Tema ini dipilih mengingat perkembangan kekinian yang dihadapi bangsa Indonesia. Seperti diketahui berbagai bentuk paparan virus radikal kian mengancam keutuhan NKRI. Sementara pada saat yang sama tren pertumbuhan ekonomi kita terus menurun. Faktanya, 2017 ini harga komoditas masih melemah, dan belanja konsumen menurun.

Deradikalisasi dan Penguatan Ekonomi sekilas terlihat sebagai dua hal yang sangat berbeda.Tetapi sesungguhnya sangatlah dekat. Kalau kondisi perekonomian warga tidak kuat tentu akan makin mudah disusupi virus radikal. Sebaliknya kalau perekonomian warga kuat, tentu tidak akan mudah terpapar propaganda radikal. Data menunjukkan, diluar propaganda agama, iming-iming kemapanan ekonomi menjadi magnet paling banyak menyedot massa radikal.

Tugas ideologis Nahdlatul Ulama sebagai ormas berhaluan ahlussunnah wal jama’ah  adalah bagaimana terus membentengi negeri ini dari rongrongan paham radikal, membumikan Pancasila, dan menjaga keutuhan NKRI.

Dalam hal ini gerakan NU berpretensi untuk terus  memperkuat kelompok Islam tengah. Kelompok Islam tengah harus terus dijaga agar tidak terlalu ekstrem ke kanan lalu menjadi radikal, dan tidak terlalu ekstrem ke kiri lalu menjadi liberal. 

Hasil-hasil pembahasan Munas Alim Ulama dan Konbes NU, secara internal akan menjadi bagian dari langkah organisasi untuk terus mengkonsolidasi diri, menguatkan khidmat untuk sebesar-besar kemaslahatan umat. Secara eksternal akan menjadi rekomendasi yang selanjutnya disampaikan ke masyarakat dan pemerintah untuk bisa ditindaklanjuti.
Beberapa Isu Pembahasan

Bahtsul Masail ad-Diniyyah al-Waqi’iyyah

-    Terkait Investasi dana haji untuk proyek infrastruktur. Dana haji adalah dana setoran jamaah haji yang sudah diniatkan untuk ibadah haji. Dana ini disimpan dalam rekening Kementerian Agama. Belakangan muncul wacana untuk mentasharufkan (menginvestasikan) dana tersebut untuk hal-hal produktif, antara lain seperti pembangunan infrastruktur.

-    Terkait penggunaan frekuensi untuk kepentingan pribadi atau kelompok. Dalam dunia penyiaran, frekuensi adalah aset milik publik yang jumlahnya terbatas. Karenanya harus dilindungi penggunaannya.
Bahtsul Masail ad-Diniyyah al-Maudlu’iyyah

-    Terkait ujaran kebencian dalam berdakwah. Di era digital saat ini, ujaran kebencian dan banyak konten negatif lainnya begitu mudah direproduksi oleh masyarakat. Implikasinya ujaran kebencian kadang masuk juga di panggung-panggung dakwah.

-    Terkait Islam dan penyandang disabilitas. UU sudah mengamanatkan bahwa ruang-ruang public harus accesable terhadap penyandang disabilitas. Problemnya, masih banyak ruang-ruang publik keagamaan utamanya yang masih belum ramah penyandang disabilitas. Tempat ibadah misalnya, masih banyak yang belum menyediakan sarana khusus untuk kelompok masyarakat berkebutuhan khusus ini. 
Bahtsul Masail ad-Diniyyah al-Qonuniyyah

-    Terkait RUU Etika Berbangsa dan Bernegara. Etika berbangsa dan bernegara berasal dari nilai-nilai luhur budaya bangsa. Ini tercermin dalam Pancasila sebagai acuan dasar dalam berpikir, bersikap, dan bertingkah laku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dibutuhkan rumusan tentang pokok-pokok etika kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai acuan seluruh bangsa Indonesia. Ini dinilai penting dalam kerangka meningkatkan mutu kehidupan berbangsa dan bernegara. 

-    Terkait RUU KUHP. NU berpendapat, pembangunan hukum pidana nasional harus terus dilakukan. Dalam hal ini, pembahasan mengenai konsep KUHP yang baru yang lebih konprehensif, penting untuk terus didorong. Terlebih KUHP warisan kolonial yang kita terapkan saat ini sudah tidak lagi dapat menjawab kompleksitas permasalahan hukum yang ada di Indonesia.

-    RUU Anti Terorisme. Sudah sering didiskusikan bahwa UU Anti Terorisme kita yang ada saat ini belum dapat secara efektif menyikapi ancaman terorisme. Padahal berbagai indikasi dan ancaman terorisme sudah bisa dideteksi jauh hari. Aturan undang-undang seringkali membatasi gerak langkah aparat untuk melakukan pencegahan dini. 

COMMENTS

Name

bangkalan,2,Banyuwangi,171,Blitar,9,Bondowoso,3,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,94,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,22,gaya hidup,63,Goverment News,215,Haji 2017,32,headline,168,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,18,Jombang,149,kajatizen,8,Kampus,62,kesehatan,2,khofifah,1,Klinik Kabarjatim,15,Makro mikro,10,Malang,1,metropolitan,32,NU,43,Olahraga,6,Otomotif,25,Pamekasan,3,Parlementaria,13,Partai Demokrat,4,PDI Perjuangan,3,Pemprov Jatim,4,pendidikan,121,peristiwa,488,Pesantren,8,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,69,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,75,Politik&pemerintahan,111,polres jombang,71,Property,2,PSHM Jombang,2,Review Film,40,Sampang,41,Science,1,sektor riil,20,Seputar Jatim,204,Seputar Nusantara,48,Seputar Pilkada,24,Sidoarjo,1,slider,2,Softnews,47,Sumenep,3,surabaya,23,techno,35,TNI,30,Tokoh,4,Travel Food,49,
ltr
item
KabarJatim: Jokowi Dijadwalkan Buka Munas Alim Ulama dan Konbes NU
Jokowi Dijadwalkan Buka Munas Alim Ulama dan Konbes NU
https://1.bp.blogspot.com/-mQ_GJlUjRyc/WcWr3ko1uPI/AAAAAAAAFl8/Bv4ir0O5fiENCny5UoY5gvk4uaiitjL_ACLcBGAs/s320/Said%2BAqil%2BKabar.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-mQ_GJlUjRyc/WcWr3ko1uPI/AAAAAAAAFl8/Bv4ir0O5fiENCny5UoY5gvk4uaiitjL_ACLcBGAs/s72-c/Said%2BAqil%2BKabar.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/09/jokowi-dijadwalkan-buka-munas-alim.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/09/jokowi-dijadwalkan-buka-munas-alim.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy