Ribuan Pengunjung Semarakkan Kirab Gumebyar Pesona Gunung Kawi

Baca Juga :

MALANG - Danramil 0818/32 Wonosari Kapten Kav Ulum mendampingi Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna melepas peserta Kirab Gumebyar Pesona Gunung Kawi tahun 2017 di Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kamis (21/9) siang.

Sebanyak 14 kontingen dari tiap Rukun Warga (RW) se Desa Wonosari ikut ambil bagian dengan menampilkan jolen atau ogoh-ogoh dan kreativitas seni budaya masing-masing.

Pemberangkatan kirab ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Bupati dari halaman Terminal Wonosari. Peserta kemudian secara bergantian berjalan dengan rute memasuki gapura Wisata Religi Gunung Kawi hingga  finish di Lapangan Nitirejan yang letaknya tak jauh dengan kuil. Kreativitas masyarakat Desa Wonosari yang diakhiri membakar ogoh-ogoh tersebut mendapat daya tarik ribuan pengunjung.

Acara dibuka oleh penampilan tari khas Malangan, Beskalan yang ditampilkan oleh 40 siswi dari Sekolah Dasar di Desa Wonosari. Bupati kemudian menyampaikan sambutan kegiatan Gumebyar Pesona Gunung Kawi tahun 2017.

Dalam kesempatan itu, ia berharap acara yang juga bertepatan dengan perayaan pergantian tahun Islam 1439 Hijriah tersebut menjadi kegiatan yang mampu menarik wisatawan dan agenda wisata nasional.

"Datangnya 1 Syuro punya makna yang khusus dan mendalam bagi sebagian masyarakat dalam budaya kita. Karena 1 Syuro dikonstruksi sebagai awal tahun yang penuh misteri karena punya energi yang berbeda dengan bulan lain. Oleh karena itu selalu diperingati dengan berbagai macam laku spiritual untuk menangkal datangnya mara bahaya. Kirab budaya yang digelar masyarakat Desa Wonosari ini merupakan manifestasi dari budaya turun temurun oleh leluhur untuk memahami situasi. Semua diarahkan kepada Tuhan YME sebagai upaya meminta kekuatan agar terbebas dari cobaan dan bencana," ucap Bupati.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga sebagai wujud melestarikan budaya dan menunjukkan masyarakat produktif yang terlihat dari produk pariwisata. Dengan dikemas, kata Bupati, wisata religi yang selama ini melekat dengan keberadaan makam Eyang Junggo, Kyai Zakaria dan Raden Imam Sudjono sebagai sentral wisata yang didukung dengan langkah kreatif seperti pada acara kiran budaya ini. Tentunya, punya dampak positif dan bagian upaya melestarikan budaya serta Gunung Kawi bisa bersaing menjadi salah satu destinasi wisata.

"Mari menjadikan tahun baru Islam dan titik tolak bulan kesucian baik jasmani dan rohani. Mari kita sambut dengan meningkatkan ketakwaan dan sujud kepada Tuhan YME agar tercipta sikap perbuatan dan perilaku yang serba luhur. Saya mengajak semua komponen masyarakat untuk memantapkan niat dan tekad adanya kerjasama harmonis antar pemerintah, pelaku dan komponen pariwisata untuk meningkatkan pembangunan pariwisata agar potensi yang ada bisa dimaksimalkan," pesan Rendra, sapaan akrabnya.

Hadir dari perwakilan Kementeriaan Republik Indonesia meliputi Asisten Deputi Jasa Kemaritiman, Okto Irianto, SIP, MA, Asisten Deputi Kepariwisataan Lingkungan Hidup Sekretaris Kabinet Kementerian Maritim, Perwakilan Kemenpar, Sri Suharminingsih, S.Pd, Tim Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas, Gema Pratama, SH dan Fasilitator Destinasi BTS, Trisno Sudigdho, SE, MMPar.

Sebelumnya, Bupati bersama tamu Kementerian yang hadir meninjau ke lokasi usulan lahan untuk Badan Otorita Pariwisata tepatnya di Kebun Roto, Desa Wonosari.

Lokasi Kebun Roto yang didominasi pepohonan pohon pinus yang rindang tersebut diusulkan sebagai lokasi wisata penunjang Bromo Tengger Semeru, sebagai salah satu 10 destinasi andalan wisata di Indonesia. Ikut mendampingi juga pada peninjauan ini yakni para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Malang.

"Saya berharap lokasi yang kami usulkan kepada kementerian bisa mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Pusat. Sehingga kami juga langsung bisa menindak lanjutinya sebagai penunjang 10 destinasi wisata nasional," harap Bupati.

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,174,Blitar,12,bojonegoro,7,Bondowoso,7,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,124,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,73,Goverment News,268,Gus Ipul,1,Haji 2017,33,headline,197,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,26,Jombang,156,kajatizen,10,Kampus,76,kesehatan,12,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Makro mikro,10,Malang,6,metropolitan,33,NU,54,Olahraga,16,Otomotif,27,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,6,PDI Perjuangan,5,Pemprov Jatim,6,pendidikan,141,peristiwa,623,Pesantren,9,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,93,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,83,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,74,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,51,Science,1,sektor riil,24,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,63,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,2,slider,2,Softnews,52,Sumenep,4,surabaya,27,techno,47,TNI,41,Tokoh,5,Travel Food,57,
ltr
item
KabarJatim: Ribuan Pengunjung Semarakkan Kirab Gumebyar Pesona Gunung Kawi
Ribuan Pengunjung Semarakkan Kirab Gumebyar Pesona Gunung Kawi
https://3.bp.blogspot.com/-PHKbEDert8E/WcTqU2-AUtI/AAAAAAAAFjs/QB9luiUjJ7sYwQhiQb4nDZ9z5iLiVgV_wCLcBGAs/s320/Gunung%2Bkawi.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-PHKbEDert8E/WcTqU2-AUtI/AAAAAAAAFjs/QB9luiUjJ7sYwQhiQb4nDZ9z5iLiVgV_wCLcBGAs/s72-c/Gunung%2Bkawi.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/09/ribuan-pengunjung-semarakkan-kirab.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/09/ribuan-pengunjung-semarakkan-kirab.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy