Waspada Penipuan Mengatasnamakan Petugas PLN

Baca Juga :

SURABAYA - Masyarakat diimbau lebih berhati-hati dan waspada atas maraknya penipuan oleh oknum yang mengatasnamakan petugas PLN.

Hal ini salah satunya terjadi di kota Jakarta, tepatnya daerah Cempaka Putih dimana oknum mengaku sebagai petugas PLN dengan modus melakukan survei ke rumah masyarakat dan meminta sejumlah uang untuk jaminan asuransi dengan mengandalkan Surat Tugas dan Kartu Identitas palsu.

Atas tindakan penipuan tersebut, PLN melakukan respon cepat untuk menelusuri oknum dengan mendatangi alamat yang tercantum dalam Surat Tugas dan Kartu Identitas palsu yang dimaksud.

Adapun oknum tersebut melakukan penipuan terhadap masyarakat dengan cara melakukan survey ke rumah-rumah warga dan menawarkan pembagian paket subsidi dimana warga yang ingin memperoleh paket subsidi tersebut harus mengeluarkan uang sebesar Rp1.300.000 atau dengan rincian harga resmi sebesar Rp850.000 dan biaya asuransi dan garansi sebesar Rp450.000. Semua data penerima subsidi terdaftar di Kementerian Sosial.

"Ini merupakan modus penipuan oknum yang mengaku sebagai petugas PLN. PLN tidak pernah menawarkan paket subsidi untuk warga dan meminta warga membayar sejumlah biaya. Apalagi ini terkait dengan subsidi listrik. Baik dari pihak Kementerian ESDM, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Sosial, TNP2K dan PLN tidak pernah menugaskan siapapun untuk hal ini," jelas Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka.

Lebih lanjut lagi, ketika pihak PLN melakukan pengecekan alamat kantor yang tertera dalam Surat Tugas dan Kartu Identitas palsu tersebut diperoleh keterangan bahwa tidak ada nama petugas dan lembaga yang dimaksud. Alamat yang tertera merupakan Kantor Pusat Electronic Solution dimana pihaknya tidak mengetahui informasi apapun terkait pencatutan alamat oleh oknum tersebut.

"Kami telah melakukan komunikasi dengan Kantor Pusat Electronic Solution untuk bersama-sama membuat laporan ke pihak berwajib atas pencatutan nama PLN dan alamat Electronic Solution oleh pria yang mengaku bernama Dirman yang melakukan tindakan penipuan," ujar Made.

Selain itu, pihak PLN juga tidak pernah menyarankan pelanggan untuk memasang alat penghemat listrik, menjual kotak pelindung kWh meter dan tidak pernah menawarkan jasa layanan secara door to door ke pelanggan, seperti pasang baru, tambah daya atau pembayaran tagihan rekening listrik dengan transaksi pembayaran langsung di rumah pelanggan. Adapun setiap pembayaran transaksi layanan PLN memerlukan nomer register atau kode bayar dan hanya dapat dilakukan melalui fasilitas perbankan.

"Masyarakat perlu waspada juga jika ada oknum yang mengatasnamakan petugas PLN meminta pelanggan melakukan transaksi pembayaran di lapangan karena semua dilakukan melalui sistem dan harus ada nomor registrasi untuk membayar di PPOB (Payment Point Online Bank)," ucap Made.

PLN mengimbau masyarakat di seluruh wilayah Indonesia untuk dapat berhati-hati terhadap modus penipuan yang meminta masyarakat untuk memberikan sejumlah uang kepada orang yang mengaku petugas PLN. PLN juga tidak melakukan transaksi keuangan di lapangan, dimana seluruh transaksi keuangan dilakukan dengan sistem online atau melalui bank yang informasinya dapat diperoleh dari saluran resmi Contact Center PLN 123.

"Jika masyarakat pernah mengalami kejadian penipuan seperti itu, dimohon untuk segera melaporkan kepada kami lewat Contact Center PLN 123 dan melaporkan pula ke kantor polisi terdekat. Kejadian ini bisa saja terjadi di daerah lain di luar Jakarta," pungkas Made.

COMMENTS

Name

bangkalan,2,Banyuwangi,170,Blitar,9,Bondowoso,3,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,94,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,22,gaya hidup,63,Goverment News,214,Haji 2017,32,headline,168,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,18,Jombang,149,kajatizen,8,Kampus,62,kesehatan,2,khofifah,1,Klinik Kabarjatim,15,Makro mikro,10,Malang,1,metropolitan,32,NU,42,Olahraga,6,Otomotif,25,Pamekasan,3,Parlementaria,13,Partai Demokrat,4,PDI Perjuangan,3,Pemprov Jatim,4,pendidikan,121,peristiwa,488,Pesantren,8,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,69,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,75,Politik&pemerintahan,111,polres jombang,71,Property,2,PSHM Jombang,2,Review Film,39,Sampang,41,Science,1,sektor riil,20,Seputar Jatim,204,Seputar Nusantara,48,Seputar Pilkada,24,Sidoarjo,1,slider,2,Softnews,46,Sumenep,3,surabaya,23,techno,35,TNI,28,Tokoh,4,Travel Food,49,
ltr
item
KabarJatim: Waspada Penipuan Mengatasnamakan Petugas PLN
Waspada Penipuan Mengatasnamakan Petugas PLN
https://4.bp.blogspot.com/-Nuw6LuN2r2M/Wb-kF7D_6uI/AAAAAAAAFcc/nIwFKnFkqRgPNdYji_2k6TwafL_uQiDogCLcBGAs/s320/PLN%2BSurvei.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-Nuw6LuN2r2M/Wb-kF7D_6uI/AAAAAAAAFcc/nIwFKnFkqRgPNdYji_2k6TwafL_uQiDogCLcBGAs/s72-c/PLN%2BSurvei.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/09/waspada-penipuan-mengatasnamakan.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/09/waspada-penipuan-mengatasnamakan.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy