Pelapor Yusuf Mansur: SP3 Polda Jatim Membingungkan Kami

Baca Juga :

SURABAYA – Kuasa pelapor Yusuf Mansur atas dugaan penipuan investasi Condotel Moya Vidi, Sudarso Arief Bakuama mengaku bingung dengan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) yang diberitakan telah dikeluarkan penyidik Polda Jatim.
"Sampai hari ini kami baru menerima Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) yang di dalamnya menyebut bahwa perkara dihentikan karena tidak terdapat cukup bukti," kata Sudarso kepada wartawan di Surabaya, Minggu (15/10/2017).

Namun, lanjut Sudarso, pihaknya belum menerima Surat Perintah Pengehentian Penyidikan (SP3) yang dimaksud Polda Jawa Timur sebagaimana yang terpublis di media massa selama ini. 
"Kalau memang sudah ada SP3, seharusnya itu merupakan hak kami sebagai pelapor, jika kemudian laporan kami dinyatakan oleh penyidik dihentikan," katanya.

Menurut Sudarso, tentang SP3 semua jelas disebut dalam Peraturan Kapolri No 14 Tahun 2012. "Dalam pasal 76 ayat 3 dinyatakan bahwa: Dalam hal dihentikan penyidikan, penyidik wajib mengirimkan surat pemberitahuan penghentian penyidikan kepada pelapor, JPU, tersangka atau Penasihat hukumnya," ucapnya.

Atau kami tidak mengerti, barangkali Peraturan Kapolri tersebut sudah diubah atau diganti. Tapi kami yakin, sebagai pelapor kami seharusnya menerima SP3 yang sebenarnya bukan SP2HP sebagai surat yang kami terima," tandasnya. Sebelumnya, Polda Jatim memutuskan menghentikan penyidikan atas laporan dugaan penipuan investasi yang dilakukan Yusuf Mansur.

“Hasil keputusannya adalah tak cukup bukti. Sehingga kita mengambil keputusan untuk dapat dihentikan penyidikannya,” terang Kepala Subdit Harda Bangtah Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jatim, AKBP Yudhistira. Yusuf Mansur juga menginformasikan, dugaan penipuan yang dilakukan Yusuf Mansur tak hanya dilaporkan di Polda Jatim tapi juga di Polresta Surakarta. 

Kamis (12/10) kemarin, Wiyoto asal Temboro, Kediri, Jawa Timur, memenuhi panggilan polisi di Mapolres Surakarta untuk diperiksa sebagai saksi korban atas tuduhan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan ustadz bernama asli Jam'an Nurkhotib Mansur tersebut.
Pertengahan Juli lalu, melalui kuasa hukumnya, Rahmat K. Siregar, Wiyoto melaporkan Yusuf Mansur ke Polresta Surakarta. 

Laporan itu sehubungan dengan program Investasi Patungan Usaha dan Patungan Aset Yusuf Mansur yang diikuti oleh Wiyoto pada 2012. Awalnya Wiyoto, yang ketika itu tinggal di Solo, aktif ikuti kuliah online Wisata Hati dan ceramah-ceramah Yusuf Mansur di Solo dan sekitarnya. 

Dalam kuliah-kuliah online dan ceramah-ceramahnya, Yusuf Mansur menawarkan usaha bersama dengan bergabung dalam Investasi Patungan Usaha untuk pembangunan apartemen haji dan umroh. Bersamaan dengan itu, Yusuf Mansur juga mengajak masyatakat untuk ikut dalam program Investasi Patungan Asset.

Wiyoto kemudian bergabung dengan ikut menyetorkan uang Rp 10 juta rupiah untuk Patungan Usaha. Sedangkan untuk Patungan Aset, dia menyerahkan asset miliknya berupa dua bidang tanah, masing-masing di Solo dan Karanganyar, Jawa Tengah. 

Selain itu, Wiyotu juga 'menyedekahkan' semua barang dagangannya dalam satu tokonya di Solo.
Setelah menyerahkan uang dan asetnya, Wiyoto kemudian terus mempertanyakan penggunaan dan hasil dari investasinya. Sayang, setelah semua saluran komunikasi dan akses ke Yusuf Mansur digunakan, Wiyoto sama sekali tidak mendapatkan jawaban yang diinginkan.
Akhirnya, pada 2015, setelah meminta bantuan kepada seorang kawan, Yusuf Mansur mau mengembalikan asetnya yang berada di Solo.

Sedangkan asetnya yang berada di Karanganyar tidak bisa dikembalikan Yusuf Mansur. 
Setelah ditelusuri, aset tersebut sudah berpindah tangan kepemilikan menjadi milik pribadi pimpinan Wisata Hati/Darul Qur'an Solo.

Kasus pemindahtanganan aset Wiyoto di Karanganyar ini sangat unik. Awalnya dia mau menyerahkan aset karena ikut dalam Investasi Patungan Aset. Namun dalam penyerahan sertifikat tanah yang dilakukan di kantor Wisata Hati/Darul Qur'an Solo, akad serah terima dilakukan dengan dasar wakaf. Setelah itu, kenyataannya sertfikat tanah tersebut telah berubah menjadi milik pribadi atasnama pribadi orang lain.

Tak kalah mengejutkan, pada 2015 itu juga Wiyoto mendapat surat via email dari pihak Yusuf Mansur, yang menerangkan bahwa uang Rp 10 juta yang sedianya untuk investasi patungan usaha pembangunan apartemen haji dan umroh itu dialihkan untuk Hotel Siti.

Setelah menunggu hingga dua tahun, apa yang dijanjikan Yusuf Mansur dalam suratnya itu juga tak pernah direalisasikan. Sehingga Wiyoto membawa masalah ini ke kantor polisi. VIN

COMMENTS

Name

bangkalan,2,Banyuwangi,171,Blitar,11,bojonegoro,2,Bondowoso,3,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,103,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,22,gaya hidup,66,Goverment News,240,Haji 2017,33,headline,180,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,21,Jombang,152,kajatizen,8,Kampus,70,kesehatan,6,khofifah,1,Klinik Kabarjatim,15,Makro mikro,10,Malang,2,metropolitan,32,NU,46,Olahraga,11,Otomotif,26,Pamekasan,3,Parlementaria,13,Partai Demokrat,4,Pasuruan,4,PDI Perjuangan,4,Pemprov Jatim,4,pendidikan,130,peristiwa,527,Pesantren,8,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,75,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,77,Politik&pemerintahan,111,polres jombang,73,Property,2,PSHM Jombang,2,Review Film,40,Sampang,47,Science,1,sektor riil,21,Seputar Jatim,205,Seputar Nusantara,51,Seputar Pilkada,24,Sidoarjo,1,slider,2,Softnews,48,Sumenep,3,surabaya,24,techno,41,TNI,36,Tokoh,5,Travel Food,50,
ltr
item
KabarJatim: Pelapor Yusuf Mansur: SP3 Polda Jatim Membingungkan Kami
Pelapor Yusuf Mansur: SP3 Polda Jatim Membingungkan Kami
https://1.bp.blogspot.com/-D9FuVpkJUuw/WeN_H1x21kI/AAAAAAAACSE/jPbtXc6Jih8sQ1DSdz4C4k-EuW8DyYz9gCLcBGAs/s1600/WhatsApp%2BImage%2B2017-10-15%2Bat%2B19.53.50.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-D9FuVpkJUuw/WeN_H1x21kI/AAAAAAAACSE/jPbtXc6Jih8sQ1DSdz4C4k-EuW8DyYz9gCLcBGAs/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2017-10-15%2Bat%2B19.53.50.jpeg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/10/pelapor-yusuf-mansur-sp3-polda-jatim.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/10/pelapor-yusuf-mansur-sp3-polda-jatim.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy