Universitas Jember Luncurkan Aplikasi Kawanda, Manfaatnya Sungguh Luar Biasa

Baca Juga :

JEMBER - Universitas Jember meluncurkan aplikasi Kawanda untuk meningkatkan layanan akademik. Aplikasi ini merupakan pengembangan dari Sistem Informasi Terintegrasi (SISTER).

Melalui aplikasi ini mahasiswa, dosen maupun tenaga kependidikan, mendapatkan fasilitas berupa media penyimpanan bagi penggunanya sebesar 1 gigabyte. Adanya Kawanda diharapkan bisa mempermudah proses belajar mengajar dan kegiatan akademik lainnya. Kawanda secara resmi diluncurkan oleh Rektor Unej Moh. Hasan di Gedung Mas Soerachman.

Menurut dia dewasa ini proses belajar mengajar dengan e-learning sudah menjadi kebutuhan, oleh kerena itu utlak didukung oleh fasilitas penyimpanan data yang mencukupi. Adanya kawanda ini dapat mengurangi kesulitan dosen dan mahasiswa dalam menyimpan data ataupun dokumen penting. Tidak hanya kawanda dalam waktu dekat Universitas Jember akan meluncurkan beragam aplikasi yang akan membantu kemudahan proses kegiatan belajar mengajar.

“Kita pernah memiliki pengalaman bagaimana data itu lumpuh karena serangan Virus WannaCry. Apa jadinya jika semua data hanya disimpan dalam satu komputer kemudian lumpuh total hal ini pasti kan membuat repot semua orang,” ujar rektor saat memberikan sambutan dalam peluncuran dan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Kawanda Dalam Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar dan Administrasi, melalui siaran pers kepada Kabarjatim.com.

Rektor mengatakan, Kawanda bisa menjadi media penyimpanan bersama bagi civitas akademika Universitas Jember. Sehingga menurutnya, dengan media penyimpanan bersama yang dikelola oleh UPT TI Universitas Jember seluruh data dan dokumen penting menjadi terlindungi.

“Saya harap dengan diluncurkannya Kawanda ini tidak hanya memudahkan proses belajar mengajar dan administrasi menjadi lebih mudah. Tetapi lebih dari itu seluruh data penting yang ada dan dimiliki oleh Universitas Jember menjadi terlindungi,” imbuh Hasan dalam sambutan singkatnya.
Hasan berharap, penggunaan aplikasi yang memberikan kemudahan bisa dilakukan secara masif oleh seluruh sivitas akademika Universitas Jember.

“Saya sudah mencoba share file dengan menggunakan aplikasi ini (Kawanda) ternyata sangat mudah. Kami saat ini juga sedang mengembang aplikasi Lapor yang bisa digunakan sebagai media online dalam menyampaikan keluhan terkait proses akademik yang ada di Universitas Jember,” ulasnya.

Sementara itu ketua UPT TI Universitas Jember Sudarko mengatakan, persoalan data hilang dan rusak bisa saja terjadi kapan saja. Menurutnya, sebelum itu terjadi maka harus ada langkah pencegahan agar tidak sampai kehilangan data-data penting.

“Seringkali kita kehilangan dokumen penting. Entah itu rusak karena virus ataupun hilang karena komputer kita rusak. Namun dengan menyimpan dokumen di Kawanda dokumen anda akan aman dan bisa diakses kapan anda mau selama terbubung dengan jaringan interenet,” ujar Sudarko.

Sudarko menjelaskan, bagi kalangan dosen dan mahasiswa aplikasi ini akan sangat membantu. Kerena selain bisa berbagi materi kuliah dengan mudah, proses bimbingan skripsi juga bisa dilakukan dimanapun.

“Jadi dengan aplikasi ini dosen bisa langsung melakukan koreksi kepada mahasiswa bimbingannya dengan langsung menambahkan koreksi  dan revisian. Sehingga mahasiswa tidak perlu bertatap muka secara langsung hanya untuk mengatahui hal-hal yang perlu direvisi dalam tugas akhir yang dia tulis.” Imbuh Sudarko.

Dihadapan lebih dari 100 peserta yang merupakan dosen perwakiland dari seluruh fakultas Sudarko mengatakan, bagi sebuah universitas memiliki ruang penyimpanan dokumen sendiri menjadi sebuah keharusan.

“Apa iya kita mau menyimpan seluruh dokumen penting kita pada orang lain. Apa kita mau menyerahkan semua data penting kita pada google. Tentunya kita harus punya rasa kawatir manakala dokumen kita disalah gunakan oleh pemilik server walaupun memang ada aturan yang mengatakan bahwa data kita aman,” lanjut Sudarko.

Sudarko mengatakan, untuk masa awal user Kawanda hanya mendapatkan kapasitas peyimpanan sebesar 1 gigabyte. Namun menurutnya, jika memang dibutuhkan kedepan akan ditambah kapasitas penyimpanannya.

“Untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan kami telah menyiapkan media penyimpanan sebesar 50 tera. Harapan kami dengan 50 tera kapasitas penyimpanan bagi dosen dan mahasiswa bisa lebih banyak jika memang dibutuhkan,” pungkasnya.

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,171,Blitar,11,bojonegoro,3,Bondowoso,3,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,107,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,22,gaya hidup,69,Goverment News,244,Haji 2017,33,headline,184,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,21,Jombang,152,kajatizen,8,Kampus,71,kesehatan,7,khofifah,1,Klinik Kabarjatim,15,Makro mikro,10,Malang,3,metropolitan,32,NU,51,Olahraga,11,Otomotif,26,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,5,PDI Perjuangan,4,Pemprov Jatim,4,pendidikan,131,peristiwa,545,Pesantren,8,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,82,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,80,Politik&pemerintahan,112,polres jombang,73,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,41,Sampang,48,Science,1,sektor riil,22,Seputar Jatim,205,Seputar Nusantara,52,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,1,slider,2,Softnews,48,Sumenep,3,surabaya,24,techno,41,TNI,39,Tokoh,5,Travel Food,51,
ltr
item
KabarJatim: Universitas Jember Luncurkan Aplikasi Kawanda, Manfaatnya Sungguh Luar Biasa
Universitas Jember Luncurkan Aplikasi Kawanda, Manfaatnya Sungguh Luar Biasa
https://3.bp.blogspot.com/-ZVR7qpLMZaA/WfGrEgrufgI/AAAAAAAAGDA/R9VT_lz93ccaGqMv28H1sdkQqb_6-b1DgCLcBGAs/s320/Kawanda%2BAplikasi.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-ZVR7qpLMZaA/WfGrEgrufgI/AAAAAAAAGDA/R9VT_lz93ccaGqMv28H1sdkQqb_6-b1DgCLcBGAs/s72-c/Kawanda%2BAplikasi.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/10/universitas-jember-luncurkan-aplikasi.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/10/universitas-jember-luncurkan-aplikasi.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy