Bondan Winarno 'Maknyus' Meninggal Dunia

Baca Juga :

IKON kuliner nusantara Bondan Winarno meninggal dunia sekitar pukul 09.05 WIB di RS Harapan Kita, Jakarta, Rabu (29/11/2017), lantaran sakit jantung. Jenazah akan dibawa ke rumah duka di wilayah Sentul City, Bogor, Jawa Barat, untuk kemudian dikebumikan.

Informasi meninggalnya Bondan yang identik dengan kata Makyus, disampaikan pengamat kuliner Indonesia sekaligus Founder of Kelana Rasa Culinary Arie Parikesit di akun Twitter, @arieparikesit.
“Mendapat berita duka cita yang bikin lemes mendadak, guru dan teman kita semua Pak Bondan Haryo Winarno meninggal dunia tadi pagi jam 09.05 di RS Harapan Kita Jakarta. Mohon doa untuk beliau dan keluarga.”

Gwendoline Winarno, anak Bondan Winarno, sempat mengunggah foto di akun Instagram pribadinya, @gwenwinarno, Selasa, 28 November 2017 siang. Foto yang diunggahnya adalah saat di mana ia masih bayi dan sedang digendong oleh ayahnya, Bondan Winarno yang memakai kaus serta celana pendek. Dalam caption Gwen menuliskan, "♡".

Besar kemungkinan caption itu ditulis tatkala Gwen menyaksikan perjuangan ayahnya melawan penyakit di rumah sakit. Hal ini terbukti dari komentar yang ditulis oleh @kinantipinta.

Dalam komentarnya akun tersebut dia menulis, "Many people keep your dad in their prayers. He is a person with an exceptionally kind and gentle heart. The Universe hears our prayers and the positive energy, the love will flow to him and heal him. Meanwhile, big hug to you and yours. Have faith."

Sementara komentar berbeda dituliskan oleh akun lain saat kabar meninggalnya Bondan berhembus. @frestikartini Mba gwen... turut berduka cita sedalam-dalamnya.. dari kami keluarga besar Warung Ibu Ayu Taman ... klo di jkt alm. Bapak sering datang ke tmp kami

@rarastri My deepest condolence. May he rest forever in a much better place. He will forever be remembered.

Artis Jennifer Arnelita pun turut mengucapkan belasungkawanya. Melalui akun @jenniferarnelita, ia menulis "Kak gwennn turut bersedih hati 😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭, terakhir nanya is he okay? Beliau gak jawab. Malah komen yg lain. Kak boleh yah jika sempat lihat DM ku. Stay strong n blessed 😘😭".

Sakit Jantung

Sebelum meninggal dunia, Bondan Winarno sempat memposting sebuah tulisan di FB Jalansutra mengenai latar belakang masalah penyakitnya yang terdiri dari 16 poin. Pada poin 13 tertulis seperti berikut ini:

Normalnya, bila operasi berhasil, 24 jam sesudah di Intermediary Ward, maka akan dipindahkan ke kamar perawatan biasa. Dalam operasi besat spt yg saya alami, ada 2 hantu komplikasi: 1. perdarahan, 2. aritmia (denyut jantung tidak beraturan).

Saya terbebas dari perdarahan. Tapi, Sabtu dini hari saya kejang2 dlm tidur saya. Ternyata saya mengalami komplikasi aritmia. Saya dipasangi TPM (Temporary PaceMaker) sambil dimonitor penyebabnya (biasanya krn peradangan).

Masalah aritmia menjadi masalah yang tidak banyak orang sadari tetapi berisiko kematian. Gejala yang tak terdeteksi menjadi penyebab banyaknya pasien penyakit ini. Bahkan, salah satu gejala yang paling banyak diderita adalah kematian mendadak. Ya, kematian menjadi gejala penyakit ini.
Perlu Anda ketahui sebelumnya, aritmia adalah irama yang bukan berasal dari nodus sinoatrial (SA) atau irama yang tidak teratur. Gangguan yang terjadi adalah detak jantung terlalu lemah atau frekuensinya kurang dari 60 kali/menit (sinus bradikardi) atau yang terlalu cepat sekitar 100 kali/menit (sinus takikardi). Bila kondisi tersebut terjadi, perawatan medis menjadi satu-satunya cara.
Gejala lebih lanjut dari masalah ini, gejalanya antara lain berdebar tidak normal tanpa alasan yang jelas. Setelah itu, keleyengan, sering pingsan, stroke, bahkan kematian mendadak adalah gejala masalah ini.

Jika seseorang mengeluhkan jantungnya berdebar terlalu cepat atau terlalu lambat, juga terlalu kuat sampai ada jeda dan membuat dada sakit, penanganan medis harus segera dilakukan. Jangan pernah dianggap hal biasa atau bahkan sampai diabaikan. Bisa saja itu awal dari masalah aritmia.

Kesadaran akan denyut jantung secara implisit adalah sensasi tidak menyenangkan yang dapat berhubungan dengan perasaan tidak nyaman, peringatan, dan rasa sakit yang tidak biasa. Karena denyut jantung berperan sangat penting dalam hal ini, makanya istilah denyut jantung digunakan untuk menggambarkan persepsi subyektif pasien tentang aktivitas jantung yang abnormal.

Tapi, tidak semua denyut jantung berhubungan dengan gangguan aritmia. Gejala kelainan irama jantung lainnya pun bisa saja terjadi. Yang jelas, berdebar tidak normal adalah deteksi dini untuk mengetahui adanya penyakit tertentu di tubuh.

Yang perlu digaris bawahi di sini, jangan sekali-kali mengabaikan irama jantung. Jika gangguan itu terjadi berulang kali, Anda perlu bertemu dengan dokter spesialis jantung untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Sepak Terjang Bondan

Bondan Winarno lahir di Surabaya pada 29 April 1950. Dilansir dari Wikipedia, Bondan memelopori dan menjadi ketua Jalansutra, suatu komunitas wisata boga yang sangat terkenal di Indonesia. Dalam sebuah acara kuliner di salah satu televisi swasta kala itu, almarhum terkenal dengan ungkapan "Pokoe Maknyus" untuk makanan lezat yang dilahapnya. Selain itu, Bondan juga mendirikan kedai kopi Kopitiam Oey.

Semasa kuliah di Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur, Universitas Diponegoro, Semarang, ia belum sempat selesai dan sudah menjadi fotografer Puspen Hankam di Jakarta hingga tahun 1970.
Bondan sempat bertugas sebagai wartawan ke berbagai negara, antara lain ke Kenya. Sebagian pengalamannya itu ia tuangkan menjadi cerpen berjudul Gazelle, yang kemudian memenangkan hadiah pertama lomba penulisan cerpen majalah Femina pada 1984.

Menulis sudah hampir merupakan kebiasaan bagi Bondan. Hasil tulisannya dimuat berbagai penerbitan, misalnya Kompas, Sinar Harapan, dan Tempo. Pada majalah terakhir ini ia secara tetap Bondan mengisi Rubrik Kiat, yaitu kolom pendek soal-soal manajemen, dunia yang juga ia tekuni selama ini.

Pekerjaan

Sejak 1960 (umur 9–10 tahun), Bondan menjadi penulis lepas. Ia menulis di berbagai penerbitan seperti Kompas, Sinar Harapan, Suara Pembaruan, Tempo, Mutiara, Asian Wall Street Journal, dan lain-lain.

Pada 1984-1987 ia menjadi redaktur kepala majalah SWA.

Pada 1987-1994 ia beralih menjadi pengusaha dan menjabat sebagai Presiden Ocean Beauty International, sebuah perusahaan makanan laut yang berbasis di Seattle Washington, Amerika Serikat.

Antara 1998-1999 ia menjadi konsultan untuk Bank Dunia di Jakarta, dan setelah itu, hingga 2000 ia menjadi direktur eksekutif dari sebuah organisasi pelestarian lingkungan.

Pada 2001-2003 ia menjadi pemimpin redaksi harian Suara Pembaruan.

Karier

Juru kamera Puspen Hankam (1969-1970)

Creative Director Marklin Advertising (1973-1974)

Account Executive Intervista (1974)

Advertising Manager PT Union Carbide (1975-1979)

Sekjen International Advertising Association (1978)

Manajer PT Sinar Kasih (1979-1983)

Dirut PT Mitra Balita (1983)

Pengasuh Rubrik Kiat TEMPO (1984)

Wakil Pemimpin Redaksi Majalah Swasembada (1985).

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,174,Blitar,12,bojonegoro,7,Bondowoso,7,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,124,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,73,Goverment News,268,Gus Ipul,1,Haji 2017,33,headline,196,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,26,Jombang,155,kajatizen,10,Kampus,76,kesehatan,12,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Makro mikro,10,Malang,6,metropolitan,33,NU,54,Olahraga,16,Otomotif,27,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,6,PDI Perjuangan,5,Pemprov Jatim,6,pendidikan,141,peristiwa,623,Pesantren,9,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,93,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,83,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,73,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,51,Science,1,sektor riil,24,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,63,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,2,slider,2,Softnews,52,Sumenep,4,surabaya,27,techno,47,TNI,41,Tokoh,5,Travel Food,57,
ltr
item
KabarJatim: Bondan Winarno 'Maknyus' Meninggal Dunia
Bondan Winarno 'Maknyus' Meninggal Dunia
https://3.bp.blogspot.com/-h_C_TR528-A/Wh5PELWdJRI/AAAAAAAAGiY/PJcK6PsGvmUvhsjIec2UdsUpgDKEjb1LgCLcBGAs/s320/Bondan%2Bcapture.JPG
https://3.bp.blogspot.com/-h_C_TR528-A/Wh5PELWdJRI/AAAAAAAAGiY/PJcK6PsGvmUvhsjIec2UdsUpgDKEjb1LgCLcBGAs/s72-c/Bondan%2Bcapture.JPG
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/11/bondan-winarno-maknyus-meninggal-dunia.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/11/bondan-winarno-maknyus-meninggal-dunia.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy