Cara Mudah Hadapi Job Interview Berbahasa Inggris dengan Video Tutorial

Baca Juga :

DALAM era industri sekarang ini, kompetisi kesempatan kerja sangatlah ketat. Sebagai akibatnya banyak perusahaan atau stake holder yang mensyaratkan kualitas sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten.

Perekrutan tenaga kerja dengan standar Internasional tidak terelakkan lagi. Panggilan wawancara kerja berbahasa Inggris menjadi persyaratan standar untuk merekrut tenaga kerja yang memenuhi tuntutan standar kualitas.

Sayangnya tidak banyak lembaga pendidikan yang mengajarkan pengetahuan dan skill wawancara kerja secara formal maupun informal. Sedangkan wawancara kerja menjadi hal yang mau tidak mau harus dihadapi oleh para pencari kerja di usia produktif termasuk para anggota komunitas  Jember Banget.

Jember Banget adalah perusahaan perseorangan dalam bidang clothing, catering event organizer dan kegiatan sosial lainya yang mempunyai akun instagram dengan pengikut  mencapai 47 ribu orang. Rata-rata mereka adalah pemuda atau orang berusia produktif asli Jember.

Sebagian besar anggota memerlukan pengetahuan dan ketrampilan wawancara kerja berbahasa Inggris, namun tidak mereka dapatkan di masa sekolah ataupun pada waktu mereka kuliah. Komunitas ini berada di kelurahan Talangsari, Kecamatan Kaliwates Jember.

Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah memberikan pelatihan wawancara kerja atau Job Interview dalam Bahasa Inggris menggunakan media video berisikan tentang persiapan, tips dan trik, serta simulasi Job Interview berbahasa Inggris secara live. Oleh karena itu hal ini cukup efektif untuk mereka di sela-sela kesibukan kesehariannya.

Pelatihan ini selain memberikan tips dan trik persiapan wawancara kerja juga memberikan materi inti yaitu pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul dan bagaimana menjawabnya  dalam wawancara kerja sekaligus model dan simulasi bagaimana melakukan wawancara kerja. Dengan pelatihan ini diharapkan mereka akan mendapat pengetahuan, wawasan, dan ketrampilan yang cukup dalam menghadapi wawancara kerja atau Job Interview dalam bahasa Inggris.

BAB I. PENDAHULUAN
1.1 Analisis Situasi
             Persaingan dalam mendapatkan pekerjaan di era diberlakukanya Masyarakat Ekonomi ASEAN semakin ketat. Para calon tenaga kerja dituntut tidak hanya memenuhi kriteria mahir dalam bidang pekerjaannya tetapi juga harus memiliki ketrampilan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Hal ini terkait dengan kebebasan kebijakan dalam bidang ketenaga kerjaan sehingga banyak tenaga asing tertutama dari kawasan ASEAN menyerbu lapangan pekerjaan di Indonesia. Trend ini kemudian mempengaruhi proses penerimaan calon tenaga kerja.

Dalam melakukan seleksi, sebuah perusahaan menetapkan  ketrampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris sebagai salah satu syarat penerimaan. Untuk mengetahui kemampuan berbahasa Inggris para calon tenaga kerja, pihak perusahaan menerapkan proses wawancara dalam Bahasa Inggris.

Tahap ini merupakan tahap persaingan dalam menampilkan performa masing-masing pelamar dalam menunjukan kemahiran mereka berbahasa Inggris. Kemampuan menjawab pertanyaan dengan menggnakan teknik-teknik berkomunikasi bahasa Inggris menjadi nilai sediri bagi perusahaan dalam menerima calon tenaga kerja.

General Manager Operational Wall Street English, Donna Limuel dalam Kompas online (2017) menyatakan  bahwa banyak orang yang ahli di bidangnya atau kompeten, namun tidak bisa berbahasa Inggristidak bisa bersaing, karena pemilik perusahaan tidak akan percaya karena dianggap tidak bisa berkomunikasi.

Hal ini menunjukan betapa pentingnya bahasa Inggris dalam dunia kerja. Di samping itu dia juga menyatakan bahwa kemampuan berbahasa Inggris pertama kali akan dites ketika seseorang melakukan wawancara kerja. Jika kemampuan bahasa Inggrisnya  di bawah standar dan "belepotan", tidak mustahil  akan tersingkir oleh kandidat lain. Disinlah pentinya melakukan latihan berkomunikasi dalam bahasa Inggris terutama pada saat wawancara kerja. Keahlian ini akan melengkapi kemampuan seseorang secara keseluruhan.

Trend wawancara kerja menggunakan bahasa Inggris faktanya akan dialami oleh siapa saja yang mendambakan pekerjaan di sebuah perusahaan dalam sekala nasional maupun internasional. Kondisi ini tidak terbatas hanya pada perusahaan swasta bahkan institusi pemerintah maupun BUMN pun juga melakukan hal yang sama.

Mengantisipasi kesulitan-kesulitan yang akan dihadapi oleh para kandidat tenaga kerja dalam melakukan wawancara perlu adanya sebuah usaha untuk membantu mereka. Menurut Infokerjajatim.com jumlah  pencari kerja di Jawa  Timur sampai bulan Juli 2017 sebanyak 31.782 orang. Jumlah ini tentunya sebagaian berada di Kabupaten Jember.

Dalam rangka membantu para calon tenaga kerja di Jember agar mampu bersaing meraih pekerjaan yang diimpikan perlu  dilakukan kegiatan pelatihan yang terkait dengan kesiapan melaksanakan wawancara kerja berbahasa Inggris.

Dalam kegiatan pelatihan ini tentunya tidak dapat melibatkan semua calon tenaga kerja. Diperlukan suatu mekanisme dalam menyeleksi peserta agar tepat pada yang benar-benar memerlukanya. Untuk menjaring peserta agar sesuai dengan target dari pelatihan ini, kami bermitra dengan komunitas Jember Banget selanjutnya disebut JB.

JB adalah badan usaha milik perseorangan yang bergerak dibidang cloting, cathering, Event Organizer dan kegiatan sosial. JB memiliki akun sosial media berupa Instagram dengan pengikut berjumlah lebih dari 47 ribu. Melalui sosial media ini pihak JB melakukan survey tentang seberapa penting dilakukan wawancara kerja berbahasa Inggris.

Sebagian besar pengikutnya menyatakan bahwa hal tersebut sangat penting dan perlu  dilakukan karena mereka membutuhkan pengetahaun dan ketrampilan yang benar berkaitan dengan wawancara kerja berbahasa Inggris. Dari jawaban inilah tim pelaksana program pengabdian kepada masyarakat dan JB sepakat untuk melaksanakan pelatihan tersebut.  

Untuk menunjang keberhasilan pelatihan ini, pemateri dituntut menyajikan materi dengan menarik. Untuk memenuhi kriteria ini dibutuhkan media pembelajaran yang akan menjadi bagian dalam proses pelatihan.

Dengan media ini para peserta dapat melihat secara langsung contoh-contoh percakapannya yang diperagakan oleh model.  Untuk itu tim pelaksana menambahkan produk tugas akhir mahasiswa sebagai media pembelajaran dalam pelatihan ini.

Tabel 1. Data Mitra Pengabdian Kepada Masyarakat

No.    Status                    Data Mitra Pengabdian Kepada Masyarakat
1    N a m a                     Jember Banget (JB)
2    Alamat                      Kelurahan Talangsari, Kecamatan Kaliwates,Jember
3    Jumlah Anggota       47.000 orang
4    Jumlah peserta         Job Interview 20 orang
5    Sarana Prasarana     Gedung

Untuk itu tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan solusi kepada Komunitas Jember Banget (JB), Kelurahan Talangsari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember  berupa pelatihan job interview dalam bahasa Inggris. Pelatihan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk menghadapi wawancara kerja berbahasa Inggris di instansi atau perusahaan baik negeri maupun swasta sebagai kaitannya dalam perekrutan karyawan.

1.2.Permasalahan Mitra
Dari analisis situasi, dapat diuraikan permasalahan mitra program Pengabdian Kepada Masyarakat ini yang muncul dan menjadi prioritas sebagai berikut:

1.    Sebagian besar anggota komunitas Jember Banget berusia produktif yang sangat membutuhkan keahlian berkomunikasi wawanncara kerja dalam bahasa Inggris dimana kemampuan tersebut banyak dijadikan prasyarat dalam persaingan mendapatkan pekerjaan.

2.    Kurangnya kemampuan dalam berkomunikasi bahasa Inggris di dalam job interview dalam bahasa Inggris.

3.    Kebutuhan akan pentingnya pengetahuan tentang seluk beluk persiapan dan performa dalam menghadapi panggilan wawancara kerja dalam bahasa Inggris.

4.    Kebutuhan akan pelatihan wawancara kerja berbahasa Inggris dengan model yang riil melalui media pembelajaran bahasa seperti audio video.
Artikel ini merupakan Produk Tugas Akhir Mahasiswa Bagi Komunitas Jember Banget
Oleh Yuslaili Ningsih, S.Pd, M.Pd2 dan Nanik Mariyati, S.Pd, M.Pd3

COMMENTS

Name

bangkalan,2,Banyuwangi,171,Blitar,11,bojonegoro,2,Bondowoso,3,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,103,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,22,gaya hidup,66,Goverment News,240,Haji 2017,33,headline,180,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,21,Jombang,152,kajatizen,8,Kampus,70,kesehatan,6,khofifah,1,Klinik Kabarjatim,15,Makro mikro,10,Malang,2,metropolitan,32,NU,46,Olahraga,11,Otomotif,26,Pamekasan,3,Parlementaria,13,Partai Demokrat,4,Pasuruan,4,PDI Perjuangan,4,Pemprov Jatim,4,pendidikan,130,peristiwa,527,Pesantren,8,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,75,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,77,Politik&pemerintahan,111,polres jombang,73,Property,2,PSHM Jombang,2,Review Film,40,Sampang,47,Science,1,sektor riil,21,Seputar Jatim,205,Seputar Nusantara,51,Seputar Pilkada,24,Sidoarjo,1,slider,2,Softnews,48,Sumenep,3,surabaya,24,techno,41,TNI,36,Tokoh,5,Travel Food,50,
ltr
item
KabarJatim: Cara Mudah Hadapi Job Interview Berbahasa Inggris dengan Video Tutorial
Cara Mudah Hadapi Job Interview Berbahasa Inggris dengan Video Tutorial
https://2.bp.blogspot.com/-H9BfmYWRcEg/WgLgFxapnbI/AAAAAAAAGJs/4ZhEkVFA5EQTJB0vfXjYXu3imf406uWiQCLcBGAs/s320/Interview.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-H9BfmYWRcEg/WgLgFxapnbI/AAAAAAAAGJs/4ZhEkVFA5EQTJB0vfXjYXu3imf406uWiQCLcBGAs/s72-c/Interview.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/11/cara-mudah-hadapi-job-interview.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/11/cara-mudah-hadapi-job-interview.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy