Politeknik Olahraga Indonesia Resmi Beroperasi

Baca Juga :

PALEMBANG - Menghadapi persaingan dunia olahraga yang semakin pesat, hari ini Selasa (21/11) telah diresmikan Politeknik Olahraga Indonesia (POI) yang bertempat di Palembang, Sumatera Selatan.

Peresmian POI ditandai dengan pemukulan Gong oleh Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin bersama Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta. Pada peresmian tersebut, Raden Isnanta langsung memberikan kuliah umum perdana di Gedung Griya Agung, Rumah Dinas  Gubernur Sumatera Selatan  dengan diikuti sebanyak 90 mahasiswa angkatan pertama 2017 /2018.

Usai memberi kuliah perdana, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Kemenpora Raden Isnanta didampingi Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi, Kemenpora Samsudin menggelar jumpa pers.

Menurut Isnanta, pemerintah mendirikan POI ini bukan semata-sama untuk mencetak sarjana olahraga tapi punya tujuan jauh lebih besar dalam menghadapi kebutuhan global persaingan olahraga yang sangat kompetitif.

"Untuk bisa bersaing dan punya daya saing harus punya keilmuan olahraga yang berbasis konsep ke depan. Konsep ke depan itu tantangan bahwa olahraga sudah menjadi industri. Kalau sudah jadi industri berarti kita harus punya daya saing," ucap Isnanta.

Menurutnya, untuk meningkatkan  prestasi olahraga Indonesia maka kepelatihan harus lebih dominan. "Bukan berarti fakultas yang sudah ada kita kesampingkan seperti pendidikan jasmani, ilmu keolahragaan  dan lainya tapi kita punya segmen yang berbeda. Kalau fakultas olahraga dengan branding pendidikan jasmani berarti mereka dicetak untuk menjadi guru penjas di sekolah dan juga olahraga non prestasi. Di fakultas lain juga ada ilmu kepelatihan, di POI juga ilmu kepelatihan, yang membedakan di politeknik ini lebih ke lapangan tapi keilmuan juga dikuatkan," ujarnya.

Harapan besar kita, mahasiswa yang terseleksi merupakan mahasiswa yang mempunyai skill dan latarbelakang olahraga yang kuat sehingga dari sisi lapangannya sudah mempunyai skill yang kuat dan kita kuatkan keilmuanya.

"Keilmuan ke depan yang menantang adalah sport industri karena di era global semua olahraga hampir diarahkan ke industri. Kalau industrinya lemah, maka olahraga lama-lama akan hilang tapi kalau industrinya dikuatkan maka Olahraga menjadi perputaran perekonomian jadi kuat," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi, Kemenpora Samsudin menyampaikan, di angkatan pertama, POI menerima 90 mahasiswa yang terdiri dari 30 mahasiswa di Program Studi Menajemen Industri Olahraga (D4), 30 mahasiswa di Kepelatihan Olahraga (D4) dan 30 mahasiswa di Analisis Performa Olahraga (D4).

Untuk tahun pertama penerima mahasiswa tahun ajaran 2017/2018 semua biaya perkuliahan di tanggung Kemenpora bahkan di kasih uang saku. Untuk angkatan ke dua dan angkatan ke tiga penerimaan mahasiswa baru untuk tiap tahunnya juga ditanggung Kemenpora sedangkan di tahun keempat biaya kuliah akan dipertimbangkan untuk dibagi dua oleh orang tua mahasiswa yang bersangkutan, " ucap Samsudin.

Pembangunan dan pengelolaan Politeknik Olahraga Indonesia (POI) yang di bangun di kompleks Jakabaring Sport City (JSC) Palembang ini merupakan Kerjasama antara Kemenpora dengan Pemprov Sumsel. Dengan adanya POI ini, tentu olahraga di Indonesia akan semakin maju.

Hadir dalam peresmian POI ini Staf Ahli Bidang Politik Yuni Purwanti, Staf Ahli Bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal dan Staf Ahli Kemenpora Bidang Kerjasama Kelembagaan Pemuda dan Olahraga Adiati Noerdin.

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,174,Blitar,12,bojonegoro,7,Bondowoso,7,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,124,edinarcoin,10,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,73,Goverment News,268,Gus Ipul,1,Haji 2017,33,headline,196,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,Jember,26,Jombang,155,kajatizen,10,Kampus,76,kesehatan,12,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Makro mikro,10,Malang,6,metropolitan,33,NU,54,Olahraga,16,Otomotif,27,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,6,PDI Perjuangan,5,Pemprov Jatim,6,pendidikan,141,peristiwa,623,Pesantren,9,Pilbup Bondowoso,3,Pilgub Jatim,93,PLN Jatim,1,PMII,3,PNS,1,Polhukam,83,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,73,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,51,Science,1,sektor riil,24,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,63,Seputar Pilkada,25,Sidoarjo,2,slider,2,Softnews,52,Sumenep,4,surabaya,27,techno,47,TNI,41,Tokoh,5,Travel Food,57,
ltr
item
KabarJatim: Politeknik Olahraga Indonesia Resmi Beroperasi
Politeknik Olahraga Indonesia Resmi Beroperasi
https://2.bp.blogspot.com/-wV30BEjKmfQ/WhPTTjR2dxI/AAAAAAAAGVI/qbEsuly0ruQy1FlgQYz87T4jxOHiCkCGgCLcBGAs/s320/Politeknik%2BOlahraga.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-wV30BEjKmfQ/WhPTTjR2dxI/AAAAAAAAGVI/qbEsuly0ruQy1FlgQYz87T4jxOHiCkCGgCLcBGAs/s72-c/Politeknik%2BOlahraga.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/11/politeknik-olahraga-indonesia-resmi.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/11/politeknik-olahraga-indonesia-resmi.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy