Mengapa Minat Masyarakat ke SMK Pertanian Rendah?

Baca Juga :

JEMBER - Universitas Jember menggelar rapat kordinasi bersama 52 Kepala Sekolah Menegah Kejuruan Negeri Pertanian-Perkebunan se Jawa Timur, (14/12).

Acara yang diselenggarakan di aula lantai III kantor pusat Universitas Jember ini membahas terkait program percepatan akademik SMKN Pertanian-Perkebunan.

Menurut Gozali, Kepala SMKN 2 Sampang, permasalahan mendasar yang saat ini dihadapi oleh sekolah kejuruan yang berbasis pertanian dan perkebunan adalah rendahnya minat masyarakat.
Menurutnya, animo para orang tua untuk menyekolahkan anaknya di SMK Pertanian masih rendah.

“Dari tahun ke tahun penerimaan siswa baru di SMK Pertanian masih belum mengalami kenaikan. Sehingga perlu ada upaya promosi dalam memberikan pemahaman pada masyarakat bahwa sekolah di SMK Pertanian adalah pilihan yang tepat,” ujar Gozali yang saat ini menjabat ketua Forum Komunikasi Kepala Sekolah (FKKS) SMKN Pertanian-Kemaritiman Jawa Timur, melalui siaran pers yang diterima Kabarjatim.com.

Menurut gozali selain persoalan animo yang masih rendah, ketersediaan sarana dan prasarana yang memadahi masih jauh dari harapan. Akibatnya, beberapa proses pembelajaran tidak bisa berjalan secara optimal.

“Keterbatasan lahan dan laboratorium untuk praktek juga menjadi kendala dalam proses percepatan akademik di sekolah SMK terutama yang ada diwilyah Jawa Timur. Selaian itu banyak guru SMK yang berasal dari ilmu murni bukan dari keguruan. Misalnya lulusan pertanian, lulusan MIPA dan lainnya sehingga masih ada kendala dalam penerapan kurikulum di sekolah,” ujar Alumni Universitas Jember angkatan 1984 ini.

Melalui rapat koordinasi ini Gozali berharap Universitas Jember dapat berperan dalam mengatasi persoalan yang dihadapi oleh SMK. Gozali menginginkan adanya adanya MoU antara SMK Pertanian-Perkebunan Jawa Timur dengan Universitas Jember.

“Sehingga ada payung hukum yang jelas dalam upaya peningkatan SDM guru SMK dan pengembangan kurikulum yang selama ini berjalan. Kami juga berharap siswa SMK termasuk guru dapat menggunakan fasilitas yang dimiliki Universitas Jember dalam proses pembelajaran dan penelitian,” pungkas Gazali.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Jember Ir. Sigit Soeparjono, M.S., Ph.D, menyambut baik kehadiran Kepala SMKN Pertanian-Perkebunan se Jawa Timur ini. Sigit berjanji akan membantu permasalan yang dihaapi oleh SMKN Pertanian-Perkebunan Jawa Timur.

“Sesuai dengan arahan rektor kami akan segera membuat MoU terkait sinkronisasi kurikulum yang ada di SMKN Pertanian Perkebunan dengan Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian dan FKIP. Hal ini dimaksudkan agar ada kesesuaian kurikulum yang ada di SMK sehingga bagi yang ingin melanjutkan studi di Faperta dan FTP bisa berjalan dengan mudah,” ujar Sigit.

Sigit mengatakan, untuk menunjang proses akademik yang ada di sekolah maupun diluar sekolah (praktek) Sigit berjanji akan memberikan ruang bagi SMK yang ingin melakukan proses pembelajaran di Universitas Jember.

“Kami (Faperta) dengan FTP sepakat untuk membantu mereka (SMKN) dalam proses pembelajaran siswa dan guru. Jadi setelah adanya MoU nanti mereka bisa menggunakan laboratorium ataupun lahan untuk praktek,” imbuh Sigit.

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,175,Blitar,13,bojonegoro,7,Bondowoso,13,Bulog,1,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,129,edinarcoin,10,ekonomi,4,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,81,Goverment News,281,gresik,1,gubernur,1,Gus Ipul,5,Haji 2017,33,hanura,1,headline,207,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,jakarta,2,Jember,29,Jombang,180,kajatizen,10,Kampus,78,kediri,1,kesehatan,13,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Kodam V Brawijaya,1,KPU Jatim,1,Makro mikro,10,Malang,8,metropolitan,35,Natal,3,new terios,1,NU,55,Olahraga,20,Otomotif,30,Pacitan,1,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,12,PDI Perjuangan,6,Pemprov Jatim,6,pendidikan,144,peristiwa,688,Pesantren,9,Piala presiden,1,Pilbup Bondowoso,4,Pilgub Jatim,117,PLN,1,PLN Jatim,2,PMII,3,PNS,1,polda jatim,2,Polhukam,87,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,78,Polrestabes surabaya,1,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,55,Science,1,sektor riil,26,sembako,1,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,65,Seputar Pilkada,38,Sidoarjo,2,Slank,2,slider,2,Softnews,54,Sumenep,4,surabaya,36,techno,51,TNI,53,Tokoh,6,Tol,3,Travel Food,60,wagub,2,
ltr
item
KabarJatim: Mengapa Minat Masyarakat ke SMK Pertanian Rendah?
Mengapa Minat Masyarakat ke SMK Pertanian Rendah?
https://2.bp.blogspot.com/-pnxCvN0YtbY/WjOCs24DuWI/AAAAAAAAG6s/NXNexV84CLs7dj2xswVlleudE7EcBwpLACLcBGAs/s320/SMK%2BPertanian.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-pnxCvN0YtbY/WjOCs24DuWI/AAAAAAAAG6s/NXNexV84CLs7dj2xswVlleudE7EcBwpLACLcBGAs/s72-c/SMK%2BPertanian.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/12/mengapa-minat-masyarakat-ke-smk.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/12/mengapa-minat-masyarakat-ke-smk.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy