Universitas Jember Punya Tiga Profesor Baru

Baca Juga :

JEMBER - Universitas Jember menambah jumlah guru besarnya. Para profesor baru ini adalah Prof. Dr. drg. FX. Ady Soesetijo, Sp.Pros, guru besar bidang prostodonsia, di Fakultas Kedokteran Gigi.

Kedua, Prof. Dr. Syaiful Bukhori, ST., M.Kom., guru besar bidang kecerdasan buatan di Program Studi Ilmu Komputer. Sedangkan guru besar ketiga yang bakal dikukuhkan adalah Prof. Dr. Sukarno, M. Litt., guru besar bidang analisis wacana pada Fakultas Ilmu Budaya.

Rencananya, ketiga guru besar ini akan dikukuhkan oleh Rektor Universitas Jember pada hari Rabu, 13 Desember 2017 di Gedung Soetardjo.

Guru besar pertama, Prof. Dr. drg. FX. Ady Soesetijo, Sp.Pros., akan menyampaikan pidato pengukuhan berjudul “Pertimbangan Klinis Gigi Tiruan Fleksibel Dengan Basis Nilon Termoplastis.”
Saat ditemui di gedung rektorat bersama kedua koleganya (11/12), Ady menjelaskan bahwa kebutuhan gigi palsu di Indonesia cukup besar, namun belum diimbangi dengan penyediaan bahan yang aman secara klinis. Untuk itu Prof. Ady menawarkan bahan nilon termoplastis sebagai bahan pembuat gigi palsu.

“Penggunaan gigi tiruan  fleksibel dengan basis nilon termoplastis bisa menjadi pilihan. Karena berdasarkan penelitian yang saya lakukan penggunaan gigi tiruan ini tidak menyebabkan terjadinya alergi dan cenderung lebih kuat dari pada gigi tiruan yang berbasis akrilik dan logam,” jelas Prof. Ady.

Sementara itu guru besar di bidang kecerdasan buatan, Prof. Dr. Syaiful Bukhori, ST., M.Kom dengan pidato pengukuhan berjudul ”Strategi Pengambilan Keputusan Berbasis Artificial Intelligence” menawarkan kecerdasan buatan sebagai alat untuk memprediksikan apakah sebuah kebijakan bakal berhasil atau tidak.

Dirinya lantas mencontohkan simulasi yang sudah dibuatnya, yang dapat membantu petani komoditas cabai dan tembakau dalam memprediksikan kapan harus memutuskan untuk menanam, dan kapan harus menjual produknya. “Harapannya, dengan simulasi berbasis kecerdasan buatan bakal meminimalkan kerugian,” ujar Syaiful Bukhori.

Pidato pengukuhan guru besar ketiga, Prof. Dr. M. Soekarno, M.Litt, tidak kalah menarik. Guru besar dalam bidang analisis wacana ini menguraikan betapa posisi orang yang berhutang sangat lemah, bahkan dari sisi bahasa.

“Jika surat perjanjian hutang piutang ditelisik lebih teliti lagi, maka tampak jelas bagaimana seorang debitur tidak berdaya di hadapan kreditur. Hal ini tampak dalam pemilihan kata dan frasa dalam Surat Perjanjian Pembiayaan Kendaraan, dan juga perjanjian hutang piutang lainnya, yang cenderung memposisikan kreditur sebagai pihak yang mendominasi,” tutur profesor yang menulis pidato pengukuhan berjudul “Membongkar Kuasa Di Balik Bahasa : Kekuasaan, Dominasi, Dan Ketidaksetaraan hubungan Antar Pelibat Wacana”.  

Ditemui secara terpisah, Rektor Universitas Jember mengungkapkan rasa syukurnya atas  pengukuhan tiga guru besar di kampus Tegalboto. Menurutnya, bertambahnya jumlah profesor diharapkan dapat memperkuat atmosfir akademik di Universitas Jember.

“Keberadaan para profesor baru saya harapkan menjadi pendorong kawan-kawan dosen lainnya untuk segera memenuhi persyaratan mencapai gelar profesor,” pesannya. Sebagai informasi hingga saat ini dari 1.164 dosen di Universitas Jember, 51 orang telah menyandang gelar profesor.

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,175,Blitar,13,bojonegoro,7,Bondowoso,13,Bulog,1,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,129,edinarcoin,10,ekonomi,4,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,81,Goverment News,281,gresik,1,gubernur,1,Gus Ipul,5,Haji 2017,33,hanura,1,headline,207,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,jakarta,2,Jember,29,Jombang,180,kajatizen,10,Kampus,78,kediri,1,kesehatan,13,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Kodam V Brawijaya,1,KPU Jatim,1,Makro mikro,10,Malang,8,metropolitan,35,Natal,3,new terios,1,NU,55,Olahraga,20,Otomotif,30,Pacitan,1,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,12,PDI Perjuangan,6,Pemprov Jatim,6,pendidikan,144,peristiwa,688,Pesantren,9,Piala presiden,1,Pilbup Bondowoso,4,Pilgub Jatim,117,PLN,1,PLN Jatim,2,PMII,3,PNS,1,polda jatim,2,Polhukam,87,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,78,Polrestabes surabaya,1,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,55,Science,1,sektor riil,26,sembako,1,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,65,Seputar Pilkada,38,Sidoarjo,2,Slank,2,slider,2,Softnews,54,Sumenep,4,surabaya,36,techno,51,TNI,53,Tokoh,6,Tol,3,Travel Food,60,wagub,2,
ltr
item
KabarJatim: Universitas Jember Punya Tiga Profesor Baru
Universitas Jember Punya Tiga Profesor Baru
https://2.bp.blogspot.com/--SRRNvkYhuM/Wi_HF5VlA8I/AAAAAAAAG30/stLBu9xch7ordpdUD8cNhFuZem61qOqtQCLcBGAs/s320/Guru%2BBesar%2BUnej.jpg
https://2.bp.blogspot.com/--SRRNvkYhuM/Wi_HF5VlA8I/AAAAAAAAG30/stLBu9xch7ordpdUD8cNhFuZem61qOqtQCLcBGAs/s72-c/Guru%2BBesar%2BUnej.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2017/12/universitas-jember-punya-tiga-profesor.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2017/12/universitas-jember-punya-tiga-profesor.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy