Anggota Dewan Soroti Sengkarut KPR BTN di Banyuwangi

Baca Juga :

BANYUWANGI – Anggota DPRD Banyuwangi dari NasDem, Ali Mustofa menilai Bank Tabungan Negara (BTN) merupakan salah satu bank pelat merah semestinya terjaga kredibilitasnya. Namun, setelah ada kejadian yang menimpa puluhan nasabah perumahan Garuda Regency yang sertifikat agunannya justru berada di pihak ketiga, muncul tanda tanya besar.

“Sebagai perbankan satu-satunya yang menyalurkan Kredit Perumahan Rakyat telah membuat rasa khawatir kepada para nasabah di Kabupaten Banyuwangi, sehingga hal ini dapat dikatakan kredit perumahan di BTN sudah mulai tidak aman,” papar Ali Mustofa di DPRD Banyuwangi.

Hal ini diketahuinya dalam Hearing lintas komisi di ruang rapat Komisi I DPRD bersama pihak-pihak terkait. Yang disayangkan, kata Ali sapaannya, pihak BTN Jember yang mempunyai kewenangan penuh dalam permasalahan ini tidak hadir, dan justru diwakilkan kepada BTN Banyuwangi yang notabene-nya tidak memiliki kapasitas menyelesaikan persoalan ini.

Setelah mengetahui beberapa fakta yang ditunjukkan dalam forum tersebut, Ali menduga, terindikasi kuat adanya sindikat dari oknum perbankan yang mempermainkan sistem dengan motif kepentingan pribadi.

Kenapa begitu? Karena dalam Perjanjian Kredit (PK) seharusnya melalui proses yang istilahnya Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit (SP3K) yang kemudian tahapan berikutnya adalah proses Akta Jual Beli (AJB), mekanisme yang telah diatur dalam perundang-undangan ini yang diabaikan oleh BTN.

“Dari sini artinya yang semula sertifikat tersebut atas nama pengembang beralih menjadi nama-nama para nasabah. Lah ini tidak, malahan beberapa sertifikat nasabah ada di BPR Artha Srono dan yang dua berada di perorangan. Ini yang saya maksud tidak aman, BTN tidak menjalan sistem sesuai prosedur, yang berarti kejadian tersebut BTN telah memberikan kredit bodong,” ujar politisi NasDem itu.

Lebih parah lagi, sambung Ali, ada nasabah yang bernama pak Dimas yang telah melunasi angsuran kredit tahun 2015 dan Bu wati telah melunasi pembiayaan April 2017 lalu, misalnya.

Anehnya, sertifikat mereka berdua masih berada di tangan perorangan dan sampai saat ini pun masih atas nama pihak ketiga, belum dibalik namakan. Lantas kemanakah pihak BTN selama 2 sampai 3 tahun ini, artinya dalam kasus ini ada indikasi penggelapan atau penipuan.

“Logika masyarakat sederhana, mereka transaksinya di BTN, kreditnya di BTN, ngangsurnya juga di BTN, kalau telat bayar BTN yang menagih, ketika lunas minta sertifikatnya juga ke BTN dong. Kalau Indikasinya antara developer, notaris, dan oknum BTN, ada persekongkolan ini. Tapi yang menjadi tolak ukur saya adalah bank BTN nya,” katanya menegaskan.

Sementara itu, pendamping warga (nasabah) dari LKBH Untag Banyuwangi, Saleh mengatakan, perwakilan dari Otoritas Jasa Keuangan Jember meminta seluruh dokumen yang berkaitan dengan masalah-masalah nasabah KPR BTN dengan nasabah perumahan Garuda Regency sebelum tanggal 24 Januari dan mereka menyatakan siap untuk mengawal dalam kondisi apapun.

“OJK RI memberikan perhatian khusus untuk mengawal nasabah KPR pada BTN di Banyuwangi dalam kondisi apapun, baik yang difasilitasi oleh DPRD maupun yang difasilitasi oleh lembaga OJK sendiri. OJK juga membuka ruang yang berkaitan dengan permasalahan lainnya terkait permasalahan perbankan dengan nasabah,” ungkap Saleh. (AHU)

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Name

bangkalan,5,Banyuwangi,178,Blitar,14,bojonegoro,8,Bondowoso,16,bonek,2,Bulog,1,Catatan Redaksi,9,Dimas Kanjeng,11,Economy,130,edinarcoin,10,ekonomi,14,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,85,Goverment News,313,gresik,1,gubernur,1,Gus Ipul,19,Haji 2017,35,hanura,1,headline,219,HSN 2016,6,Idul Adha,1,Imlek,1,info gadget,1,jakarta,2,Jember,49,Jombang,186,kajatizen,10,Kampus,90,kediri,4,kesehatan,21,khofifah,4,Klinik Kabarjatim,20,Kodam V Brawijaya,1,KPU Jatim,1,Makro mikro,10,Malang,12,metropolitan,35,Natal,3,new terios,1,NU,57,Olahraga,22,Otomotif,36,Pacitan,1,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,12,PDI Perjuangan,6,Pemprov Jatim,6,pendidikan,159,peristiwa,754,Pesantren,10,Piala presiden,1,Pilbup Bondowoso,6,Pilgub Jatim,159,PLN,1,PLN Jatim,3,PMII,3,PNS,1,polda jatim,3,Polhukam,95,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,79,Polrestabes surabaya,4,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,65,Science,1,sektor riil,26,sembako,1,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,69,Seputar Pilkada,43,Sidoarjo,2,Slank,2,slider,2,Softnews,57,Sumenep,4,surabaya,38,techno,53,Terorisme,1,TNI,69,Tokoh,6,Tol,3,Travel Food,63,trenggalek,2,Umrah,2,wagub,2,
ltr
item
KabarJatim: Anggota Dewan Soroti Sengkarut KPR BTN di Banyuwangi
Anggota Dewan Soroti Sengkarut KPR BTN di Banyuwangi
https://1.bp.blogspot.com/-X1-00uusmcc/WmGoazbqpdI/AAAAAAAAHNU/dow9Luh7y7UYaniw40OJKguu8lsfRmUNwCLcBGAs/s320/Nasdem%2BBanyuwangi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-X1-00uusmcc/WmGoazbqpdI/AAAAAAAAHNU/dow9Luh7y7UYaniw40OJKguu8lsfRmUNwCLcBGAs/s72-c/Nasdem%2BBanyuwangi.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2018/01/anggota-dewan-soroti-sengkarut-kpr-btn.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2018/01/anggota-dewan-soroti-sengkarut-kpr-btn.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy