Bunda! Jangan Percaya Begitu Saja Informasi Pengasuhan Anak di Internet

Baca Juga :

BANJIR informasi di dunia maya acapkali membuat bingung orangtua. Menelan mentah-mentah materi yang disajikan terutama oleh para influencer dan para artis tentu sangat riskan.

Di sinilah pentingnya peran orangtua, terutama ibu dalam memilah informasi untuk dijadikan pijakan memilih asupan yang tepat untuk sang buah hati. Mengapa? sebab nutrisi yang diberikan saat periode emas, yaitu 1.000 hari pertama kehidupan akan mempengaruhi perkembangan anak sepanjang hidupnya, dari postur tubuh hingga perkembangan kognitif anak.

“Seringkali, pasien datang kepada saya untuk menanyakan tren parenting tertentu yang mereka lihat di media sosial. Saya hanya dapat mengatakan bahwa jika setiap anak berbeda, tetapi dalam menyiapkan nutrisi atau makanan pendamping ASI, ibu harus selektif tentang informasi yang mereka dapat,” ujar dr. Melanie Yudiana Iskandar melalui siaran pers, Senin (29/1/2018).

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2016, pengguna internet di Indonesia mencapai 132,7 juta jiwa atau sebesar 51,8% dari total populasi.

Saat ini menemukan informasi online semudah menekan tombol. Media sosial beserta para influencers yang ada di dalamnya menjadi faktor pertimbangan seseorang dalam mengambil keputusan, termasuk dalam hal mengasuh anak. Namun, ibu harus lebih bijak dalam memilih informasi yang diterima untuk menghindari kesalahpahaman, terutama dalam memberikan nutrisi yang tepat untuk bayi.

Dokter Melanie menegaskan, pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) selama periode pertumbuhan penting untuk perkembangan otak anak-anak. Menurut dia, MPASI yang baik adalah yang mengandung karbohidrat, protein hewani dan lemak dengan kepadatan dan volume yang tepat.

“Banyak ibu yang kemudian salah kaprah bahwa pemberian MPASI setelah usia 6 bulan hanya terdiri dari buah dan sayur saja. Tidak ada kalori.  Padahal buah adalah penghambat penyerapan zat besi, zat yang sangat dibutuhkan anak pada periode emas untuk mencegah anemia dan pembentukan sinaps-sinaps otak,” jelas dr. Melanie.

“Seiring bertambahnya usia bayi, kandungan zat besi pada ASI sang ibu berkurang, ditambah lagi buah dan sayur tanpa karbohidrat, makin lama si anak ini makin kekurangan zat besi. Karenanya harus ada karbohidrat, seperti tepung beras, tepung, kentang, lalu jangan lupa tambahkan protein hewani dan lemak baik pada MPASI.”

Sementara untuk mempersiapkan MPASI, dr. Melanie menyarankan untuk memberikan variasi. MPASI tidak harus selalu dimasak tim, tetapi setelah memasuki usia 7 bulan, bayi bisa diberikan makanan yang ditumis atau digoreng kemudian di-blender lagi sebelum diberikan pada si kecil. Dengan demikian, bayi tidak bosan dan tidak susah makan.

Bagi sebagian orangtua, mempersiapkan MPASI yang tepat dengan nutrisi yang cukup bisa jadi menghadirkan kerumitan tersendiri. Di sini, Philips AVENT mencoba menghadirkan solusi untuk membantu orangtua menyiapkan makanan lezat dan bergizi untuk si kecil dengan cara yang praktis dan mudah.

“Kami ingin memberikan dukungan kepada seluruh orangtua dalam memberikan nutrisi tepat bagi buah hatinya, tidak hanya melalui produk namun juga menyediakan informasi dari ahli, terutama untuk para orangtua baru. Kami sangat menyadari pentingnya masa periode emas demi generasi yang lebih sehat,” ujar Yongky Sentosa, Head of Personal Health Philips Indonesia.

Philips AVENT 4-in-1 Steamer Blender mampu mengukus, mencampur, mencairkan dan memanaskan kembali makanan, sehingga memudahkan orang tua dalam menyiapkan MPASI.
Orangtua dapat mengukus makanan bayi secara merata tanpa harus merebus air. Setelah makanan dikukus, cukup angkat wadah dan balikkan untuk mencampur makanan dengan konsistensi yang diinginkan, sehingga cukup lembut untuk bayi menelan.

COMMENTS

Name

bangkalan,5,Banyuwangi,178,Blitar,14,bojonegoro,8,Bondowoso,16,bonek,2,Bulog,1,Catatan Redaksi,9,Dimas Kanjeng,11,Economy,130,edinarcoin,10,ekonomi,14,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,85,Goverment News,313,gresik,1,gubernur,1,Gus Ipul,19,Haji 2017,35,hanura,1,headline,219,HSN 2016,6,Idul Adha,1,Imlek,1,info gadget,1,jakarta,2,Jember,50,Jombang,186,kajatizen,10,Kampus,91,kediri,4,kesehatan,21,khofifah,4,Klinik Kabarjatim,20,Kodam V Brawijaya,1,KPU Jatim,1,Makro mikro,10,Malang,12,metropolitan,35,Natal,3,new terios,1,NU,57,Olahraga,22,Otomotif,36,Pacitan,1,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,12,PDI Perjuangan,6,Pemprov Jatim,6,pendidikan,159,peristiwa,755,Pesantren,10,Piala presiden,1,Pilbup Bondowoso,6,Pilgub Jatim,159,PLN,1,PLN Jatim,3,PMII,3,PNS,1,polda jatim,3,Polhukam,95,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,79,Polrestabes surabaya,4,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,65,Science,1,sektor riil,26,sembako,1,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,69,Seputar Pilkada,43,Sidoarjo,2,Slank,2,slider,2,Softnews,57,Sumenep,4,surabaya,38,techno,53,Terorisme,1,TNI,69,Tokoh,6,Tol,3,Travel Food,63,trenggalek,2,Umrah,2,wagub,2,
ltr
item
KabarJatim: Bunda! Jangan Percaya Begitu Saja Informasi Pengasuhan Anak di Internet
Bunda! Jangan Percaya Begitu Saja Informasi Pengasuhan Anak di Internet
https://1.bp.blogspot.com/-meU0RGJha40/Wm9TDe1_u3I/AAAAAAAAHY0/WtS0vCOXaqQcxZDa2XvtOkzfnqD1pbVnACLcBGAs/s320/Bayi%2Bmakan.png
https://1.bp.blogspot.com/-meU0RGJha40/Wm9TDe1_u3I/AAAAAAAAHY0/WtS0vCOXaqQcxZDa2XvtOkzfnqD1pbVnACLcBGAs/s72-c/Bayi%2Bmakan.png
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2018/01/bunda-jangan-percaya-begitu-saja.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2018/01/bunda-jangan-percaya-begitu-saja.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy