ICW Kecewa Golkar Tunjuk Bambang Soesatyo Jadi Ketua DPR, Kenapa?

Baca Juga :

Politis Partai Golkar Bambang Soesatyo telah dilantik sebagai Ketua DPR pengganti Setya Novanto. Pelantikan tersebut menindaklanjuti surat penunjukan Partai Golkar dibawah pimpinan Airlangga Hartarto.

Dalam kaitan ini, Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat penunjukan Bambang Soesatyo justru menunjukkan Partai Golkar mengabaikan kebutuhan DPR terhadap pimpinan yang kredibel dan mengonfirmasi bahwa partai pimpinan Airlangga Hartarto tersebut tidak belajar dari kelengahan sebelumnya.

Peneliti ICW Donal Fariz menyebutkan saat Partai Golkar menunjuk Setya Novanto sebagai Ketua DPR, sejumlah pihak memberikan warning akibat citra Setya Novanto yang buruk karena banyak disebut dan diduga terlibat kasus korupsi. “Mulai dari kasus cassie Bank Bali, penyelundupan beras impor, pembangunan lapangan tembak PON Riau, hingga korupsi KTP Elektronik,” ulasnya melalui siaran pers yang diterima Kabarjatim.com.

Hasilnya, sepanjang Setya Novanto menjabat, banyak kontroversi yang dilakukan oleh Setya Novanto dan berdampak buruk pada citra DPR. Mulai dari kasus selfie dengan Donald Trump, kasus Papa Minta Saham, hingga terakhir menjadi tersangka kasus korupsi KTP Elektronik. Rentetan kasus tersebut mengonfirmasi kekhawatiran publik mengenai sosok pilihan Partai Golkar.

Harapan publik paska dideklarasikannya slogan #GolkarBersih oleh Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto tidak terjawab. Ditunjuknya Bambang Soesatyo menunjukkan ketidakkonsistenan Partai Golkar dengan tema Golkar Bersih yang mereka usung.  Menunjuk Bambang yang juga duduk sebagai anggota pansus angket sangat bertolak belakang dengan keinginan Golkar untuk keluar dari pansus hak angket.

Bambang Soesatyo pernah disebut oleh Miryam S. Haryani telah menekannya agar tidak mengakui pembagian uang dalam kasus E-KTP. Kesaksian ini kemudian dicabut oleh Miryam dan menjadi cikal bakal penggunaan Hak Angket DPR untuk KPK. Tidak hanya itu, Bambang Soesatyo juga beberapa kali diperiksa KPK dalam kasus korupsi simulator ujian surat izin mengemudi di Korps Lalu Lintas Polri pada 2013.

Oleh karena itu, Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai bahwa langkah Partai Golkar menunjuk Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR merupakan langkah yang tidak tepat dan tidak sejalan dengan komitmen #GolkarBersih. Langkah mengecewakan ini dikhawatirkan akan semakin berdampak buruk terhadap citra DPR dan komitmen Partai Golkar serta DPR untuk pemberantasan korupsi.

ICW merekomendasikan Partai Golkar untuk menarik keputusan penunjukan Bambang Soesatyo dan menggantinya dengan anggota yang tidak mempunyai rekam jejak bermasalah dalam hal kasus korupsi diantara 91 anggota fraksi yang dimiliki. Prasyarat dasar pemilihan pengganti Setya adalah anggota bersangkutan tidak pernah disebut atau diduga terlibat dalam kasus korupsi dan kejahatan lainnya serta bukan pihak yang secara aktif merongrong upaya pemberantasan korupsi.

Pekerjaan Rumah DPR

Masa jabatan legislatif periode 2014-2019 tersisa 20 bulan lagi. Berkaca pada tahun-tahun pemilu sebelumnya, anggota DPR akan lebih disibukkan dengan agenda elektoral dibanding legislatif. Jika dilihat dari pendekatan agenda pemilu, sesungguhnya pergantian ini tidak terlalu efektif sepenuhnya dikarenakan tahapan Pemilu Serentak 2019 akan segera dimulai, terlebih lagi pencalonan anggota legislatif Juli hingga September 2018.

Pada sisa waktu yang sempit serta ditengah sibuknya agenda politik legislatif dan elektoral, DPR mempunyai setumpuk pekerjaan rumah. Salah satu pekerjaan rumah tersebut adalah mengembalikan kepercayaan publik yang semakin rendah.

Survei terakhir dari Lembaga Survei Syaiful Mujani Research & Consulting (SMRC) pada Juni 2017 menyebutkan bahwa tingkat kepercayaan publik kepada DPR hanya 63%, jauh dibawah Tentara Nasional Indonesia (TNI), presiden, dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tingkat kepercayaan tersebut diduga semakin tergerus akibat kontroversi yang dilakukan DPR secara kelembagaan dan kasus yang menimpa Setya Novanto saat yang bersangkutan menjabat sebagai Ketua DPR aktif.

Pekerjaan rumah ini membuat DPR semakin membutuhkan sosok pimpinan yang tidak hanya solid dan cakap berpolitik. DPR juga membutuhkan pimpinan yang dapat menggenjot kinerja DPR sehingga sekali kayuh dapat membuat DPR lebih mampu menjalankan tugas dan memperbaiki citra DPR. Prasyarat awal untuk mencapai hal tersebut adalah memilih pimpinan pengganti Setya Novanto dengan anggota yang namanya masih bersih dari dugaan keterlibatan kasus korupsi manapun.

COMMENTS

Name

bangkalan,5,Banyuwangi,178,Blitar,14,bojonegoro,8,Bondowoso,16,bonek,2,Bulog,1,Catatan Redaksi,9,Dimas Kanjeng,11,Economy,130,edinarcoin,10,ekonomi,14,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,85,Goverment News,313,gresik,1,gubernur,1,Gus Ipul,19,Haji 2017,35,hanura,1,headline,219,HSN 2016,6,Idul Adha,1,Imlek,1,info gadget,1,jakarta,2,Jember,50,Jombang,186,kajatizen,10,Kampus,91,kediri,4,kesehatan,21,khofifah,4,Klinik Kabarjatim,20,Kodam V Brawijaya,1,KPU Jatim,1,Makro mikro,10,Malang,12,metropolitan,35,Natal,3,new terios,1,NU,57,Olahraga,22,Otomotif,36,Pacitan,1,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,12,PDI Perjuangan,6,Pemprov Jatim,6,pendidikan,159,peristiwa,755,Pesantren,10,Piala presiden,1,Pilbup Bondowoso,6,Pilgub Jatim,159,PLN,1,PLN Jatim,3,PMII,3,PNS,1,polda jatim,3,Polhukam,95,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,79,Polrestabes surabaya,4,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,65,Science,1,sektor riil,26,sembako,1,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,69,Seputar Pilkada,43,Sidoarjo,2,Slank,2,slider,2,Softnews,57,Sumenep,4,surabaya,38,techno,53,Terorisme,1,TNI,69,Tokoh,6,Tol,3,Travel Food,63,trenggalek,2,Umrah,2,wagub,2,
ltr
item
KabarJatim: ICW Kecewa Golkar Tunjuk Bambang Soesatyo Jadi Ketua DPR, Kenapa?
ICW Kecewa Golkar Tunjuk Bambang Soesatyo Jadi Ketua DPR, Kenapa?
https://2.bp.blogspot.com/-Lcl3rQmQz8c/WlylMSjKApI/AAAAAAAAHJQ/dLYPYJBM6SogLHzPay8E2dKRPGulIQ76QCLcBGAs/s320/Bamsoet%2Bnew.JPG
https://2.bp.blogspot.com/-Lcl3rQmQz8c/WlylMSjKApI/AAAAAAAAHJQ/dLYPYJBM6SogLHzPay8E2dKRPGulIQ76QCLcBGAs/s72-c/Bamsoet%2Bnew.JPG
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2018/01/icw-kecewa-golkar-tunjuk-bambang.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2018/01/icw-kecewa-golkar-tunjuk-bambang.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy