Kasus Pelecehan Seksual Pasien di Surabaya Picu Amarah Menteri Yohana

Baca Juga :

JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise marah setelah mendengar kasus pelecehan seksual terhadap pasien di sebuah rumah sakit di Surabaya. Apalagi pelakunya adalah seorang perawat yang semestinya memberikan perlindungan terhadap korban.

“Saya merasa sangat geram atas adanya kejadian pelecehan seksual terhadap perempuan. Mirisnya, hal ini dilakukan oleh tenaga medis kepada pasien yang tengah menjalani perawatan. Pasien yang seharusnya mendapatkan perlindungan karena dalam kondisi tidak berdaya setelah menjalani operasi, justru mendapatkan perlakuan yang tidak pantas oleh salah satu perawat laki-laki,” ujar Yohana Yembise melalui siaran pers yang diterima Kabarjatim.com, Jumat (26/1/2018).

Yohana menegaskan tidak menolerir sekecil apapun bentuk kekerasan, pelecehan, dan diskriminasi, khususnya terhadap perempuan dan anak. Pelaku harus mendapatkan sanksi atau hukuman sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar menimbulkan efek jera dan tidak ada korban lagi di kemudian hari

Lebih lanjut, ia mengapresiasi pihak manajemen RS dan aparat kepolisian yang segera mengambil tindakan untuk menangani dugaan kasus pelecehan seksual terhadap perempuan yang akhir-akhir ini jumlahnya semakin meningkat.

Setelah diinterogasi oleh pihak RS, akhirnya pelaku mengakui perbuatannya dan memohon maaf kepada korban. Karena telah melanggar etika profesi, pihak RS pun telah memberhentikan perawat tersebut dari pekerjaannya.

Sementara itu, Polresta Surabaya kini tengah melakukan penyelidikan dan akan ditingkatkan ke proses penyidikan jika menemukan indikasi adanya tindak pidana yang dilakukan oleh pelaku.
Wanita yang akrab disapa Mama Yo ini berharap Kementerian Kesehatan dapat meningkatkan upaya perlindungan kepada pasien yang dinilai menjadi tempat rawan bagi terjadinya tindakan pelecehan atau bentuk kekerasan lainnya.

Kementerian Kesehatan merupakan mitra kerja terdekat dalam penanggulangan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak (KTPA). Selain itu, Kementerian Sosial dan Polri yang sudah sejak tahun 2000 lalu diberikan mandat dalam Ķatmagatrifol (Kesepakatan Tiga Menteri dan Polri terkait Perlindungan Perempuan dan Anak dari Kekerasan).

“Kami berharap pihak RS dapat memberikan layanan rehabilitasi sosial terhadap trauma yang dialami korban agar cepat pulih dan mendapatkan kepercayaan diri kembali karena jika tindakan tersebut tidak segera dilakukan, maka akan berdampak negatif seumur hidup. Kami juga mendorong perempuan untuk punya keberanian melaporkan kasus kekerasan yang dialami. Jangan diam saja!” ujarnya.

Suami korban, Yudi Wibowo Subiakto (55), menjelaskan, peristiwa yang menimpa istrinya terjadi pada 23 Januari sekitar pukul 11 30 WIB sampai 12.00 WIB.

"Awalnya istri saya mengalami sakit kandungan yang perlu segera penanganan medis yakni operasi. Jika tidak diambil tindakan cepat, bisa mengakibatkan kanker," terang Yudi pada wartawan.

Selanjutnya dia mengantarkan sang istri ke RS National Hospital. Setelah mengantar istrinya, Yudi pulang dan bekerja seperti biasa. Sedangkan istrinya ditunggui keluarganya di rumah sakit.

Lalu istrinya memberi kabar bahwa harus dilakukan operasi. Sebab jika tidak dioperasi bisa terkena kanker. Kemudian dioperasi oleh dokter di ruang operasi. Saat berada di ruang pemulihan, pasien yang setengah sadar diraba-raba (payudaranya) oleh perawat laki-laki bernama Junaidi.

"Dalam keadaan tak berdaya, (pelecehan) sampai dua kali, (tangannya) dimasukkan, dikeluarkan lagi. Dia (pelaku) tolah toleh lihat ada orang apa gak. Mungkin ada pasien-pasien lain diperlakukan seperti itu,” ujar Yudi.

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Name

bangkalan,5,Banyuwangi,178,Blitar,14,bojonegoro,8,Bondowoso,16,bonek,2,Bulog,1,Catatan Redaksi,9,Dimas Kanjeng,11,Economy,130,edinarcoin,10,ekonomi,14,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,85,Goverment News,313,gresik,1,gubernur,1,Gus Ipul,19,Haji 2017,35,hanura,1,headline,219,HSN 2016,6,Idul Adha,1,Imlek,1,info gadget,1,jakarta,2,Jember,50,Jombang,186,kajatizen,10,Kampus,91,kediri,4,kesehatan,21,khofifah,4,Klinik Kabarjatim,20,Kodam V Brawijaya,1,KPU Jatim,1,Makro mikro,10,Malang,12,metropolitan,35,Natal,3,new terios,1,NU,57,Olahraga,22,Otomotif,36,Pacitan,1,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,12,PDI Perjuangan,6,Pemprov Jatim,6,pendidikan,159,peristiwa,755,Pesantren,10,Piala presiden,1,Pilbup Bondowoso,6,Pilgub Jatim,159,PLN,1,PLN Jatim,3,PMII,3,PNS,1,polda jatim,3,Polhukam,95,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,79,Polrestabes surabaya,4,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,65,Science,1,sektor riil,26,sembako,1,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,69,Seputar Pilkada,43,Sidoarjo,2,Slank,2,slider,2,Softnews,57,Sumenep,4,surabaya,38,techno,53,Terorisme,1,TNI,69,Tokoh,6,Tol,3,Travel Food,63,trenggalek,2,Umrah,2,wagub,2,
ltr
item
KabarJatim: Kasus Pelecehan Seksual Pasien di Surabaya Picu Amarah Menteri Yohana
Kasus Pelecehan Seksual Pasien di Surabaya Picu Amarah Menteri Yohana
https://2.bp.blogspot.com/-0URqgiThGQw/Wmsco_tHmbI/AAAAAAAAHW0/MUhcKqpptfE0EivnYgD-RDbmr1jI7kFOgCLcBGAs/s320/Cabul%2Bsurabaya.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-0URqgiThGQw/Wmsco_tHmbI/AAAAAAAAHW0/MUhcKqpptfE0EivnYgD-RDbmr1jI7kFOgCLcBGAs/s72-c/Cabul%2Bsurabaya.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2018/01/kasus-pelecehan-seksual-pasien-di.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2018/01/kasus-pelecehan-seksual-pasien-di.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy