Pemerintah Mulai Persiapkan Arus Mudik Lebaran 2018

Baca Juga :

JAKARTA - Pemerintah sejak jauh hari telah mempersiapkan penanganan arus mudik lebaran tahun ini yang akan jatuh pada tanggal 15-16 Juni 2018.

Dalam rangka persiapan tersebut telah dilakukan rapat koordinasi di Kementerian Perhubungan yang dihadiri oleh Direktur Jenderal Bina Marga, Kementerian PUPR (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, kemarin.

Di Pulau Jawa, arus mudik lebaran mayoritas akan tetap banyak melintas di Jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa dan Tol Trans Jawa. Kondisi jalan dipertahankan tidak ada lubang dengan pemeliharaan rutin jalan tetap dan dihentikan sementara jelang arus mudik untuk mengurangi kemacetan.

Beberapa titik kemacetan juga diantisipasi seperti pada ruas Semarang – Demak yang kerap menghadapi ancaman Rob. Kementerian PUPR telah melakukan pembangunan tanggul pantai di Pantai Utara Kota Semarang dari Kaligawe – Genuk sepanjang 2,2 km dan disiagakan 10 pompa untuk kondisi darurat.

Beroperasinya 4 flyover yakni  flyover Klonengan dan  Kesambi di Kabupaten Tegal, serta flyover Kretek dan Dermoleng di Kabupaten Brebes pada tahun 2017 lalu akan sangat membantu mengurangi antrian kendaraan dan mempersingkat waktu tempuh pemudik dari Pantura menuju arah Purwokerto. Dengan adanya 4 flyover itu kemacetan parah akibat adanya perlintasan sebidang kereta dapat terurai.

Jalan tol diperkirakan masih menjadi primadona para pemudik untuk kembali ke kampung halamannya. Kementerian PUPR bersama dengan Pemerintah Daerah dan Badan Usaha Jalan Tol terus berupaya menyelesaikan pembebasan lahan dan konstruksi Tol Trans Jawa. Saat ini pengguna jalan dari Jakarta menuju Semarang masih keluar di Tol Pejagaan – Pemalang yakni di Gerbang Tol Brebes Timur.

“Ditargetkan Tol Trans Jawa pada akhir 2018 bisa tersambung dan beroperasi. Progres pembebasan tanahnya cukup baik, tinggal percepatan konstruksinya kita lakukan. Untuk arus mudik lebaran bulan Juni 2018 beberapa ruasnya sudah bisa fungsional,”kata Menteri Basuki beberapa waktu lalu. 

Beberapa ruas tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Pasuruan ditargetkan bisa selesai dan diresmikan sebelum Juni 2018 yakni ruas Pejagan – Pemalang akan beroperasi penuh sepanjang 57,50 km dengan selesainya Seksi 3 dan 4 (Brebes Timur – Pemalang).

Kemudian ruas Solo – Ngawi juga beroperasi penuh sepanjang 90,42 km dan Ngawi – Kertosono untuk Seksi I -  Seksi 3 mulai dari Ngawi hingga Wilangan sepanjang 49,45 km dari total panjang 86,9 km.        

Sementara untuk ruas tol lainnya yang masih tahap penyelesaian konstruksi, antara lain Pemalang – Batang (33,2 km), Batang – Semarang (75 km), Semarang – Solo Seksi 4 dan 5 dari Boyolali – Kartosuro (32,54 km), Ngawi – Kertosono Seksi 4 Wilangan-Kertosono (37 km) ditargetkan sudah fungsional dilewati kendaraan dengan kondisi perkerasan beton. Total ruas fungsional di Tol Trans Jawa sepanjang 178 km. 

Tol Trans Sumatera


Sementara untuk Tol Trans Sumatera, pada 21 Januari 2018, Presiden Joko Widodo telah meresmikan 14 km dari 140 km jalan tol Bakauheni –Terbanggi Besar di Provinsi Lampung. Sebelum Juni 2018, ditargetkan beberapa ruas Tol Trans Sumatera akan operasional dan beberapa ruas lainnya bisa fungsional dilalui pada arus mudik lebaran 2018.

Pada bulan April 2018 Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) seksi 1 Tanjung Morawa-Parbarakan (10,75 km) akan bisa dioperasikan. Ini akan melengkapi Seksi 2-6 Kualanamu-Sei. Rampah (41,6 km) yang diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden RI Joko Widodo bersama Tol Medan-Binjai seksi 2-3  (10,5 km) pada 13 Oktober 2017 lalu.

Seksi 1 Tol MKTT akan tersambung dengan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) (34 km) yang dikelola oleh PT. Jasa Marga yang telah beroperasi sejak tahun 1986. Tol Medan-Binjai akan beroperasi penuh dengan akan beroperasinya Seksi 1 Jalan Veteran - SS Helvetia (3,25 km)
Sementara itu terdapat 140 km Tol Trans Sumatera yang fungsional yakni Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Paket 1 – Paket 4  (126,78 km) dan Palembang – Indralaya seksi 2 dan seksi 3 (14,18 km).

Sementara itu, Mendagri Tjahjo Kumolo berharap masa libur lebaran tahun ini bisa lancar dan aman. Warga yang mudik saat lebaran bisa sampai ke kampung dengan selamat. Meski lebaran tahun ini bertepatan dengan tahun politik, Tjahjo berharap bisa lancar saja, tanpa ada gangguan yang berarti.
Dalam arahannya, Tjahjo mengapreasi kerja Menteri Perhubungan. Ia juga mengapreasi langkah Menteri Perhubungan yang sudah jauh-jauh hari mempersiapkan angkutan untuk lebaran.

"Kami mengapresiasi pada Menteri Perhubungan dengan rapat koordinasi ini jauh-jauh hari, bulan Januari. Kemudian juga mengapresiasi kepada semua pemerintah daerah yang mampu melaksanakan tugasnya bersama dengan baik," kata Tjahjo.

Kementerian Dalam Negeri, kata  Tjahjo tentu ikut bertanggung jawab memastikan perayaan hari raya Idul Fitri berlangsung tanpa gangguan. Dirinya sendiri, dalam kontek mendukung kelancaran arus mudik nanti, telah mengirimkan radiogram yang ditujukan kepada seluruh kepada daerah, agar ikut membantu kelancaran mudik lebaran. Ia berharap, mudik lebaran bisa berjalan semakin baik. Meski lebaran kali ini, bertepatan dengan musim politik.

"Mudah-mudahan akan semakin baik. Hanya permasalahannya untuk lebaran tahun ini bersamaan dengan aktivitas politik. Tahun politik, ada Pilkada serentak dan tahapan pemilu. Daerah harus mensukseskan ini," katanya.

Tjahjo menambahkan untuk mendukung kelancaran arus mudik, ia telah meminta semua kepala daerah, terutama yang daerahnya dilewati jalur pemudik, siap 24 jam melayani pemudik. Dukungan fasilitas kesehatan tentu sangat penting, mulai dari puskesmas hingga rumah sakit daerah. Dan, fasilitas kesehatan di jalur mudik harus siap melayani 24 jam.

"Dokternya ada, obatnya ada. Dan seandainya kekurangan sarana dan prasarana koordinasi, khususnya dengan kepolisian," katanya.

Pemerintah daerah juga, kata Tjahjo harus menyiapkan aparaturnya, terutama Satpol PP. Bangun dan sediakan posko mudik yang siap sedia melayani para pemudik. Dan yang harus disyukuri, infrastruktur jalan kini semakin baik. Ia yakin, dengan infrastruktur jalan yang memadai, arus  mudik bakal kian lancar. Meski begitu, harus dipetakan jalan-jalan yang rawan kecelakaan dan biang macet. Sehingga ada antisipasi.

"Saya kira kepolisian juga telah paham beberapa kondisi-kondisi ini. Kami meminta untuk pemerintah daerah, mengalokasikan anggarannya. Kalau ada apa-apa jangan sampai tidak diselesaikan. Bahkan terkait hal-hal yang kecil (harus dicermati) seperti posko, minuman dan lain-lain. Pemda mulai bulan depan harus mempersiapkan itu. Dan yang penting koordinasi dengan kepolisian setempat bisa dijalankan," tuturnya.

Kunci kelancaran arus mudik lebaran, kata Tjahjo, pada koordinasi dan sinergi. Dan taat pada fungsi masing- masing. " Arahan Bapak presiden clear melayani dengan baik, cepat pelayanannya, di rumah sakit, BBM-nya, posko-poskonya," ujarnya.

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Name

bangkalan,5,Banyuwangi,178,Blitar,14,bojonegoro,8,Bondowoso,16,bonek,2,Bulog,1,Catatan Redaksi,9,Dimas Kanjeng,11,Economy,130,edinarcoin,10,ekonomi,14,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,85,Goverment News,313,gresik,1,gubernur,1,Gus Ipul,19,Haji 2017,35,hanura,1,headline,219,HSN 2016,6,Idul Adha,1,Imlek,1,info gadget,1,jakarta,2,Jember,49,Jombang,186,kajatizen,10,Kampus,90,kediri,4,kesehatan,21,khofifah,4,Klinik Kabarjatim,20,Kodam V Brawijaya,1,KPU Jatim,1,Makro mikro,10,Malang,12,metropolitan,35,Natal,3,new terios,1,NU,57,Olahraga,22,Otomotif,36,Pacitan,1,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,12,PDI Perjuangan,6,Pemprov Jatim,6,pendidikan,159,peristiwa,754,Pesantren,10,Piala presiden,1,Pilbup Bondowoso,6,Pilgub Jatim,159,PLN,1,PLN Jatim,3,PMII,3,PNS,1,polda jatim,3,Polhukam,95,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,79,Polrestabes surabaya,4,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,65,Science,1,sektor riil,26,sembako,1,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,69,Seputar Pilkada,43,Sidoarjo,2,Slank,2,slider,2,Softnews,57,Sumenep,4,surabaya,38,techno,53,Terorisme,1,TNI,69,Tokoh,6,Tol,3,Travel Food,63,trenggalek,2,Umrah,2,wagub,2,
ltr
item
KabarJatim: Pemerintah Mulai Persiapkan Arus Mudik Lebaran 2018
Pemerintah Mulai Persiapkan Arus Mudik Lebaran 2018
https://1.bp.blogspot.com/-YYoycWEDmrU/WnF03atGwwI/AAAAAAAAHcQ/tu3wfpq_7pEWdXshEpMFd9R3xiiFiPBAQCLcBGAs/s320/Tol%2BKlonengan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-YYoycWEDmrU/WnF03atGwwI/AAAAAAAAHcQ/tu3wfpq_7pEWdXshEpMFd9R3xiiFiPBAQCLcBGAs/s72-c/Tol%2BKlonengan.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2018/01/pemerintah-mulai-persiapkan-arus-mudik.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2018/01/pemerintah-mulai-persiapkan-arus-mudik.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy