Perawatan Tradisional Penyakit Diabetes

Baca Juga :

Caption: Pyramida Makanan Diabetes




SURABAYA-Perawatan untuk penyakit diabetes memang menimbulkan banyak pertanyaan. Pada dasarnya pengobatan untuk diabetes dilakukan untuk mengatur kadar gula dalam darah, sehingga bisa mencegah munculnya infeksi yang lebih parah, sebagaimana dikutip dari halosehat.com.
Ada 2 tipe diabetes yang dikenal yaitu diabetes tipe 1 dan 2. Dua jenis tipe diabetes ini membutuhkan perawatan yang berbeda.

Cara Mengobati Diabetes

Diabetes tipe 1 akan lebih efektif jika diobati dengan suntikan insulin. Diabetes tipe 1 disebabkan karena tubuh menderita auto imun yaitu ketika tubuh tidak bisa menghancurkan sel yang berfungsi untuk memproduksi insulin.
Perawatan dengan memperbaiki asupan makanan dan olahraga secara teratur hanya cocok dilakukan untuk diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 sama sekali tidak akan tepat menjalani perawatan ini.

Langkah Dasar Perawatan Diabetes

Pada dasarnya perawatan diabetes bisa dilakukan dengan beberapa cara. Banyak orang yang memilih jalur pengobatan dengan obat minum atau suntikan insulin. Tindakan utama perawatan diabetes meliputi beberapa tahap. Dibawah ini adalah tiga langkah utama untuk mengobati diabetes :

1. Kontrol Asupan Makanan

Penyebab diabetes tipe 1 dan 2 bagi penderitanya membutuhkan pengaturan makanan yang ketat. Banyak orang yang memilih jenis makanan tanpa mengatur porsi makan. Tindakan ini sama sekali tidak akan memberikan efek untuk perawatan. Jadi tindakan yang paling tepat adalah dengan mengatur jenis makanan, mengatur waktu makan dan mengatur jumlah porsi makan.

2. Kontrol Obat

Obat untuk diabetes biasanya disediakan dengan sejumlah insulin yang harus terus diberikan kepada penderita diabetes. Perawatan ini bisa dilakukan untuk penderita diabetes tipe 1. Sementara perawatan juga bisa dilakukan untuk beberapa penderita diabetes tipe 2, namun tidak kepada semua penderita. Langkah perawatan ini memang biasanya membutuhkan biaya yang lebih tinggi.

3. Kontrol Aktivitas Fisik

Mengatur gerakan fisik bisa menjadi langkah pengobatan yang penting terutama untuk diabetes tipe 2. Diabetes biasanya menyebabkan beberapa penyakit komplikasi seperti serangan jantung, stroke dan hipertensi. Olahraga ringan selama 30 menit dalam setiap hari bisa menjadi salah satu perawatan yang sangat tepat.

Pengobatan Umum untuk Diabetes

Perawatan untuk diabetes bisa dilakukan dengan beberapa cara pengobatan. Ada 3 macam cara mengobati diabetes yang bisa dilakukan secara tradisional. Berikut ini adalah beberapa jenis pengobatan berdasarkan cara perawatan :

1. Akupuntur

Akupuntur adalah pengobatan yang banyak dilakukan di China. Perawatan dilakukan dengan menusuk jarum kecil ke bagian titik tertentu untuk mengurangi rasa sakit pada penderita diabetes. Akupuntur dilakukan untuk mengatasi keluhan syaraf yang sering terjadi pada penderita diabetes. Efek dari pengobatan ini adalah untuk mengatasi kadar gula darah yang terlalu tinggi.

2. Ramuan Ginseng

Ramuan ginseng yang telah diolah menjadi minuman memiliki efek yang baik untuk mengatasi diabetes. Ginseng bisa menurunkan kadar gula dalam darah secara efektif. Kandungan berbagai jenis senyawa yang terdapat dalam ginseng bisa menjadi salah satu cara mengobati diabetes secara alami. Perawatan ini sudah dilakukan sejak lama di China.

3. Makanan yang Mengandung Magnesium

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa kekurangan magnesium bisa meningkatkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes. Kekurangan magnesium bisa mengganggu produksi insulin pada pankeras. Untuk mengatasi masalah ini maka bisa menggunakan diet makanan yang mengandung magnesium. Beberapa bahan yang bisa dikonsumsi adalah semua jenis sayuran hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian. Tapi perawatan ini hanya efektif untuk diabetes tipe 2.
Pengobatan Tradisional dan Herbal (Diabetes Tipe 2)

Perawatan herbal dan tradisional dilakukan untuk menurunkan kadar gula dalam darah pada diabetes basah. Banyak jenis obat herbal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kenaikan kadar gula dalam darah. jenis perawatan ini biasanya dilakukan untuk diabetes tipe 2.

Berikut ini adalah beberapa jenis perawatan herbal yang bisa dilakukan :

1. Jus Jeli Lidah Buaya

Jus lidah buaya bisa didapatkan dengan mengambil bagian tengah daging lidah buaya yang berbentuk seperti jeli. Konsumsi jus dari daging lidah buaya bisa menjadi obat yang sangat ampuh untuk penderita diabetes 2. Kandungan senyawa aktif dalam lidah buaya bisa menurunkan lemak dalam darah sehingga penting untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Selain itu, bahan gel lidah buaya juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka atau bisul pada penderita diabetes. Lidah buaya mengandung senyawa lektin, antrakuinon dan manans yang sangat baik untuk penderita diabetes.

2. Ramuan Jahe

Jahe juga bisa menjadi obat diabetes yang sangat ampuh. Jahe telah digunakan oleh sebagai obat tradisional untuk perawatan diabetes. Cara perawatan dilakukan dengan mengambil rimpang jahe segar kemudian di hancurkan kasar sehingga akan mengeluarkan zat khusus ketika direbus.

Manfaat jahe untuk perawatan diabetes adalah mengontrol kadar gula dalam darah. Meningkatkan penyerapan gula dalam darah ke otot sehingga tidak membutuhkan insulin yang terlalu banyak serta bisa mengatur kadar gula darah yang tinggi.
Pengobatan Kontrol Kadar Gula Darah

Selain melakukan perawatan dengan herbal dan cara tradisional, maka diabetes tipe 2 juga bisa diobati dengan mengatur jumlah asupan makanan. Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

1. Brokoli, Kale, Kembang Kol

Berbagai jenis sayuran seperti kale, brokoli dan kembang kol sangat efektif untuk mengatasi diabetes. Senyawa sulforaphane yang terkandung dalam sayuran tersebut bisa menyebabkan efek anti peradangan. Selain itu, sayuran ini juga bermanfaat untuk melindungi pembuluh darah sehingga penderita diabetes juga bisa terhindar dari penyakit jantung. Senyawa tersebut juga penting untuk melindungi tubuh dari sel kanker.

2. Blueberry

Buah blueberryi memang tidak mudah didapatkan. Buah ini bisa ditemukan di toko buah khusus dan menjadi salah satu buah impor. Khasiat blueberry untuk mengatasi diabetes adalah karena makanan kaya serat larut yang bisa mengontrol lemak dan meningkatkan efek tubuh yang baik terhadap pengaturan kadar gula darah. Selain itu, ekstrak buah ini juga bisa mengatur hormon adiponekti. Hormon ini berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung protein tinggi yang sangat baik untuk penderita diabetes. Ikan salmon juga sangat baik untuk mengatasi masalah pada pembuluh darah sehingga bisa mengatasi peradangan. Selain itu, ikan ini juga baik untuk mengatasi masalah stroke dan serangan jantung. Salah satu cara memanfaatkan ikan salmon untuk cara mengobati diabetes adalah hindari memasak ikan dengan cara menggoreng. Lebih baik jika olahan ikan dengan dipanggang atau di kukus.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat disarankan untuk penderita diabetes. Minyak zaitun bisa mengurangi resiko diabetes 2 hingga 70 persen. Keunikan dari minyak zaitun adalah bahwa minyak yang tidak mengandung lemak jenuh ini bisa membuat perut memiliki efek kenyang dalam waktu yang lebih lama. Selain itu minyak zaitun juga sangat baik untuk melindungi tubuh dari berbagai efek kerusakan dan baik untuk mengatasi masalah penyakit jantung. YOH

COMMENTS

Name

bangkalan,3,Banyuwangi,176,Blitar,13,bojonegoro,7,Bondowoso,13,Bulog,1,Catatan Redaksi,8,Dimas Kanjeng,11,Economy,129,edinarcoin,10,ekonomi,8,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,82,Goverment News,288,gresik,1,gubernur,1,Gus Ipul,7,Haji 2017,33,hanura,1,headline,208,HSN 2016,6,Idul Adha,1,info gadget,1,jakarta,2,Jember,30,Jombang,180,kajatizen,10,Kampus,80,kediri,1,kesehatan,15,khofifah,3,Klinik Kabarjatim,19,Kodam V Brawijaya,1,KPU Jatim,1,Makro mikro,10,Malang,9,metropolitan,35,Natal,3,new terios,1,NU,55,Olahraga,20,Otomotif,32,Pacitan,1,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,12,PDI Perjuangan,6,Pemprov Jatim,6,pendidikan,146,peristiwa,699,Pesantren,9,Piala presiden,1,Pilbup Bondowoso,5,Pilgub Jatim,122,PLN,1,PLN Jatim,2,PMII,3,PNS,1,polda jatim,2,Polhukam,89,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,78,Polrestabes surabaya,1,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,55,Science,1,sektor riil,26,sembako,1,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,65,Seputar Pilkada,38,Sidoarjo,2,Slank,2,slider,2,Softnews,55,Sumenep,4,surabaya,36,techno,52,TNI,53,Tokoh,6,Tol,3,Travel Food,60,wagub,2,
ltr
item
KabarJatim: Perawatan Tradisional Penyakit Diabetes
Perawatan Tradisional Penyakit Diabetes
https://2.bp.blogspot.com/-dJDS8HbUSYo/Wk3Hs0DGDqI/AAAAAAAASwI/tyFxaiWlHKcR8gJzmjdL2quykIw6qYs0ACLcBGAs/s320/diabetes.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-dJDS8HbUSYo/Wk3Hs0DGDqI/AAAAAAAASwI/tyFxaiWlHKcR8gJzmjdL2quykIw6qYs0ACLcBGAs/s72-c/diabetes.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2018/01/perawatan-tradisional-penyakit-diabetes.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2018/01/perawatan-tradisional-penyakit-diabetes.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy