PPI Dunia Berbagi Ilmu di Bondowoso dan Ponorogo

Baca Juga :

SURABAYA - Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia, melalui komisi pendidikannya melaksanakan pelatihan pada kepala sekolah di empat kota di Indonesia. Yaitu Bondowoso, Ponorogo, Jambi, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam acara yang bertajuk Ruang Berbagi Ilmu (RUBI), PPI Dunia tuntas menyelenggarakan di dua kota pertama, yakni Bondowoso dan Ponorogo.

RUBI PPI Dunia dimulai di Bondowoso pada Rabu-Kamis (10-11 Januari). Kemudian dilanjutkan di Ponorogo pada Minggu (21/1). Ketua komisi Pendidikan PPI Dunia Fadlan Muzakki mengatakan, disetiap kota yang dituju PPI Dunia bekerjasama dengan komunitas setempat. Misalnya di Bondowoso berkerjasama dengan Bondowoso Progresif, begitu pula di Ponorogo yang bekerjasama dengan Forum Muda Ponorogo.

Fadlan sendiri menyempatkan hadir menjadi salah satu pekan materi dalam Rubi yang diadakan di Ponorogo. Fadlan yang merupakan mahasiswa S2 jurusan International Relations Program di Zhejiang University, Hangzhou, Tiongkok tersebut ditemani oleh para relawan memberikan materi.

Adapun perwakilan dari PPI lain selain Fadlan yaitu Nudia Imarotul Husna dari PPI Australia dan Afif Abdala dari Permias (Amerika Serikat). Materi seputar Manajemen Berbasis Sekolah merupakan strategi pendekatan untuk meningkatkan mutu dan memajukan pendidikan dengan cara memberikan otonomi lebih besar kepada pelaksana di sekolah dalam manajemen pengambilan kebijakan.

’’Materi ini disampaikan untuk mendorong guru-guru di Ponorogo agar lebih peduli dan paham mengenai tata kelola sekolah, baik dari urgensinya, dasar hukum, maupun prakteknya seperti tata kelola keuangan sekolah, kegiatan, dan juga hubungan terhadap wali murid serta lingkungan sekitar,’’ papar Fadlan.

Selain Materi Manajemen Berbasis Sekolah, ada juga materi Metofe Belajar Kreatif yang disampaikan oleh relawan lainnya. Menurut Fadlan, setiap daerah yang mendapat pelatihan tidak harus mendapat materi yang sama.

Bergantung dengan kebutuhan daerah tersebut. Misalnya di Bondowoso yang mendapatkan materi Metode Belajar Kreatif Matematika dan Penerapan Kurikulum 2013 yang efektif. Di Bondowoso sendiri jumlah pesertanya sebanyak 60 guru Matematika dan IPA tingkat SMP dari Bondowoso sendiri. Sedangkan di Ponorogo dihadiri oleh 50 guru dan/atau kepala sekolah dari 36 sekolah yang ada di Ponorogo .

Afif Abdala, PIC RUBI dari unsur PPI Dunia menyampaikan bahwa persiapan kegiatan ini sebelumnya dipersiapkan secara virtual karena tehalang jarak dan waktu. Seperti kegiatan Micro Teaching dengan Relawan, koordinasi dengan Panitia lokal, dan juga kordinasi sesama relawan. Kegiatan RUBI Mandiri PPI Dunia 2018 berikutnya akan dilaksanakan di Jambi dan Nusa Tenggara Timur yang akan dilaksanakan di bulan Februari nanti.

Kegiatan ini merupakan sebuah terobosan dari PPI Dunia dalam hal berkolaborasi untuk turun langsung ke daerah-daerah di Indonesia dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Hal ini juga sebagai bukti kongkret bahwa PPI berkomitmen dalam pembangunan pendidikan di Indonesia walaupun sedang menuntut ilmu di luar negeri.

Haryadi, seorang kepala sekolah yang ikut kegiatan RUBI di Ponorogo merasa senang dan beruntung dapat mengikuti kegiatan RUBI ini, Haryadi yang merupakan perwakilan dari SDN Pulung 1 tersebut menyampaikan bahwa dengan kegiatan RUBI ini maka para guru dan kepala sekolah mendapat pengetahuan dan ide baru dalam proses mengajar dan mengelola sekolah.

Bahkan Haryadi dan peserta lainnya juga berkomitmen untuk membuat forum diskusi guru di kecamatan Pulung agar dampak kegiatan RUBI ini berkelanjutan dan berdampak lebih luas.

COMMENTS

Name

bangkalan,5,Banyuwangi,178,Blitar,14,bojonegoro,8,Bondowoso,16,bonek,2,Bulog,1,Catatan Redaksi,9,Dimas Kanjeng,11,Economy,130,edinarcoin,10,ekonomi,14,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,85,Goverment News,313,gresik,1,gubernur,1,Gus Ipul,19,Haji 2017,35,hanura,1,headline,219,HSN 2016,6,Idul Adha,1,Imlek,1,info gadget,1,jakarta,2,Jember,49,Jombang,186,kajatizen,10,Kampus,90,kediri,4,kesehatan,21,khofifah,4,Klinik Kabarjatim,20,Kodam V Brawijaya,1,KPU Jatim,1,Makro mikro,10,Malang,12,metropolitan,35,Natal,3,new terios,1,NU,57,Olahraga,22,Otomotif,36,Pacitan,1,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,12,PDI Perjuangan,6,Pemprov Jatim,6,pendidikan,159,peristiwa,754,Pesantren,10,Piala presiden,1,Pilbup Bondowoso,6,Pilgub Jatim,159,PLN,1,PLN Jatim,3,PMII,3,PNS,1,polda jatim,3,Polhukam,95,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,79,Polrestabes surabaya,4,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,65,Science,1,sektor riil,26,sembako,1,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,69,Seputar Pilkada,43,Sidoarjo,2,Slank,2,slider,2,Softnews,57,Sumenep,4,surabaya,38,techno,53,Terorisme,1,TNI,69,Tokoh,6,Tol,3,Travel Food,63,trenggalek,2,Umrah,2,wagub,2,
ltr
item
KabarJatim: PPI Dunia Berbagi Ilmu di Bondowoso dan Ponorogo
PPI Dunia Berbagi Ilmu di Bondowoso dan Ponorogo
https://1.bp.blogspot.com/-nB-BUry7S3s/Wmd6Yb5YpbI/AAAAAAAAHSY/sQnptREq00wPpRC3Mmn7YxK9g-xvxQYVQCLcBGAs/s320/Rubi%2BBondowoso%2B2.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-nB-BUry7S3s/Wmd6Yb5YpbI/AAAAAAAAHSY/sQnptREq00wPpRC3Mmn7YxK9g-xvxQYVQCLcBGAs/s72-c/Rubi%2BBondowoso%2B2.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2018/01/ppi-dunia-berbagi-ilmu-di-bondowoso-dan.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2018/01/ppi-dunia-berbagi-ilmu-di-bondowoso-dan.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy